12 Jenis Bambu Hias untuk Pagar dan Elemen Taman

Hewata.com. Jenis bambu hias. Macam macam bambu hias. Hampir semua orang tahu bentuk tanaman bambu. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dengan merumpun disertai perakaran yang bergerombol. Mulai dari bonggol akarnya sampai daunnya, semua dapat dimanfaatkan. Bahkan pada jenis tertentu sering dijadikan elemen untuk memperindah taman.

Macam-macam Bambu Hias Terbaik

Sebagai elemen taman, bambu banyak digunakan sebagai green line sepanjang pagar atau sepanjang dinding untuk mengurangi kekakuan tembok. Jenis-jenis tertentu seperti varietas mambu Jepang dan bambu gendang dapat disertakan sebagai centre point. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman bambu hias paling populer;

1. Bambu ampel (Bambu Haur)

jenis bambu kuning hias, jenis-jenis tanaman bambu hias, pohon bambu hias, jenis bambu untuk tanaman hias, jenis tanaman hias bambu kuning, jenis bambu hias untuk pagar, macam macam bambu hias

Bambu aur (Awi haur)

Bambu ampel (Bambusa vulgaris ‘Vittata’) yang disebut juga bambu aur, bambu haur, dalam Bahasa Sunda disebut Awi haur dan dalam Bahasa Inggris disebut Painted bamboo adalah sejenis bambu yang paling banyak ditanam orang karena kegunaannya, baik di Indonesia maupun di bagian lain dunia, di wilayah tropis dan ugahari.

Bambu ampel adalah bambu hias yang populer, yang dihargai karena garis-garis vertikal pada batangnya. Batangnya seperti tongkat emas pucat yang memiliki berbagai ukuran tanda bergaris hijau tua dalam pola acak antara setiap ruasnya.

Biasanya tumbuh antara 12 meter sampai dengan 18 meter, melengkung dengan lembut seiring bertambahnya usia dedaunan. Daun panjang dan sempit berukuran hingga 17 cm. Jenis bambu ini adalah spesies non-invasif yang memiliki sistem akar yang kuat dan kompleks, yang membuatnya berguna untuk pengendalian erosi.

2. Bambu cendani (Phyllostachys aurea)

tanaman hias bambu kuning mini, tanaman hias bambu kuning, pohon bambu kuning hias, harga bambu kuning hias, bambu kuning mini hias, bambu kuning tanaman hias, bambu hias kuning

Batang halus dan lurus dari tanaman ini telah mendapatkan nama umum ‘bambu joran’ (ket: joran pancingan). Batangnya selalu hijau, mulai dari hijau terang dan hijau muda, tapi semakin lama dan bertambahnya usia batangnya berubah menjadi kusam menjadi kuning kehijauan dan pucat.

Baca Juga :   14 Jenis Bambu Hias Mini Terbaik

Batangnya kokoh, tangguh, dan tanpa henti tetap tegak tanpa melengkung. Tanaman ini memiliki kebiasaan pertumbuhan yang kuat, tumbuh setinggi 7 meter. Tanaman bambu ini tahan dingin, tahan panas dan kekeringan, meskipun lebih suka tumbuh di tanah yang lembab. Jika disimpan dalam kondisi kering, tanaman akan membentuk rumpun; namun, di tanah yang lembab dan suhu hangat, bisa menjadi invasif.

3. Bambu Gendang (Bambusa Ventricosa)

jenis bambu hias untuk pagar, macam macam bambu hias, jenis hiasan bambu, bentuk hiasan bambu, macam macam hiasan bambu, jenis bambu kuning hias, macam jenis bambu hias, jenis bambu hias mini, jenis tanaman hias bambu air, jenis jenis bambu hias, tanaman hias jenis bambu bambuan, macam bambu hias

Bambu subtropis ini sangat unik dibandingkan bambu hias lainnya. Ruas-ruas batangnya menggelembung di bagian tengah lalu mengecil pada ruasnya. Mungkin karena bentuknya yang berlekuk-lekuk, bambu ini dijuluki bambu gendang. Ruas batang bambu berwarna hijau tua dan keras.

Batangnya tidak terlalu tinggi sekitar 1-2 meter. Bambu asal China yang juga disebut Buddha’s belly bamboo ini memiliki daun yang panjang mencapai 18 cm. Selain sebagai tanaman penghias taman, bambu gendang juga berpotensi dijadikan bonsai.

4. Bambu Jepang (Arandinaria japonica)

bambu hias jepang, bambu jepang tanaman hias, jenis tanaman hias bambu jepang, jenis bambu di jepang, bambu hias termasuk jenis tanaman hias, macam macam tanaman bambu hias

Bambu ini sangat populer sebagai tanaman hias. Sesuai dengan namanya, bambu ini berasal dari Jepang. Batangnya tegak berwarna hijau kelabu. Tinggi tanaman mencapai 4-5 meter dengan diameter batang sampai 3 cm dan panjang ruasnya 30 cm. Cabang muncul dari buku-buku bagian tengah sehingga jajaran batangnya akan membentuk pagar bila ditanamam berderet berdekatan.

Jenis bambu hias untuk pagar ini berdaun halus ini banyak ditanam berderet sepanjang pagar atau dinding hingga mengurangi kesan “congkak” yang ada. Namun satu rumpun bambu Jepang ini juga cukup menarik bila ditempatkan pada satu sisi taman. Mudah diperbanyak dengan rimpangnya atau stek batang.

5. Bambu Jepang Variegata (Sasa fortunei)

jenis bambu hias mini, tanaman hias bambu kuning mini, bambu rejeki hias mini, harga bambu hias mini, bambu kuning mini hias, bambu mini tanaman hias, bambu mini hias, bambu hias mini

Bambu hias mini yang juga berasal dari Jepang ini sangat menarik dengan daunnya yang variegata (variasi warna berbeda dengan varietas aslinya). Masih satu kerabat dengan bambu Jepang sehingga disebut Arundinaria variegata. Rumpunnya rapat dengan daun-daun kecil, sehingga dapat dipangkas membulat. Tampilannya relatif kecil sehingga lebih bagus ditanam tunggal pada salah satu sisi taman dan bisa juga di tanam dalam pot.

6. Bambu Kayu Jepang (Phyllostachys bambusoides)

dimana beli bambu hias, nama bambu hias, nama latin bambu hias, nama ilmiah bambu hias, manfaat bambu hias

Meskipun merupakan tanaman asli China, tanaman ini biasa dikenal dengan sebutan bambu kayu Jepang, karena banyak dibudidayakan di Jepang, dan dipanen untuk dijadikan kayu. Batang pohon bambu ini mengkilap dan halus. Mereka muncul dalam warna hijau zamrud yang menakjubkan, memudar menjadi kuning kehijauan seiring bertambahnya usia.

Baca Juga :   Tanaman Hias yang Lagi Trend 2021

Setiap daun dapat mempunyai panjang hingga 17 cm dan memiliki bentuk yang lebih luas dari kebanyakan tanaman bambu. Ia lebih menyukai tanah yang subur, lembab, dan memiliki drainase yang baik, meskipun dapat menjadi invasif dan menjadi rimbun dalam kondisi ideal seperti ini. Tanaman ini dapat menjadi pelindung atau pagar hidup yang baik.

7. Bambu Kepala Naga (Fargesia rufa)

bambu hias dalam pot, bambu hias di pot, tanaman bambu hias di pot

Tanaman ini adalah jenis bambu yang disukai dan sebagai sumber makanan utama Panda Raksasa. Meskipun di rumah Anda tidak ada Panda, setidaknya tanaman ini bisa menyajikan keindahan yang anggun.

Batang hijau mengkilap yang sedikit melengkung saat mereka menua karena berat dedaunannya. Dedaunan berwarna kehijauan, sempit, dan mengkilap, dengan setiap daun berukuran panjang sekitar 10 cm. Berasal dari China, tanaman ini dapat diperbanyak dengan mudah dari stek atau pembelahan batang.

Tumbuh di berbagai jenis tanah asalkan mempertahankan kelembapan dengan baik dan akan tumbuh subur dalam kombinasi matahari dan naungan.

8. Bambu Kuning (Phyllostachys sulphurea)

tanaman hias bambu kuning, pohon bambu kuning hias, harga bambu kuning hias, bambu kuning mini hias, bambu kuning tanaman hias, bambu hias kuning, tanaman hias bambu kuning mini

Bambu ini mempunyai warna buluh kuning emas yang indah. Karenanya, ia dapat digunakan untuk memberi aksen warna pada taman. Percabangannya muncul pada ruas bagian atas sehingga batangnya yang berwarna emas itu terlihat nyata. Menarik bila ditanam berderet sebagai pengarah jalan, pagar, di sisi dinding, atau penghubung satu gedung ke gedung lainnya.

Bambu yang disebut juga yellow running bamboo atau moso bamboo ini berasal dari China dan Jepang. Tingginya mencapai 4-9 meter dengan diameter buluh 5-8 cm. Panjang daunnya sekitar 12 cm dengan lebar sekitar 2 cm.

9. Bambu nigra (Black Bamboo)

bambu hitam hias, macam jenis bambu hias, macam bambu hias, macam macam bambu hias, jenis jenis bambu hias, nama jenis bambu unik, nama jenis bambu, jenis pohon bambu hias, macam macam tanaman bambu hias

bambu hitam hias

Bambu yang berwarna tidak biasa ini berbatang tegak dan ramping, yang berwarna hijau zaitun ketika muda. Mereka dengan cepat mulai berkembang menjadi warna coklat marmer sebelum menjadi hitam seluruhnya dalam waktu sekitar dua sampai tiga tahun. Batang tanaman yang disebut bambu hitam yang bernama ilmiah Phyllostachys nigra ini akan mengalami perkembangan warna pada jenis yang sedikit berbeda, memberikan efek multi-warna jika dilihat secara keseluruhan.

Baca Juga :   Bagaimana Pohon Bambu Beradaptasi dengan Lingkungan?

Batang bambu ini berukuran sekitar 5 cm – 10 cm, dan memiliki permukaan yang halus dan mengkilap. Setelah hitam, pohonnya sangat kontras dengan dedaunan, jika disandingkan dengan tanaman yang berwarna hijau mengkilap cerah. Bambu ini sangat baik sebagai tanaman pagar untuk menjaga privasi, sebagai tanaman hias ataupun dalam pot ukuran besar.

10. Bambu pagar (Bambusa glaucescens)

bambu hias pagar, bambu hias untuk pagar, harga bambu hias untuk pagar, jenis bambu hias untuk pagar, jual bambu hias pagar, bambu hias untuk pagar rumah, tanaman bambu hias untuk pagar

Sesuai dengan namanya ia banyak ditanam berderet sebagai pagar hidup. Rumpnnya tumbuh rapat dengan daun yang relatif kecil, sehingga bagian atasnya dapat dipangkas rata. Ruas-ruas batangnya pendek dan berwarna hijau.

Jenis lain yang sering dipakai sebagai pagar di daerah pegunungan adalah bambu uncue atau bambu Cendani (Phyllostachys aurea). Bambu ini bukan asli Indonesia tapi berasal dari Jepang. Satu jenis dengan ini ada yang batangnya berwarna kuning, yang sering digunakan untuk membuat tongkat, tangkai payung, rak buku.

11. Bambu Payung (Fargesia murielae)

tanaman hias bambu cina, harga bambu cina hias, bambu di hias, pohon bambu hias, tanaman bambu hias, fungsi bambu hias, gambar bambu hias, jenis bambu hias untuk pagar

Jenis bambu hias serbaguna ini secara populer dibudidayakan karena berbagai alasan; bambu ini non-invasif, elegan, kokoh, perawatan mudah, kuat, dan mudah beradaptasi. Batangnya hijau kekuningan dimana daun ramping dan sempit dihasilkan.

Bambu ini tumbuh dengan cepat dan memiliki kebiasaan membentuk rumpun, biasanya menyebar hingga lebarnya sekitar empat atau lima kaki. Ia suka ditanam di tempat yang lebih teduh, karena sinar matahari langsung dapat menyebabkan daun layu.

12. Bambu Siam (Thyrsostachys siamensis)

bambu hias taman,bambu hias untuk pagar, bambu hias 17 agustus, tanaman hias bambu bambuan, tanaman hias bambu cina, harga bambu cina hias, bambu di hias, pohon bambu hias, tanaman bambu hias, fungsi bambu hias, gambar bambu hias, jenis bambu hias untuk pagar, bambu tanaman hias, bambu air tanaman hias, tanaman bambu hias untuk pagar

Bambu ini sering disamakan dengan bambu Jepang. Asalnya dari Thailand. Di negara asalnya rebung bambu ini digunakan sebaga makanan berupa sayuran. Rumpun bambunya sangat padat, daunnya kecil-kecil dan banyak, hingga dapat dibentuk.

Umumnya tajuknya melebar seperti payung. Batangnya berwarna hijau keputih-putihan, ramping dan tegak. Banyak ditanam di sisi dinding untuk mengurangi kekakuan dinding, baik berderet maupun berkelompok. Selain sebagai elemen taman ia juga berfungsi sebagai penghalang angin dan peredam suara.

Tinggi batangnya 7-12 cm dengan diamter 2-7 cm dan panjang ruas-ruasnya 15 cm. Percabangannya muncul pada buku bagian atas dan diselimuti miang warna putih.

error: