Agapanthus Lili Air yang Cantik

Posted on

Hewata.com. Nama Agapanthus merupakan gabungan 2 kata dalam bahasa Yunani ‘agape’ dan ‘anthos’. Agape berarti brotherly love (cinta persaudaraan), sedangkan anthos berarti bunga. Seharusnya agapanthus berarti ‘bunga cinta persaudaraan’, tetapi seringkali dipelesetkan menjadi ‘cintailah tetanggamu dengan bunga (ini)’.

Sepintas, ia mirip tanaman bakung, karena memang masih satu keluarga yaitu Liliaceae. Sehingga tanaman ini sering juga disebut “African Lily”.

agapanthus, agapanthus africanus, agapanthus praecox, agapanthus blue, agapanthus leaves, agapanthus lilliput, agapanthus lily, agapanthus lily of the nile, agapanthus midnight star, agapanthus lapis lazuli

Di kalangan floris dan pecinta tanaman hias Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan nama lili air, karena agak banyak mengandung air dan cepat gugur.

1. Bunga Potong dan Elemen Taman

Kalangan perangkai bunga tertarik menggunakan agapanthus ini karena warnanya yang ungu kebiruan lembut, sehingga cocok sebagai pemanis sekaligus menetralkan warna bunga lain yang terlalu mencolok.

Sebagai bunga potong ia bisa tahan 3-4 hari, namun kuncup bunganya pun bisa mekar bergantian, sehingga keelokannya bisa hadir terus. Sayang, bunga itu mudah rontok bila sudah tua, terutama kalau tersenggol atau bergoyang.Jadi harus diupayakan agar letaknya tidak berdekatan dengan kegiatan manusia.

Baca Juga :   37 Bunga Terindah yang Paling Cantik di Dunia

Tanaman ini sudah cukup lama berada di Indonesia. Biasanya ia ditanam sebagai elemen taman di sudut pekarangan rumah, atau sebagai tanaman pot. Baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Sebagai elemen taman, ia memang bagus kalau ditanam secara berkelompok 5-10 tanaman. Bila bunganya yang ungu mekar secara serentak, akan tampak seperti balon-balon bulat berdiameter 60-75 cm yang ditopang oleh tangkai-tangkai yang kokoh.

Kehadirannya akan semakin mencolok bila ditanam bersama tanaman lain yang bunganya muncul lebih awal dan berdaun keperakan. Atau bisa juga ditanam dengan lili lain yang warna bunganya kontras, serperti kuning atau krem.

2. Banyak Varietasnya

Jenis yang paling sering ditanam orang adalah Agapanthus Africanus (Blue African Lily). Bunga asal Afrika ini memang berwarna biru porselen pucat dan berbentuk terompet. Warna biru ini lebih gelap di bagian tengah dan tepinya.Diameter perbungaan umbel bisa lebih dari 75 cm dengan tangkai tegak.

Baca Juga :   Fuchsia, Si Bunga Anting-anting

Agapanthus Africanus Minor (Peter Pan Lily) adalah bentuk mini African lily. Warna dan bentuk bunganya memang sama, tapi ukurannya lebih kecil. Tangkai bunganya pun paling panjang hanya 50 cm.

agapanthus navy blue, agapanthus orientalis blue, agapanthus native, agapanthus northern star, agapanthus kingston blue, agapanthus midnight blue, agapanthus jack's blue
Agapanthus Africanus

Agapanthus yang berasal dari Asia Timur adalah Oriental Agapanthus atau A. Orientalis. Perbedaannya dengan African lily terletak pada teksturnya yang lebih halus, daunnya lebih mengkilap, dan jumlah bunganya dalam ‘balon’ 40-100 kuntum.

Jenis orientalis ini cukup banyak varietasnya. Ada yang daunnya bergaris putih (A. orientalis variegatus). Ada yang bunganya berwarna biru gelap (A orientalis mooreanus), biru tapi lebih gelap lagi (A orientalis leichtlinii), yang ‘balon biru’ nya besar dan bunganya hampir 200 kuntum (A orientalis giganteus), dan yang daunnya dihiasai garis garis kuning (A orientalis aurivittatus).

Tetapi yang unik adalah A orientasi “Albidus”, yang warna ‘balon’nya bukan biru, melainkan putih. Jumlah kuntum yang menyusun bunga nya bisa sampai 110 buah.Kumpulan bunga itu ditopang oleh tangkai yang panjangnya sampai 60 cm.

Baca Juga :   15 Jenis Warna Bunga Tulip yang Indah dari Belanda

3. Sepanjang Tahun

Agapanthus merupakan tanaman perennial yang bisa hidup tahunan. Daunnya berbentuk lidah/pita dan mengandung air.Warna hijaunya kadang dihiasi garis putih atau kekuningan dan muncul dari batang yang berserat, tapi seratnya tidak liat.

Tanaman ini tidak suka tempat yang basah atau sering kebanjiran. Ia juga tidak menyukai tempat yang ternaungi, sehingga tidak boleh ditanam di dekat pohon besar, tembok atau gedung tinggi.

Di negara 4 musim, pembungaan utamanya terjadi pada akhir musim panas, dan beberapa hibridanya ada yang berbunga sampai awal musim dingin. Namun di Indonesia, bunga agapanthus bisa hadir sepanjang tahun.

Agapanthus bisa diperbanyak dengan biji atau setek batang sesudah masa berbunga.Sayang di Indonesia bijinya sukar terbentuk.Kalaupun bisa, dibutuhkan waktu 2 tahun agar tanaman itu menghasilkan bunga. Padahal ditanam dengan setek batang, ia bisa berbunga hanya dalam beberapa bulan saja.

Satu lagi kelebihannya, tanaman ini jarang sekali terserang hama dan penyakit, sehingga pemeliharaannya mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *