6 Jenis Buah Kaktus yang Bisa Dimakan

Hewata.com. Buah Kaktus Bisa Dimakan. Anda tentunya pernah makan buah dari kaktus, sepertinya halnya buah naga. Lalu apa masih ada jenis kaktus yang menghasilkan buah dan dapat dimakan? Rupanya selain buah naga di dunia ini ada jenis buah kaktus yang bisa dimakan lho. Berikut infonya:

Buah Kaktus

Tanaman Kaktus (Cactaceae) berasal dari Amerika Utara dan Selatan, di mana mereka sudah dipakai untuk tujuan membuat makanan dan pengobatan. Buah kaktus tidak beracun, tapi menjadi tantangan untuk dipanen tanpa memangkas sendiri duri tanaman. Beberapa macam kaktus menghasilkan buah yang manis dan enak. Tetapi, buah dari spesies lain sering begitu pahit atau asam untuk dinikmati.

1. Kaktus Centong (Opuntia)

buah kaktus, buah kaktus yang bisa dimakan, kaktus yang bisa dimakan, buah kaktus centong, kaktus bisa dimakan, buah kaktus yang boleh dimakan, buah kaktus bisa dimakan, buah pohon kaktus, kaktus centong bisa dimakan

Beberapa varietas Barbary fig (kaktus pir) atau di Indonesia disebut kaktus centong ini bernama latin (Opuntia ficus-indica) mempunyai buah dengan warna berbeda. Misalkan, kaktus pir hijau mempunyai kulit hijau cerah dan daging kuning atau hijau, dan pir kaktus kuning mempunyai kulit kuning dengan daging oranye.

Buah pir berduri dapat dimakan mentah, atau dapat dibikin jus buah pir berduri, agar-agar atau sirup. Sirup bisa dipakai dalam beragam resep minuman dan makanan, seperti margarita, atau dipakai di atas masakan ayam atau ikan. Bantalan kaktus dapat dimakan mentah atau dimasak.

Buah harus dipanen dengan berhati-hati karena mereka mempunyai glochids, atau duri-duri halus, pada buah dan bantalannya. Gunakan sarung tangan dan lengan panjang dan penjepit atau sesuatu yang serupa untuk memetik buah dari kaktus. Pastikan untuk mengikis semua glochids sebelum membuka buah.

Baca Juga :   Cara Menanam Jambu Biji yang Baik dan Benar

2. Buah Kaktus Apel Peru

buah kaktus yang bisa dimakan, kaktus yang bisa dimakan, kaktus bisa dimakan, buah kaktus yang boleh dimakan, buah kaktus bisa dimakan, rasa buah kaktus, kaktus buah, buah pohon kaktus, buah kaktus arab, kaktus yang berbuah, jenis kaktus yang berbuah, jenis kaktus yang buahnya bisa dimakan

Kaktus apel Peru (Cereus peruvianus atau Cereus repandus), ialah kaktus kolumnar yang tumbuh pada bagian utara Amerika Selatan. Kaktus tumbuh di tanah yang asam dan kering dengan baik, dan walau kuat pada suhu panas, kaktus ini tidak kuat beku. Mereka sering tumbuh di teralis dan bisa mencapai ketinggian yang mengagumkan.

Kaktus mekar dengan bunga warna krem. Buahnya mirip dengan buah naga. Mempunyai kulit merah dan daging putih dengan biji hitam. Lebih bulat serta lebih lembut dari buah naga. Di Eropa disebut buah koubo. Buahnya manis dan menyegarkan dan telah disandingkan dengan es serut. Bisa dinikmati sebagai buah mentah atau dimasukkan ke sajian penutup seperti salad, atau smoothie.

3. Buah Kaktus Barel

kaktus buah, buah kaktus yg bisa dimakan, buah kaktus di indonesia, buah kaktus bisa dimakan, buah kaktus yang boleh dimakan, manfaat buah kaktus, manfaat buah kaktus berduri, buah kaktus khasiatnya, buah pokok kaktus, buah kaktus adalah, buah kaktus apa bisa dimakan, gambar kaktus buah

Buah Kaktus Barel – via : twitter.com

Kaktus barel atau kaktus tong (Echinocactus grusonii) menghasilkan buah kecil seperti nanas. Walau kaktus tong mempunyai duri, buahnya lembut, hingga lebih simpel untuk ditangani. Anda dapat makan buahnya mentah atau kering, walau tidak semanis beberapa buah kaktus yang lain.

Tetapi, rasanya enak bila ditambahkan ke makanan seperti salsa, chutney, atau hidangan lain. Anda dapat melakukan eksperimen dengan mengeluarkan dan memanggang biji dari buahnya. Menurut Central Texas Gardener, kaktus ini tumbuh perlahan-lahan, pada akhirnya mencapai tinggi kurang lebih 1 m, dan mempunyai tangkai hijau dengan kolom duri kuning bengkok.

Baca Juga :   Menjaga Buah Pisang Agar Tidak Cepat Busuk

Seperti spesies kaktus yang lain, kaktus barel tumbuh subur di bawah cahaya matahari penuh dan memerlukan tanah yang dikeringkan secara baik dengan sedikit irigasi. Mereka mempunyai bunga kuning cerah yang selanjutnya memberi jalan kepada buah-buahan yang bisa dikonsumsi. Kaktus barel dianggap spesies kaktus yang terancam punah.

4. Buah Kaktus Cholla

makan buah kaktus, rasa buah kaktus, apakah buah kaktus bisa dimakan, manfaat buah kaktus, khasiat buah kaktus, manfaat buah kaktus berduri

Cylindropuntia fulgida – via : wikipedia.org

Buah dari cholla cacti (Cylindropuntia fulgida) bisa dimakan bila Anda cukup berani untuk mencobanya. Disebut chain-fruit cholla atau jumping cholla, kaktus ini sarat dengan duri. Saat duri menangkap sesuatu, seperti pakaian Anda, itu memberikan ilusi jika kaktus melompat.

Menurut Naturalis Relawan Sabino Canyon, Tanaman ini menampilkan bunga merah muda dan barisan buah. Buahnya tidak mempunyai duri, yang membuat lebih gampang untuk ditangani setelah Anda mengeluarkannya dari kaktus. Mereka mirip dengan buah pir berduri, dan Anda dapat memakainya untuk membuat jeli atau sirup. Kuncup bunganya juga bisa dikonsumsi.

Bagian dari kaktus sudah dipakai untuk tujuan pengobatan sebagai diuretik dan untuk membantu sebagai obat gastritis (radang perut). Ada pula beberapa spesies cholla yang lain, yang semua mempunyai buah yang bisa dimakan.

5. Buah Kaktus Saguaro

buah kaktus bisa dimakan, buah kaktus yang boleh dimakan, manfaat buah kaktus, manfaat buah kaktus berduri, buah kaktus khasiatnya, buah pokok kaktus, buah kaktus adalah, buah kaktus apa bisa dimakan, gambar kaktus buah

Kaktus saguaro (Carnegiea gigantea) ialah icon dari Amerika Barat. Tingginya mencapai 12 meter dan tidak menumbuhkan lengan atau “cabang” sampai kurang lebih berumur 75 tahun. Pada musim semi, saguaro menampilkan bunga putih besar, dan buah-buahan berkembang dan masak pada musim panas. Buah dimulai dengan warna hijau dan berganti menjadi merah dan pecah ketika matang. Sisi dalam buah warna merah dengan biji hitam.

Baca Juga :   Cara Membuat Cabe Kering, Awet Pedasnya!

Saguaro ialah sumber makanan penting untuk orang Tohono O’odham, yang tinggal di gurun Sonora. Tiap musim panas, penduduk desa akan berkumpul untuk memetik buah saguaro memakai tulang rusuk saguaro yang mati sebagai tiang untuk menggapai buah. Mengumpulkan buah dari kaktus yang tinggi dan berduri ini masih merupakan rintangan, tapi bila Anda sukses melakukannya, Anda akan menikmati hidangan yang manis.

Menurut American Indian Health and Diet Project, Buah saguaro bisa dikonsumsi mentah atau dikeringkan, dan Anda bisa membuat jeli dan sirup dari buah yang kemudian bisa dipakai dalam resep dan minuman, seperti anggur.

6. Buah Naga

kaktus buah naga, grafting kaktus dengan buah naga, cara menanam kaktus buah naga, apakah tanaman kaktus/buah naga memiliki daun, pohon kaktus buah naga, kaktus buah naga adalah, apakah tanaman kaktus atau buah naga memiliki daun, apakah kaktus dan buah naga memiliki daun, perbedaan kaktus dan buah naga, contoh kaktus buah naga

Buah Naga

Buah naga (Hylocereus spp.) ialah jenis kaktus lain yang benar-benar terkenal. Bergantung pada spesiesnya, buahnya mempunyai kulit merah atau kuning dengan daging buah warna merah atau putih dan kuning didalamnya, menurut University of Guam Cooperative Extension & Outreach.

Buahnya manis dan dapat dikonsumsi mentah atau dikeringkan. Anda bisa juga menambahkannya ke dalam salad atau smoothie. Kulit buah asam, tapi Anda dapat mengkonsumsinya bersama dengan ampasnya.

Buah naga dibudidayakan secara komersil sebagai tanaman buah, tapi Anda dapat menanam buah naga di kebun atau taman rumah Anda bila Anda tinggal di iklim yang tepat.

Kaktus ini mempunyai rutinitas perkembangan seperti anggur apabila tidak dikontrol, dia bisa memanjang lebih dari 9 meter-an.

Mereka memerlukan kelembapan tanah yang teratur untuk menahan pemecahan buah. Kaktus yang menghasilkan buah naga dapat tumbuh dari stek atau biji, tapi kaktus yang tumbuh dari biji memerlukan waktu bertahun-tahun untuk matang dan menghasilkan buah.

error: