Apa Manfaat dari IPTEK? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Hewata.com. Manfaat Iptek. Kepanjangan IPTEK adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Sains atau Ilmu Pengetahuan adalah sistem pengetahuan sistematis berdasarkan fakta serta pengalaman manusia.

Ilmu dari kata Latin scientia yang berarti, “pengetahuan” Keunggulan dan Manfaat dari IPTEK atau singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah:

  1. IPTEK membuat hidup kita lebih mudah.
  2. IPTEK membantu kita mengatur aktivitas kita sehari-hari.
  3. IPTEK membantu pekerjaan kita bisa lebih cepat selesai.
  4. Membantu manusia berkomunikasi lebih mudah dengan orang lain.
  5. IPTEK membantu kita untuk lebih mengenal dan memahami budaya dan masyarakat lain.

Dengan menemukan Ilmu Pengetahuan, para ilmuwan mampu menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan kualitas hidup secara tak terukur; misalnya komputer, telepon, televisi, pesawat terbang dan masih banyak lagi.

jelaskan pengertian iptek, pengertian iptek, iptek adalah, kemajuan iptek, contoh iptek, kepanjangan iptek, ilmu pengetahuan dan teknologi, contoh perkembangan iptek, iptek singkatan dari, manfaat iptek, iptek artinya, perkembangan iptek

Dengan ditemukannya penemuan-penemuan ini, orang dapat mencapai cita-citanya dengan lebih mudah.

Seperti yang kita ketahui, Ilmu Pengetahuan sangat banyak membantu kemajuan sebuah negara.

Itu bisa mengubah negara kecil yang miskin menjadi negara yang lebih maju.

Ilmu Pengetahuan adalah salah satu harapan manusia melawan penyakit.

Tanpa penemuan ilmu pengetahuan dan upaya ilmuwan yang tak henti-hentinya.

Baca Juga :   Gerakan Manipulatif, Pengertian dan Contohnya

Banyak penyakit dan penyakit seperti malaria, kanker, dll dianggap sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan, dan penyakit di masa lalu akan dapat dikalahkan oleh Ilmu Pengetahuan.

Perkembangan Teknologi ini sangat populer dan menguntungkan secara ekonomi sehingga manfaatnya dipublikasikan secara berkala.

Termasuk kemampuan untuk meningkatkan pendidikan dan komunikasi.

Teknologi adalah ilmu praktis. Dengan penggunaan teknologi, orang-orang dapat membuat pekerjaan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Untuk mengetahui penggunaan dan teknologi, Kita perlu membaca di setiap bidang kehidupan seperti, bisnis, pendidikan, kesehatan, dan komunikasi dll.

1. Pendidikan

Misalnya dalam hal pendidikan, ketahuilah bahwa saat ini para Guru telah menggunakan multimedia untuk mengajar daripada menulis papan tulis dan grafik, karena menghemat waktu di kelas.

2. Bisnis

Dalam bisnis, komputer memiliki informasi tentang semua kliennya.

3. Kesehatan

Ilmu Pengetahuan telah membawa banyak manfaat unik bagi umat manusia. Kemajuan besar yang dibuat di bidang kedokteran telah memungkinkan untuk memperpanjang harapan hidup dan mengurangi angka kematian bayi.

Penemuan komputer membantu proses perhitungan di laboratorium.

Baca Juga :   Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

4. Pertanian

Penemuan mekanisasi, benih yang lebih baik, teknik irigasi yang lebih baik, dan pengendalian hama telah membantu meningkatkan tingkat produktivitas pertanian.

5. Transportasi

Dalam transportasi, kereta api, kapal modern, jet, dan kendaraan bermotor telah membuat hidup kita lebih nyaman dan menawarkan peluang besar untuk pengembangan komersial modern dan industrialisasi.

Kekurangan atau Kelemahan IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi adalah :

  1. Dapat dengan mudah dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Kita akan terlalu bergantung pada hal itu tersebut.
  3. Terkadang mempengaruhi kesehatan dan gaya hidup (kita akan terlena dan malas.)
  4. Mengacuhkan hidup sederhana dan sehat (gaya hidup tradisional dan alami).
  5. IPTEK mengincasi kehidupan pribadi seseorang.

Jika di satu sisi iptek telah membawa banyak keajaiban bagi kita, di sisi lain juga terdapat kekurangan iptek. Pertama, IPTEK telah meningkatkan kecemasan dalam hidup kita.

Kedua, ketika teknologi jatuh ke tangan yang salah dapat berdampak negatif bagi masyarakat, seperti meningkatnya tingkat kriminalitas dunia maya, peretasan, pencurian informasi pribadi, dan situs web pornografi.

ilmu pengetahuan dan teknologi, contoh perkembangan iptek, iptek singkatan dari, manfaat iptek, iptek artinya, perkembangan iptek, jelaskan pengertian iptek, pengertian iptek, iptek adalah, kemajuan iptek, contoh iptek, kepanjangan iptek

Ketiga, teknologi juga dapat meningkatkan peluang alternatif bagi para teroris. Selain itu, teknologi telah menghilangkan upaya fisik kita mendapatkan kehidupan yang lebih mewah dan nyaman.

Baca Juga :   10 Jenis Bencana Alam dan Penjelasannya

Ilum Pengetahuan bertanggung jawab atas polusi dan memberi pengenalan terhadap bom nuklir yang mengancam keberadaan manusia itu sendiri.

Tetapi dalam hal ini juga kesalahannya bukan terletak pada Ilmu Pengetahuan, tetapi pada niat manusia untuk menyalahgunakan penemuan-penemuan Ilmu Pengetahuan. Sains pada dasarnya tidak baik ataupun buruk.

Kerugian dari ponsel pintar (Smartphone) yang dapat menjembatani kita berkomunikasi dengan semua teman pada waktu yang bersamaan.

Dapat juga dipergunakan orang tidak bertanggung jawab untuk membuat penipuan dan spam dengan berbagai cara. Anak-anak kecil sudah sangat kecanduan gadget sehingga bisa menghabiskan terlalu banyak waktu bermain dengan gadgetnya.

Kerugian dari faktor teknologi produksi adalah energi yang digunakannya. Mengkonsumsi banyak energi untuk menjalankan mesin. Jadi, kita membutuhkan lebih banyak bahan bakar, dan itu akan menyisakan banyak limbah dan polusi di lingkungan kita.

Itu adalah salah satu hal yang paling merusak, yang bisa disebabkan teknologi di zaman kita. Kita tidak dapat menghindari ketidaknyamanan yang datang dengan hadirnya manfaat teknologi itu sendiri.

One thought on “Apa Manfaat dari IPTEK? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *