Cara Agar Bunga Pohon Mangga Menjadi Buah

hewata.com. Agar bunga mangga jadi buah. Kadang-kadang pohon mangga yang sudah cukup dewasa terlambat berbunga dan berbuah. Kalau penyebab keterlambatan ini bukan hama dan penyakit, anda bisa memanfaatkan zat perangsang, agar ia segera berbunga.

agar bunga mangga tidak rontok, agar bunga mangga jadi buah, agar bunga mangga tidak rontok kena hujan, cara agar bunga mangga tidak rontok, cara agar bunga mangga tdk rontok, agar bunga mangga tidak gugur, agar bunga mangga jadi, agar bunga mangga menjadi buah, cara agar bunga mangga menjadi buah, obat agar bunga mangga jadi buah, cara agar bunga mangga jadi buah, obat agar bunga mangga tidak rontok, agar bunga pohon mangga tidak rontok, agar bunga pada pohon mangga tidak rontok, supaya bunga mangga tidak rontok

Pohon mangga – via : wikipedia.org

Pohon mangga berasal dari bibit vegetatif biasanya bisa cepat berbunga. Pada umur sekitar 4-5 tahun, bunga pertama sudah mulai bermunculan. Bahkan, beberapa jenis mangga Bangkok pada umur 2 tahun sudah bisa dipetik buahnya.

Akan tetapi kalau pada umur itu pohon mangga belum juga memperlihatkan tanda-tanda akan berbunga, sementara perawatannya sudah cukup baik, anda bisa segera memakai zat perangsang agar bunga mangga segera keluar.

Obat Agar Bunga Mangga Jadi Buah

1. Ethrel dan cultar

Obat untuk merangsang pembungaan mangga, dikenal 2 obat agar bunga mangga jadi buah sebagai zat pengatur tumbuh, yaitu ethephon yang dikenal dengan Ethrel dan Paklobutrazol yang bermerek dagang Cultar 250 SC. Kedua bahan itu bisa dicari di toko pertanian.

Cultar 250 SC lebih efektif untuk merangsang pembungaan, sedangkan Ethrel kurang. Akan tetapi ethrel bisa membuat bunga mangga muncul secara serempak pada saat mereka harusnya berbunga.

2. Takarannya

Kalau yang akan digunakan bahan aktifnya, maka takaran ethephon yang dianjurkan adalah 250-500 ppm, sedangkan paklobutrazol 750 ppm. Kalau pohonnya sudah besar (di atas 5 tahun), diperlukan 1.750-2.000 ppm.

Baca Juga :   5 Jenis Pohon Pisang Hias yang Unik

Kalau kita menggunakan bahan jadi, konsentrasi Ethrel 2,5 cc/10 liter air, sedangkan Cultar 250 SC 3 cc/ 10 liter air (untuk pohon dibawah usia 5 tahun) dan 7-10 cc/10 liter air untuk pohon di atas umur 5 tahun.

Kebutuhan bahan itu per pohon adalah sekitar 1,5 liter larutan bagi pohon berumur 10-20 tahun, dan sekitar 2 liter larutan bagi pohon berumur di atas 20 tahun. Kalau pohon mangga masih berumur di bawah 10 tahun, kebutuhan bahannya di bawah 1 liter.

3. Cara menggunakannya

Bahan itu, setelah dilarutkan ke dalam air, disemprotkan pada tajuk pohon secara merata. Cara lain, dengan menyiramkan larutan. Terutama Cultar sangat efektif merangsang bunga. Cara menyiramkannya mudah saja, yaitu larutan disiramkan pada tanah di bawah tajuk pohon

Baca Juga :   Supaya Cengkeh Cepat Berbuah dan Lebat

Waktu penggunaan bahan itu adalah saat pupus berhenti tumbuh dan daun-daunnya sudah berwarna hijau serta mengeras. Sedangkan umur pohon yang bisa diberi bahan itu paling tidak sudah 4 tahun. Frekuensi pemberiannya hanya bisa 2 kali dalam satu periode berbunga.Pertama kali, zat perangsang diberikan saat pupus berhenti tumbuh.Selanjutnya, bahan itu diberikan 2-3 minggu setelah pemberian pertama.

4. Setahun bisa 2 kali berbunga

Dengan penggunaan zat pengatur tumbuh alias zat perangsang itu, pohon mangga yang terlambat berbunga bisa segera berbunga, bahkan bisa berbunga sampai 2 kali dalam setahun.

Sudah barang tentu, meskipun sudah diberi zat tersebut, pemupukan dan perawatan lainnya mesti baik juga. Kalau tidak, pohon mangga tetap saja enggan berbunga apalagi berbuah.

error: