18 Anime yang Sedih, Siap Bikin Kamu Menangis

Hewata.com. Anime yang sedih. Tampaknya tidak hanya para pembuat film sinetron di Indonesia yang menyuguhkan kisah sedih.

Para pembuat anime atau anime creator juga ternyata suka membuat penontonnya menangis. Banyak anime yang sepertinya dibuat khusus supaya membuat para penggemar anime menangis.

Dari drama yang menyentuh hati tentang kisah cinta muda mudi, cinta tak terbalas, hingga masalah lain seperti perang, kematian serta penyakit.

Anime yang Sedih

Anime telah banyak berkembang dalam cerita serta membuat para penontonnya sakit hati dan menangis. Jadi apa saja anime yang sedih. Berikut daftarnya :

1. Orange (2016)


anime sedih,anime,anime sedih terbaik,rekomendasi anime sedih,anime paling sedih,rekomendasi anime,anime sad ending,anime tersedih,anime sad,anime yang tersedih,top 10 anime sedih terbaik yang menyayat hati,film anime sedih,anime movie sedih,anime sedih movie,anime terbaik,anime movie paling sedih,anime sedih bikin nangis,anime sedih dibully,anime sedih romantis,anime sedih ditinggal mati,anime yang membuat menangis,anime yang karakter nya mati

Pada permulaan cerita, anime ini tampak seperti halnya anime misteri pada umumnya.

Karakter protagonis Naho Takamiya menerima surat dari dirinya sendiri di masa depan. Tetapi, ia harus memecahkan berupa huruf-huruf kode untuk mengetahui artinya.

Anime oranye sangat sedih, penonton dibawa ke dalam perjalanan karakter ketika mereka mengadapi rasa bersalah, penyesalan, dan kesedihan masing-masing.

2. Wolf Children (2012)

Wolf Children tampak seperti anime yang biasa, tetapi sebenarnya cukup bisa membuat penontonnya menangis dan banyak mengeluarkan air mata.

Menceritakan perjuangan seorang ibu single parent bernama Hana yang berusaha membesarkan kedua anaknya yang setengah serigala.

Hal tersebut sudah cukup menantang. Sebelumnya suaminya pergi berburu dan terbunuh, meninggalkan Hana dan kedua anaknya.

Lebih sad lagi, Hana menemukan mayatnya ketika hendak dibuang oleh pemulung.

Anime ini dapat membuat penontonnya mengalami perasaan yang diderita Hana saat ia berjuang mengarungi kehidupan membesarkan anaknya.

3. Your Name (2016)

Mengusung tema takdir dalam anime bukanlah hal baru. Tetapi anime Your Name menyuguhkan pandangan baru, dan bisa jadi membuat penonton menangis.

Menceritakan dua karakter Mitsuha dan Taki siswa SMA yang berasal dari kehidupan biasa saja.

Mitsuha ingin tinggal di Tokyo, tetapi ia tidak mampu melakukannya. Taki berjuang menyelesaikan sekolahnya sembari bekerja freelance.

Kedua karakter yang berhubungan serta disatukan oleh takdir di saat mereka berganti tubuh.

Menyadari satu sama lain tidak ada dalam kehidupan mereka yang benar-benar terjadi karena kebetulan.

4. Banana Fish (2018)

Anime ini menceritakan karakter Eiji dan Ash, yang dengan perlahan saling jatuh cinta.

Anime ini banyak mendapatkan pujian karena visualisasi hubungan mereka yang tampak begitu realistis.

Banana Fish sangat menyayat hati serta pasti meninggalkan kesan bagi setiap penggemar anime yang menontonnya.

Ash adalah pemimpin geng, dan Eiji adalah seorang fotografer. Sayangnya, hubungan mereka ditakdirkan mengikuti tragedi karena mereka tidak bisa bersama.

See also  Anos Voldigoad Anime Apa? Ini Jawabannya

Eiji mesti meninggalkan New York, tetapi Ash ditikam pada saat dia mengantar Eiji pergi.

5. I Want To Eat Your Pancreas (2018)

I Want To Eat Your Pancreas adalah salah satu film anime sedih sepanjang masa dan tentunya akan membuat para penonton gusar.

Film ini berkisah tentang Haruki, setelah dia menemukan jurnal Sakura lalu membacanya.

Dia mendapati Sakura ternyata menyembunyikan penyakit pankreas yang fatal yang dideritanya.

Ketika Haruki kembali membaca jurnal, dia terkejut ketika mengetahui bahwa Haruki orang pertama yang tahu tentang penyakit Sakura.

Haruki bersumpah untuk membantunya mencapai semua yang ada di daftar keinginannya sebelum kematiannya.

Anime ini tragis, dan peristiwa paling menyakitkan terjadi tanpa pemberitahuan sedetik pun.

6. Plastic Memories (2015)

Plastic Memories adalah salah satu film anime yang memberi penonton realitas yang menguatkan serta menjadi pengingat bahwa tidak ada yang bertahan selamanya.

Bercerita pada penciptaan android yang hampir tidak bisa dibedakan dari manusia pada umumnya.

Tetapi, perbedaan utamanya adalah android mempunyai umur terbatas yang singkat.

Mereka hanya dapat hidup maksimal sekitar 9 tahun. Karakter utama jatuh cinta dengan salah satu android tersebut. Penasaran? Ikutin kisahnya ya!

7. Violet Evergarden (2018)

Violet Evergarden merupakan anime dengan cerita yang sedih dan mengharukan, ada beberapa momen yang akan membuat penontonnya menangis.

Violet Evergarden, sang MC, dibesarkan khusus untuk menjadi senjata yang dipergunakan untuk melawan musuh.

Tetapi ketika perang hampir berakhir, dia mendapat tujuan baru dalam hidupnya.

Setelah sembuh dari lukanya, ia memulai pekerjaan sebagai Auto Memory Doll, tugasnya membantu menerjemahkan pikiran orang lain menjadi kata-kata di atas kertas.

8. Chrono Crusade (2003)

Chrono Crusade adalah tentang perjuangan para pejuang setelah Perang Dunia I di New York City.

Tetapi, ini bukanlah anime drama yang sederhana. Serial ini sebenarnya tentang perwujudan iblis serta Ordo Magdalena, yang mempunyai tujuan untuk menghentikan iblis menghancurkan dunia.

Memerangi perwujudan tersebut yang mengerikan bukannya tanpa kesulitan dan Ordo telah melihat banyak kerusakan yang mengerikan.

Salah satu karakter utama, Rosette, berharap dia bisa menemukan kakaknya di suatu tempat di reruntuhan, karena kakaknya diambil darinya oleh iblis.

9. True Tears (2008)

True Tears adalah kisah romantis yang tidak terlalu rumit, namun tidak berarti tidak ada penonton yang menangis di akhir serial.

Berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Shinichirou Nakagami yang tinggal di bawah atap yang sama dengan seorang gadis yang dia sukai.

See also  17 Anime Raja Iblis Keren, Dari yang OP Sampe yang Lucu!

Tetapi, Shinichirou mulai memperhatikan bahwa gadis tersebut bertindak berbeda di rumah daripada ketika mereka berada di tempat lain.

Keinginannya membantu dengan cara terbaik yang dia bisa tetapi mengalami kesulitan.

10. Elfen Lied (2004)

Elfen Lied anime yang cukup jadul dan terkenal karena sangat menyedihkan. Di awal-awal, anime ini memiliki adegan kekejaman terhadap hewan.

Elfen Lied berkisah tentang seorang gadis muda bernama Lucy yang merupakan Diclonius, manusia yang punya kekuatan yang menakutkan.

Dia menjadi korban eksperimen yang menyiksanya. Lucy akhirnya bisa lolos dengan membunuh para penjaga di lab dan menerima cedera yang menyebabkan dia kembali ke memory anak kecil.

Jelas, ini bukan anime untuk penonton yang cengeng.

11. 5 Centimeters Per Second (2007)

Film karya animator Makoto Shinkai terkenal karena visualisasi yang indah yang membedakan dari hampir semua anime lain di luar sana.

Berkisah di sekitar dua teman dekat yang berantakan oleh nasib kehidupan, film ini tentang pertemanan yang tumbuh terpisah.

Namun, memori mereka tentang satu sama lain tetap ada, dan mereka berharap untuk bertemu walau hanya sekali meski jarak di antara mereka terasa semakin menjauh.

Film ini memberi gambaran nyata tentang perkembangan alami kehidupan serta bagaimana orang terkadang cenderung menjauh secara alamiah.

Keunikan pada judulnya yang mengacu pada kecepatan gugurnya bunga sakura.

12. Steins;Gate (2011)

Walaupun Steins;Gate tidak kelompokan sebagai anime sedih, Steins;Gate masih mempunyai salah satu sudut pandang paling menyedihkan di anime.

Steins;Gate bercerita tentang Okabe Rintarou, seorang mahasiswa juga ilmuwan yang memproklamirkan diri karena secara tidak sengaja menciptakan cara untuk mengubah peristiwa masa lalu dengan mengirimkan D-mail.

Setelah memanfaatkan D-mail, Okabe dan teman-temannya mengetahui bahwa ketika seseorang mengutak-atik waktu, waktu akan kacau.

Okabe harus berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan teman masa kecilnya Mayuri, dan akhirnya melihatnya mati lagi, dan lagi.

13. Tokyo Magnitude 8.0 (2009)

Ketika gempa dengan kekuatan 8,0 sekitar 25 km di bawah laut melanda kota Tokyo, 2 saudara muda, Mirai dan Yuki.

Kesusahan menghubungi orang tua mereka ketika melakukan perjalanan pulang dari pameran robot di Odaiba.

Mereka dibantu oleh seorang ibu tunggal yang merupakan kurir sepeda motor, Mari, yang juga sedang mencari putri dan ibunya.

Anime Tokyo Magnitude 8.0 adalah gambaran yang mengerikan, sedih, dan realistis setelah bencana alam yang amat besar.

See also  20 Karakter Anime Bleach Terkuat dari Seluruh Arc

14. Angel Beats! (2010)

Angel Beats! Berkisah tentang seorang anak laki-laki yang bernama Otonashi yang terbangun dan menyadari bahwa dia telah mati.

Untungnya, seorang gadis bernama Yuri menceritakan bahwa dia telah tiba di alam kekekalan dan bahwa dia adalah pemimpin dari medan perang.

Menyaksikan kisah karakter-karakter ini terungkap saat mereka berusaha untuk melepaskan keterikatan mereka pada kehidupan masa lalu mereka tentunya akan membuat para penonton menangis.

15. Your Lie In April (2014)

Your Lie in April adalah kisah anime yang menyentuh serta memilukan yang berhubungan dengan musik, trauma emosional, healing setelah kehilangan, dan bergerak menjalani kehidupan.

Hal tersebut akan membuat siapa pun menangis.

16. Anohana: The Flower We Saw That Day (2011)

Ada beberapa anime yang membuat para penonton menangis tidak hanya selama sebelas episode berturut-turut tetapi juga memberi penonton hasrat untuk menangis ketika mendengar nada pertama pada sebuah lagu.

Anohana: The Flower We Saw That Day adalah anime original dari A-1 Pictures yang telah tayang di musim semi pada tahun 2011.

Anime ini bercerita tentang sekelompok teman masa kecil, yang kini telah beranjak remaja, yang berusaha mengatasi kehilangan teman mereka Menma , yang meninggal ketika mereka masih kecil.

Anohana adalah anime yang emosional dan bikin nangis yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar anime.

17. Clannad (2007)

Clannad adalah anime yang diadaptasi dari novel visual Key dengan judul yang sama. Salah satu Anime paling sedih dan telah terkenal.

Anime ini juga mempunyai tindak lanjut yang jauh lebih menyedihkan, Clannad: After Story sepanjang dua puluh empat episode.

Sebagian besar tentang persahabatan serta hubungan romantis, bagian kedua adalah pandangan yang jauh lebih serius dan berdampak pada perjuangan ketika dewasa dengan penekanan pada pentingnya keluarga.

18. Grave Of The Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies adalah salah satu film paling menyedihkan yang mungkin pernah disaksikan oleh para penggemar anime.

Berlatar di hari-hari terakhir Perang Dunia ke II, film yang bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Seita dan adik perempuannya, Setsuko.

Kehidupan mereka dihancurkan oleh perang yang brutal dan kejam sehingga membuat mereka kehilangan orang tua juga rumah mereka.

Berjuang di pedesaan Jepang, optimisme dalam menghadapi kesulitan yang tak terelakan, memberi mereka kekuatan serta mencoba melawan nasib yang menghantam.