10 Tanaman Bunga Bromelia yang Cantik

Hewata.com. Bromelia. Genus dari famili Bromeliaceae yang paling terkenal di Indonesia sejak dulu ialah Ananas atau nanas, yang buahnya asam manis berwarna kuning dan banyak disukai orang. Banyak jenis-jenisnya yang berasal dari luar negeri (Thaliand, Amerika, Australia, dan banyak lagi).

Bromelia

Jenisnya sangat beragam, daunnya ada yang panjang dan pendek, ada yang polos juga berduri, dan bermacam warna.Cara hidup mereka pun unik (epifit, saprofit, aerofit). Berikut beberapa Jenis Bromelia cantik yang populer.

1. Aechmea

bromelia, bromelia termahal, bromelain, bromeliaceae, bromelia pink, bromelia pink grass, bromelia tanaman, bromelia indah

Genus ini biasanya berasal dari Amerika Selatan, mereka dapat hidup di berbagai negara.Menyukai tempat yang lembap, dan tidak bisa ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Bentuk, ukuran, dan warna daun spesies ini beragam. Ada yang berdaun lebar dengan ujung yang tumpul tanpa duri, ada juga yang ramping dengan ujung yang lancip berduri di pinggirnya.Warna daunnya beragam, ada yang hijau polos atau kombinasi hijau dengan putih (variegata).

Bunganya pun beragam, ada yang berwarna merah, hijau, kuning, bahkan kombinasi. Bentuk tandannya pun bermacam-macam, ada yang membesar ujungnya seperti gada, ada juga yang berbentuk piramida seperti tangkai sorgum atau gandum.

Baca Juga :   Tanaman Hias ini Susah Dirawat oleh Pemula

2. Ananas

bromelia nanas, bromelia ananas, bromelia jagung

Mereka biasanya suka lingkungan yang panas dan lembap, dan dapat disimpan ditempat yang terkena sinar matahari langsung.Usahakan daunnya sering disiram, atau menggunakan media yang tahan lama pada keadaan lembap.

Ciri khasnya ada pada buah yang berbentuk gada dengan ujung bersisik dan berukuran besar. Dan diatasnya terdapat tunas yang bisa ditanam setelah dipisahkan dari buahnya. Daun mereka biasanya ramping memanjang berujung runcing.Durinya ada yang banyak ada yang sedikit.

3. Billbergia

tanaman hias bromelia, jenis bromelia termahal, cara merawat bromelia, bromelia variegata, jenis jenis bromelia, aneka jenis tanaman bromelia, tanaman bromelia merah, jenis tanaman bromelia, jenis tanaman hias bromelia

Genus ini yang paling mudah ditanam. Tahan terhadap suhu, kelembapan, dan sinar matahari dengan sangat baik.Beberapa spesies diantaranya menghasilkan anakan dan mudah untuk dipisahkan.

Bentuk daunnya bervariasi, ada yang berujung tumpul dan ada juga yang berujung runcing tapi umumnya daun tidak berduri. Warna dan pola daunnya juga cukup beragam.Yang khas dari mereka adalah bunganya mirip bunga pisang, namun tidak berbentuk sisiran dan tidak diselimuti oleh kelopak yang terbuka. Bunga itu ditopang oleh tandan yang panjang.

4. Bromelia

bromelia termahal, harga bromelia merah, jenis bromelia termahal, cara merawat bromelia, jenis jenis bromelia, bunga bromelia merah, aneka jenis tanaman bromelia

Kesamaan tentang tempat dan cara perawatannya hampir sama dengan Ananas. Ini mungkin disebabkan karena bentuk mereka mirip nanas. Umumnya daun panjang dan kaku dengan tepian daun yang berduri.Tandan pembungaannya ada yang panjang ada yang pendek dengan ujung membulat.

Baca Juga :   10 Jenis Tanaman Hias Depan Rumah

5. Cryptanthus

Cryptanthus

Cryptanthus – via : pinterest.com

Nama lain Cryptanthus adalah bintang bumi (earth star), dan bintang laut (starfish plant). Bukan tanpa alasan disebut demikian, karena bentuknya memang seperti bintang. Daunnya panjang dengan ujung meruncing dan pinggirannya bergelombang dan berduri.

Warnanya bervariasi, dengan bermacam pola.Simpan di tempat yang teduh, yang tidak terkena sinar matahari secara langsung atau jadikan tanaman hias indoor untuk diletakkan di meja atau sudut rumah.

6. Guzmania

bromelia, nama nama bromelia, nama latin bromelia, nama lokal bromelia, nama nama jenis bromelia, kenapa bromelia berubah warna, apa arti bromeliaceae, bromeliaceae apa itu, apa itu bromelia

Cara merawat tanaman bromelia ini sama dengan yang sebelumnya (Cryptanthus). Mereka memiliki daun muda yang pendek agak lebar dan meruncing, berbeda dengan daun tua yang panjang dan meruncing. Daunnya tidak memiliki duri.

Bunganya seperti gada, kelopaknya ada yang melengkung ke bawah da nada pula yang tegak. Ada pula yang ujungnya meruncing.

7. Neoregelia

bunga bromelia, bunga bromelia hijau, bunga bromelia ungu, jenis bunga bromelia, pohon bromelia, macam macam bunga bromelia, gambar bunga bromelia, bunga bromelia tokek, macam bromelia

Cara menanamnya sama dengan Aechmea. Setelah bunga mati, biasanya tanamannya pun ikut mati.Anakan yang muncul sangat mudah ditanam kembali. Keunikannya terletak pada daunnya. Saat muda warna daun itu merah, dan lama kelamaan akan berubah menjadi hijau. Ada juga dari kuning berubah menjadi merah, merah muda menjadi hijau kekuningan.

Daunnya akan bermunculan secara bertahap. Agak lebar memanjang.Tepian daun ada yang berduri ada juga yang tidak.

Baca Juga :   5 Bunga Kupu-Kupu Cantik untuk Taman

8. Nidularium

bromelia, bromelia termahal, bromelia merah muda, bromelain, bromelia coffee, bromelia hijau, bromeliads, bromeliad, bromelia jagung

Cara perawatannya sangat mirip dengan Neoregelia, demikian daya tariknya. Yang berbeda adalah daunnya yang agak melebar ke samping. Ujung daunnya ada yang melengkung ke bawah.

Kemunculan daun baru seringnya tidak menunggu daun sebelumnya memanjang seperti yang lainnya. Oleh karena itu, kadang daun muda lebih panjang daripada tanamannya. Daunnya pendek tidak terlalu panjang, dan lancip pada bagian ujungnya.

9. Tillandsia

Tillandsia, tillandsias, jenis tillandsia, tillandsia butzii, tillandsia ionantha fuego, tanaman tillandsia, jenis tillandsia, tanaman hias tillandsia, jenis tanaman tillandsia, cara menanam tillandsia, jenis jenis tillandsia

Tillandsia bromeliad

Bentuk spesies Tanaman Tillandsia ini beragam. Mereka menyukai udara lembap dan tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Uniknya mereka bisa tetap tumbuh meski tak ditanam dalam pot dan hanya dengan digantung, juga bisa hidup walau tidak memiliki akar asal pangkal daunnya selalu mendapat air.

Karena keunikannya itu, mereka dapat diletakkan pada pepohonan atau digantung pada dinding rumah. Warna daunnya umumnya abu-abu perak. Bunganya ada yang seperti raket tenis da nada pula yang seperti gada namun pipih.

10. Vriesea

Bromelia, Bromelia Termahal, Bromelain, Bromeliads, Bromeliad, Bromelia Giant, Bromeliaceae, Bromelia Tricolor, Bromelia kuning, Bromelia pink, Bromelia pink grass, Bromelia Tanaman, Bromelia Indah

Bromelia Vriesea

Spesies ini menyukai tempat yang hangat, namun tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Juga tempat yang lembap tetapi tidak basah.

Daunnya panjang melengkung, berwarna hijau atau kekuningan. Ada yang memiliki pola belang-belang, ada juga yang garis-garis. Bentuk bunganya khas, seperti anak panah yang tegak dan pipih. Bunganya bisa tahan hingga 4 bulan lamanya.

error: