5 Bunga Kupu-Kupu Cantik untuk Taman

Hewata.com. Tanaman atau Pohon Bunga kupu-kupu, demikianlah orang biasa mengatakannya. Ide nama itu diambil dari performa daun dan warna-warni bunganya yang sekilas mirip seperti kupu-kupu. Tidak seperti daun tanaman biasanya, daun Bauhinia memiliki figur yang lain dan unik.

Bunga Kupu-Kupu

Memiliki bentuk rada membulat, dan di bagian tengah daun ada celah yang tidak pas memotong daun jadi dua, tetapi berhenti sampai di seperempat, sepertiga, sampai setengah panjang daun. Antiknya lagi, daun tumbuh membujur, sejumlah 7-11 buah, bergantung spesiesnya. Lembaran daun sedikit lumayan mengatup ke atas, mengingatkan orang dengan bentuk sayap kupu-kupu.

Bauhinia banyak ditanamkan di sejumlah sisi bumi yang beriklim tropis. Beberapa spesies bahkan juga banyak diintroduksi di wilayah itu karena performanya yang cantik.

Dari sisi daun dan bunganya itulah nama bauhinia dibuat orang. Habitat aslinya nyaris menyebar di penjuru dunia mencakup Asia, Afrika, Amerika, dan Australia. Beberapa spesies berada di negara Asia, seperti India dan Cina. Sejumlah besar lagi ada di Amerika serta Afrika. Dalam genus bauhinia ada kurang lebih 150 spesies tanaman.

Kaya warna

Umumnya beberapa jenis bauhinia sebagai pohon yang memiliki ukuran besar, kecil, dan perdu berkayu.Tetapi ada banyak spesies yang perkembangannya memanjat, antara lain Bauhinia. Corymbosa dan Bauhinia. Galpinii.

Disamping daunnya, performa bunga yang menarik dengan beberapa warna ceria makin melengkapi kecantikan sosok tanaman ini. Putih, pink atau merah muda, merah ceria, ungu muda, sampai kuning, ialah ‘koleksi’ warna bunga bauhinia sp. Semarak sosok bunga yang juga terlihat seperti warna kupu-kupu terlihat sangat menonjol antara warna hijau dedaunan. Wujud petal yang unik dengan paduan bentuk tepung sari, menambahkan keelokan tanaman ini.

Baca Juga :   Tanaman Hias Terbaik Untuk Di Kamar Mandi

Kebanyakan bauhinia diperbanyak dengan cara stek atau biji. Tetapi ada juga yang memperbanyaknya dengan bagian tunas atau sucker yang tumbuh dari pangkal (bawah) tanaman. Tanaman ini dikenali gampang menyesuaikan diri di beberapa wilayah di dunia. Dia dapat bertahan di dalam wilayah beriklim dingin sampai suhu 7 Derajat Celcius. Di bawah suhu tadi, dia tidak tumbuh normal. Inilah beberapa jenis bunga kupu-kupu.

1. Bauhinia Acuminata

tanaman kupu kupu, daun kupu kupu, kembang kupu kupu, jenis bunga kupu kupu, tanaman hias kupu kupu, cara merawat bunga kupu kupu, macam macam bunga kupu kupu, bunga daun kupu kupu, tanaman bunga kupu kupu, pohon bunga kupu kupu, daun bunga kupu kupu, merawat bunga kupu kupu

Bunga kupu-kupu, Bauhinia Acuminata – via : mastarybd.com

Dengan tinggi 2-4 m, bauhinia ini tergolong jenis perdu. Percabangannya kurang rapat, tetapi terlihat menyebar. Apa lagi saat tanaman masih terbilang muda, cabang tumbuh sangat aktif, hingga sekilas terlihat seperti bertabrakan.

Berlainan dari umumnya daun spesies ini berbuntut lancip. Karena itu dia dinamakan belakang acuminata (lancip), sesuai performanya. Dan sisi pangkal daun, masih tetap berwujud tumpul dan membulat. Lembaran daun terdiri dua sisi. Setiap anak daun itu memiliki 4 tulang daun yang tumbuh membujur.

Bunganya yang elok adalah daya tarik tanaman asli Malaysia, India dan Cina ini. Warna putih ceria menyelimutinya 5 petal lebar yang berupa membulat panjang, meruncing pada bagian ujung, dan menyempit di pangkal. Bunga itu pertama kalinya ada saat tanaman berusia satu tahun atau sudah mencapai tinggi 1 meter. Bauhinia Acuminata ini dapat diperbanyak lewat biji dan tunas radikal yang ada dari akar. Biasanya dia banyak dirawat orang sebagai pohon penghias di taman, halaman terbuka atau dalam greenhouse.

Baca Juga :   Jenis Tanaman Hias Adam Hawa yang Unik

2. Bauhinia Blakeana

kupu kupu terbang ditaman bunga, manfaat bunga kupu kupu, bunga yang disukai kupu kupu, media tanam bunga kupu kupu, merawat bunga kupu kupu

Figur perdu yang berasal Hongkong ini diputuskan sebagai pohon penghias jalur hijau atau sekedar hanya peneduh di pinggir jalan. Perdu bertajuk lebar itu rupanya sangat disukai karena penampilannya yang cantik dan terkesan aktif.

Daunnya yang unik dengan wujud membulat pada bagian ujung jadi keunikan pohon ini. Disamping daun, bunganya yang warna ungu kemerahan jadi daya tariknya. Namanya berasal dari negara aslinya, dia terkenal dengan panggilan ‘hongkong orchid tree’. Konon sebagai lambang koloni Inggris.

Bauhinia ini sebagai hibrida dan memiliki sifat steril. Dia juga terhitung tanaman yang selalu hijau sepanjang tahun (tak pernah menggugurkan daunnya). Di negara subtropis, bunga akan ada pada saat musim gugur dan musim dingin.

3. Bauhinia Galpinii

tanaman kupu kupu, tanaman bunga kupu kupu, pohon daun kupu kupu, pohon bunga kupu kupu, tanaman daun kupu kupu, jenis tanaman kupu kupu

Tanaman bunga kupu-kupu – via : freundfloweringtrees.com

Berlainan dengan 2 spesies awalnya, tipe ini termasuk bauhinia yang bersosok semak memanjat. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5-3 meter, bergantung cuaca dan keadaan sekelilingnya. Tanaman yang diketemukan di tahun 1891 ini datang dari wilayah tropis dan subtropis Afrika.

Tanaman yang rajin berbunga ini daunnya seperti bauhinia lain, terdiri atas dua sisi sampai setengah dari panjangnya. Panjang daun sendiri capai 2,5-7,5 cm. Berwarna hijau, berupa membulat. Di lembar daun ada 7 tulang daun yang tumbuh membujur.

Baca Juga :   9 Bunga Paling Harum Untuk Taman Anda

4. Bauhinia Purpurea

cara merawat bunga kupu kupu, cara menanam bunga kupu kupu ungu, cara memperbanyak bunga kupu kupu hijau, tanaman bunga kupu kupu, pohon bunga kupu kupu, apa keuntungan bunga dan kupu-kupu, bunga kupu-kupu apa itu, bunga kupu kupu

Tanaman ini asli dari India, Myanmar, dan Cina. Figurnya berbentuk pohon kecil sampai sedang. Ukuran tingginya 4,5 m yang dapat diraih saat usia tanaman mencapai dua tahun. Dia termasuk jenis pohon berbunga yang bagus untuk ditanamkan karena relative mudah menyesuaikan diri atau beradaptasi.

Berbeda dengan daun spesies bauhinia yang lain. Jenis ini berdaun tebal, seolah-olah berkulit, licin, dan agak mirip jantung. Sela pada daun sepanjang sepertiga sampai setengah panjang daun. Jumlah tulang daun seluruhnya di antara 9-11 buah. Beberapa varietas dari tanaman ini memiliki ujung lancip dan yang lain berujung tumpul.

Bunganya memiliki macam warna, antara putih sampai ungu ceria. Diameter bunga memiliki ukuran 7,5-12,5 cm dengan stamen yang memiliki sifat fertil dan berjumlah 3-4 buah. Bunga-bunga yang ada akan menyebarkan aroma wangi.

5. Bauhinia Tomentosa

bunga kupu kupu, bunga kupu kupu kuning, gambar bunga kupu-kupu, gambar bunga kupu kupu, bunga bentuk kupu kupu, gambar bunga dan kupu kupu cantik, tanaman bunga kupu kupu, wallpaper bunga dan kupu kupu, pohon bunga kupu kupu, manfaat bunga kupu kupu ungu

Bunga Kupu-kupu Bauhinia Tomentosa – via : wikipedia.org

Dia lebih dikenali dengan panggilan terkenalnya, Thomas tree. Figurnya berbentuk semak tegak berbahan kayu atau pohon kecil. Panjangnya di antara 1,8-3,7 m. Tanaman asli India ini pertama kalinya diketemukan di tahun 1808.

Daunnya yang memiliki warna hijau cerah ini punya rambut-rambut lembut pada bagian atas permukaan atasnya, struktur seperti tebal berkulit, panjangnya capai 2,5-5 cm. Sisi tengah daun terbelah dua sampai setengah panjangnya. Tulang daun sejumlah 7 buah dan tumbuh membujur.

Bunganya sebagai sisi paling elok dari semua performanya. Berwarna yang kuning sangat kontras saat dipadukan dengan warna hijau daun. Belum lagi hadirnya ‘noda’ merah di atas petalnya, menambahkan cerah figur bunga kupu-kupu. (DBS)

error: