6 Jenis Tanaman Bonsai Diatas Batu Karang

Hewata.com. Bonsai batu karang. Performa yang unik itu jadikan bonsai ini lebih terkesan alami, karena memvisualisasikan keelokan alam pegunungan atau kerasnya kehidupan di pinggir pantai.

Pemakaian batu karang seringkali kita jumpai pada bonsai-bonsai tanaman. Ada banyak style yang memakai batu karang sebagai media, untuk bonsai yang tumbuh di batu karang dan yang mencekram batu karang. Sayang tidak seluruhnya jenis bakalan bonsai bisa digabungkan dengan karang.

Jenis Tanaman Yang Cocok untuk Bonsai Karang

Beberapa persyaratan yang perlu disanggupi ialah: daun-daun tanaman harus memiliki ukuran kecil, tanaman memiliki akar dan struktur tangkai yang kuat, tahan kekeringan, dan dapat hidup dengan pemberian tanah dengan jumlah sedikit.

Disamping itu penyeleksian tipe tanaman harus disamakan dengan situasi yang hendak digambarkan, apakah akan dipilih keadaan pegunungan atau suasana pinggir pantai. Supaya lebih jelas, berikut ini disajikan beberapa tanaman yang pas menjadi bonsai karang.

1. Beringin (ficus sp.)

bonsai batu karang, bonsai dibatu karang

Bonsai beringin diatas batu karang – via : bukalapak.com

Selainnya santigi, beringin sebagai bahan yang baik untuk bonsai karang. Tanaman ini dipercaya paling gampang dipakai karena mudah tumbuh, berumur panjang dan cepat beradaptasi dengan media tumbuh. Disamping itu, daun-daunnya rimbun dan ada akar sokong yang memanjang dan kuat menyebar di atas tanah. Beberapa macam beringin yang cocok dan sesuai untuk bonsai karang adalah beringin karet (Ficus Retusa), beringin korea (Ficus Koreana) serta beringin (Ficus Benjamina).

Baca Juga :   Sirih Merah, Tanaman Hias yang Merambat

Beringin karet mempunyai daun yang rimbun, cabang dan ranting banyak, akar yang kuat, dan jalur-alur tangkai yang terlihat tua. Dengan sosok begitu, model tegak mencekram batu paling cocok untuk jenis tanaman ini.

Dan beringin korea yang berdaun lebih lonjong, tebal, dan warna yang lebih tua, akan terlihat cantik jika dibuat dengan style menggantung di atas batu. Figurnya yang cantik seakan memvisualisasikan bagian lain dari kerasnya kehidupan alam di pantai.

Beringin semakin lebih pas jika memakai gaya tumbuh mencekram batu dengan posisi tegak, atau tertiup angin. Akarnya yang unik menjulur terlihat kuat mencekram batu di bawahnya.

2. Santigi

bonsai karang, bonsai santigi karang, batu karang bonsai, bonsai diatas batu karang, harga bonsai santigi karang, bonsai batu karang, bonsai di batu karang

Antara bonsai-bonsai yang lain, santigi sebagai tipe yang terbaik digabungkan dengan karang. Dikenali ada dua jenis santigi, yakni yang habitatnya di gunung dan yang di pantai. Santigi gunung (Gaultheria Nummularioides D. Don), menghendaki udara dingin (ketinggian sekitar 2.500 m dpl) tetapi masih tetap mendapatkan sinar matahari. Umumnya tumbuh disekitaran kawah. Santigi ini mempunyai daun memiliki ukuran kecil, tebal, dan warna hijau mengkilat dengan sisi ujung kemerahan.

Dan santigi pantai (Pemphis Acidula) ada yang tumbuh di atas pasir dan ada juga di tanah cadas. Santigi yang tumbuh di pasir mempunyai tangkai berlekuk-lekuk, serupa dengan batang santigi gunung. Sedang yang tumbuh di cadas, akarnya tumbuh mencekram batu, dan mempunyai wujud tangkai dengan jalur yang bagus.

Baca Juga :   Mengenal Bunga Alokasia si “Elephant Ear”

Keunggulan pada santigi ini masih didukung dengan karakternya yang dapat hidup dalam media tanam terbatas dan sanggup meranting dengan prima pada kondisi itu. Ada banyak gaya yang baik dipakai untuk bonsai santigi dengan karang salah satunya gaya formal, non formal, tertiup angin, dan grouping.

3. Serut (Streblus asper)

bonsai, bonsai serut, bonsai tanaman liar, bonsai on the rock

Bonsai on the rock, serut – via : bukalapak.com

Serut ini lebih banyak dipakai sebagai bonsai karang, karena mempunyai daun-daun yang memiliki ukuran kecil. Apa lagi sesudah mengalami periode perawatan, sosoknya akan lebih kecil lagi. Kulit tangkai mempunyai warna putih, hingga terlihat kontras dengan daunnya.

Tanaman yang berupa perdu atau pohon dengan tinggi 3-14 m di alam ini masih tetap bisa hidup dalam media yang relatif kecil dan dangkal seperti pada atas karang. Pada kondisi begitu, tanaman ini mampu membuat tunas-tunas cabang dan ranting. Itu satu diantara keunggulannya. Style yang pas untuk bonsai ini ialah resmi dan tidak resmi yang ada dalam batu karang.

4. Asem Jawa (Tamarindus indica)

bonsai asem, bonsai asem londo

Bonsai asem

Meskipun tidak biasa hidup di karang, sebagai bonsai dia bagus digabungkan dengan karang. Karena daun-daunnya kecil dan rimbun, batangnya tahan lama dan kuat dengan jalur-jalur yang terkesan tua. Tangkai cokelat kehitaman, terlihat menonjol dengan daun-daun kecilnya yang hijau ceria. Letak daun berselang-seling, menyirip genap.

Baca Juga :   7 Contoh Tanaman Hidroponik, Cocok untuk Pemula

Di alam, tanaman yang pas hidup di daratan rendah ini dapat capai tinggi sekitaran 25 m, dan umumnya dipakai sebagai tanaman peneduh. Asam ini lebih pas bergaya resmi atau tidak resmi, dengan akar tembus ke batu. Performanya yang kuat dan tegar benar-benar pas jika dikombinasikan dengan karang.

5. Asam londo (Pithecellobium dulce)

Tanaman yang datang dari Amerika ini terhitung gampang tumbuh dan cepat besar. Daun-daunnya berpasangan dan memiliki ukuran kecil. Meskipun perkembangan akarnya terbatas, dia bisa tumbuh baik. Oleh karenanya, dia pas dipakai sebagai bonsai karang.

Satu persyaratan penting kembali yang dipenuhinya sebagai bonsai karang adalah dia benar-benar kuat dan dapat tumbuh baik meskipun dalam media yang dangkal.

Asam londo ini akan mempunyai nilai yang lebih tinggi jika ditanamkan dalam batu karang dengan gaya tidak resmi atau resmi. Dengan tangkai beralur bagus dan cabang-cabangnya yang melebar akan terlihat kesan-kesan natural serta alamiah.

6. Kawista Kerikil (Feronia lucida)

Tanaman ini adalah jenis tanaman yang bagus untuk bonsai, di alam ia menghasilkan buah dengan tinggi sekitaran 8-10 m. Wujud daunnya bundar telur memanjang dengan pangkal lancip, tapi berbuntut tumpul. Sama ukuran yang kecil dan wujud melebar, bonsai ini pas untuk digabungkan dengan batu karang.

Disamping itu, tanaman ini lebih banyak ditemui tumbuh liar di pantai sampai pedalaman. Dengan semua karakter di atas, gaya bonsai yang tumbuh di atas permukaan karang dengan status formal dan informal ialah gaya yang paling bagus

error: