Cara Mengatasi Akar Anggrek Busuk dan Rusak

3 Penyebab Akar Anggrek Busuk

Anggrek dendrobium busuk akar? Untuk membantu mengatasi problem tersebut, ada 3 hal umum yang menyebabkan kerusakan akar anggrek. Berikut cara mengatasi akar anggrek busuk:

cara mengatasi akar anggrek busuk, anggrek dendrobium busuk akar, cara merawat anggrek busuk akar, akar anggrek bulan busuk, merawat anggrek busuk akar, penyebab akar anggrek busuk, mengatasi akar anggrek busuk, akar anggrek kering, akar anggrek mengatasi anggrek busuk akar, busuk akar pada anggrek

1. Kesalahan Pemupukan

Yang pertama adalah kesalahan dalam memupuk, terutama kalau kita menggunakan pupuk tabur, seperti Rustica Yellow berisi NPK pekat, atau Dekastar. Kalau kita kebanyakan memupuk sedikit saja., sudah bisa mengakibatkan akar anggrek terbakar.

Biasanya 4-5 hari setelah dipupuk, akar itu sudah kering dan rusak, terutama kalau kita menggunakan Rustica Yellow, karena pupuk ini terlalu kuat bagi anggrek. Dekastar relatif lebih aman, karena tidak terlalu kuat dan diberikan secara bertahap. Kerusakan akar oleh karena tugasnya mengisap air dan makanan selanjutnya akan mengakibatkan tanaman kekurangan air dan makanan, sehingga ia merana dan kering.

Baca Juga :   9 Tanaman Hias Gantung Media Air

2. Kabanyakan Air

Kedua, karena tanaman kebanyakan air, baik air hujan maupun air siraman. Kebanyakan air ini bisa mengakibatkan media tanamnya menjadi asam sehingga tidak cocok lagi bagi pertumbuhan anggrek.

Selain itu, kebanyakan air bisa juga mengakibatkan berkembangnya jamur yang menyerang akar anggrek sehingga akar membusuk atau sering disebut busuk akar tanaman anggrek. Apalagi kalau sebelumnya tanaman tidak kita beri fungisida (racun pembasmi jamur), maka jamur akan merajalela.

3. Sinar Matahari

Yang ketiga, akibat sengatan sinar matahari. Hal ini biasanya terjadi pada saat pergantian musim hujan ke musim kemarau, sedangkan tanaman kekurangan air siraman. Akar anggrek yang ada di permukaan media tanam bisa rusak akibat sengatan sinar matahari pada pergantian musim ini.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Hias Depan Rumah

Mengatasi Akar Anggrek Busuk

Untuk mengobati tanaman anggrek yang akarnya rusak, langkah pertama adalah membuang akar-akar yang telah rusak itu. Tanaman itu lalu ditanam lagi dalam pot baru dengan media tanam yang baru pula. Selanjutnya, pot diletakkan di tempat teduh dan disiram tetapi jangan terlalu basah.

Untuk merangsang pertumbuhan akar baru, anggrek dibantu dengan perangsang akar yang diramu dari satu sendok Atonik dicampur satu sendok makan gula atau sakarin, yang dilarutkan dalam 5 liter air. Larutan ini disemprotkan seminggu sekali ke daerah perakaran tanaman dan biasanya sampai beberapa kali.

Baru setelah akar-akar barunya bermunculan, penyemprotan dihentikan. Selanjutnya untuk menguatkan akarnya, tanaman kita pupuk dengan pupuk yang kandungan K-nya tinggi.

Baca Juga :   Tanaman Bunga Kertas Zinnia
error: