5 Jenis Bunga Melati Putih, Cantik dan Wangi

Hewata.com. Bunga melati putih. Walau ada beberapa ratus tipe melati, tetapi yang terpopuler di Indonesia cuma Jasminum sambac alias melati putih. Melati ini pernah dikukuhkan sebagai bunga nasional. Walau sebenarnya asal-usulnya malah dari India.

Ada sekitaran 200 tipe melati yang sudah dijumpai namanya di penjuru dunia, baik yang tumbuh di wilayah tropis atau subtropis. Semua itu dikelompokkan oleh beberapa pakar botani dalam suku Oleaceaei, marga Jasminum. Masing-masing tipe itu bisa diperbedakan berdasar ketidaksamaan wujud tanaman dan warna bunganya.

Macam Bunga Melati Putih

Tidak seluruhnya tipe melati itu telah dipelihara orang sebagai tanaman hias budidaya. Dalam sebuah buku disebut ada hanya sekitaran 15 tipe saja yang sudah dibudidayakan di penjuru dunia. Beberapa di antaranya ditanam untuk bunga tabur, tanaman hias, taman, dan dikebunkan untuk industri minyak wangi. Beberapa jenis bunga melati putih yang populer adalah :

1. Jasminum sambac

macam macam bunga melati, macam macam melati, jenis jenis bunga melati, macam bunga melati, jenis pohon melati, macam jenis bunga melati, macam macam jenis bunga melati, jenis bunga melati untuk pengantin, jenis jenis melati dan gambarnya

Figur tanamannya berbentuk perdu menjalar dengan tinggi 0,3 sampai 3 m. Batangnya berupa segi-empat. Daunnya oval atau elips, dengan permukaan atas warna hijau mengkilat. Dia tumbuh baik di daratan rendah sampai di ketinggian 600 m, tetapi terbanyak dikebunkan di wilayah dataran rendah untuk pengharum teh.

Melati ini yang dikenal di Indonesia sebagai melati putih. Di Eropa, orang mengatakan arabische jasmine, walaupun negara asal sebenarnya ialah India. Di Arab, melati itu disebut yasmin, di Persia atau Iran, yang maknanya bunga putih.

Bunganya yang putih bersih itu benar-benar dicintai orang, karena keharumannya yang lembut. Bunganya tidak dapat menghasilkan buah, sehingga pun tidak dapat hasilkan biji untuk benih. Perbanyakan tanamannya yang paling mudah dengan setek tangkai. Baca : Cara Memperbanyak Tanaman Melati

Baca Juga :   Menjaga Buah Pisang Agar Tidak Cepat Busuk

Melati Jasminum sambac pertama kalinya dibudidayakan di Inggris di tahun 1665. Di situ ada dua varietas melati putih berdasar wujud bunganya, yakni melati putih yang berbunga tunggal dan yang berbunga ganda atau tumpuk. Yang bergunga tunggal disebut Jasminum sambac varietas “Maid of Orleans”, yang bunganya ada dalam barisan dan tiap barisan terdiri 12 kuntum.

Yang berbunga ganda dikenal sebagai Jasminum sambac jenis “Grand Duke of Tuscany”, dengan mahkota bunga berlapis-lapis serta muncul secara tunggal, hingga ada yang mengatakan gardenia jasmine dan memberikannya panggilan ilmiah Jasminum trifoliatum. Bunganya yang putih itu tidak gampang rontok dan berbau harumnya tajam.

Di Indonesia, melati putih yang mahkota bunganya bersusun itu dikenali dengan panggilan melati bangkok. Alasannya, para pengagumnya memperoleh tanaman ini dari Bangkok.

2. Jasminum multiflorum

bunga melati putih, gambar bunga melati putih, bunga melati putih disebut dengan, bunga melati berwarna, bau bunga melati, bentuk bunga melati putih, manfaat bunga melati putih, foto bunga melati putih, bunga melati merah putih

Tanamannya tumbuh menjalar sepanjang dua sampai 10 m. Tangkai dan daunnya ada yang mempunyai bulu ada yang tidak. Tanaman ini banyak tumbuh liar di daratan rendah sampai wilayah dengan tinggi 1.600 mtr. dpl., baik di lokasi yang tersinari matahari penuh atau cukup ternaung. Bunganya lebat dan tumbuh bergerombol, khususnya di ujung tanaman. Setiap barisan terdiri dari 3 sampai 15 kuntum. Warnanya putih, ada juga berwarna kemerahan jika masih kuncup, dan kekuningan jika sudah mekar. Bunganya bisa menghasilkan buah warna hitam mengkilat.

Melati hutan itu, di Jawa tengah disebut poncosudo. Di wilayah lain ada yang mengatakan melati gambir hutan, melur, menur dan melati hutan. Orang Inggris mengenalnya sebagai star jasmine, hair jasmine, dan angel-hair jasmine. Diprediksi melati hutan ini tumbuhan asli di Pulau Jawa, dan dahulu juga dikenal bernama ilmiah Jasminum pubescens.

Baca Juga :   12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Tumbuhan sejenis ada di India dan Cina. Tapi bunganya putih semenjak kuncup sampai mekar. Bunganya bermahkota seperti bintang yang terdiri 8-9 barisan, aromanya tidak wangi. Buahnya memiliki warna merah gambir.

3. Jasminum officinale

melati warna putih, melati warna putih dan pink

Ada dua tangkai Jasminum officinale berdasarkan wujud pertumbuhan dan sosok tanamannya, yaitu yang datang dari Cina dan India.

Yang dari Cina, tanamannya tumbuh menjalar dengan tinggi 12 sampai 15 m. Dia benar-benar bagus dirambatkan pada dinding, pergola atau atap rumah yang menghadap matahari. Karena batangnya tidak mempunyai akar perekat, karena itu dia perlu mendapatkan penopang supaya pertumbuhannya bergerak ke atas. Daunnya berbentuk daun majemuk dengan anak daun menyirip ganjil, per helai terdiri dari 9 anak daun.

Anak daun yang paling ujung lancip dan memiliki ukuran lebih besar dibanding anak daun yang lain. Bunganya berada di ujung, tersusun dalam barisan. Per barisan terdiri di antara tiga sampai lima kuntum. Berwarna putih jika mekar, sedang yang masih kuncup merah keunguan. Bunganya dapat menghasilkan buah warna hitam. Melati ini dikenal juga dengan panggilan ilmiah Jasminum floribondum atau Jasminum floridum.

Yang dari India, tanamannya berbentuk perdu pendek dengan tinggi 1,5 m. Daunnya berbentuk daun majemuk bersirip ganjil, yang terdiri dari tujuh anak daun memiliki tekstur lembut dan warna hijau jelas. Bunganya kecil, panjangnya dua sampai 3 cm. Berwarna merah tua atau merah gambir saat masih kuncup, dan menjadi putih sesudah mekar. Bunganya berbentuk bunga tunggal dengan mahkota bunga terdiri terdiri dari lima barisan.

Baca Juga :   Cara Memberi Pupuk Rambutan Agar Berbuah Lebat

Di Indonesia, melati ini dikenali sebagai melati gambir. Bunganya diambil untuk bahan kombinasi pembuatan teh wangi. Tanaman ini dikenali bernama ilmiah Jasminum officianale varietas grandiflorum, tapi awalnya ada yang mengatakan Jasminum grandiflorum. Melati ini sudah dikenali orang di Italia semenjak tahun 1629. Perubahan seterusnya, tanaman melati ni dikebunkan orang secara besar untuk penghasil wangi-wangian di Spanyol, hingga dia lebih populer dengan panggilan melati casablanca atau spanish jasmine.

4. Jasminum rex

melati putih, bentuk bunga melati putih, jenis melati putih, bunga putih mirip melati, bunga melati besar, bunga melati tumpuk, bau bunga melati, pohon melati besar, bunga melati hias, bunga melati rambat, bunga melati bentuknya, bau wangi melati, bunga melati yang besar

Tanamannya asli dari Thailand barat daya. Daunnya berupa lonjong memanjang, ujungnya lancip, berwarna hijau gelap. Bunganya tumbuh bergerombol, terdiri dari dua sampai tiga kuntum per barisan. Bunganya tunggal, berwarna putih bersih, tapi tidak wangi. Ukuran bunganya besar, memiliki diameter sekitaran 5 cm. Karena beberapa ukuran mahkota bunganya yang mengagumkan besarnya itu, melati dari Thailand ini disebut sebagai king jasmine atau melati raja.

5. Jasminum simplicifolium

bunga melati putih, jenis bunga melati, macam macam bunga melati, bunga melati disebut puspa, jenis jenis melati, macam macam melati, jenis jenis bunga melati, tanaman hias melati, macam bunga melati, jenis tanaman melati

Aslinya dari Pulau Fiji dan Polynesia di Samudera Pasifik, tapi dia lebih dikenali dengan panggilan melati australia atau star jasmine. Tanamannya berbentuk semak (bushes) yang tumbuh tegak. Daunnya hijau gelap, berupa oval, panjangnya sekitaran 5 cm. Posisi daun pada cabangnya sama-sama bertentangan. Bunganya tumbuh pada bagian ujung, berwarna putih, dan aromanya wangi. Melati ini juga dikenal bernama lain Jasminum volible. Kultivarnya yang berdaun variegata biasa disebut Jasminum volible variegatum.

Di antara beberapa jenis melati tertera di atas, yang paling dikenali warga Indonesia hanya melati putih Jasminum sambac. Melati putih ini sebenarnya bukan tumbuhan asli Indonesia, karena negeri aslinya ialah India.

error: