Cara Membuat Aquascape untuk Pemula, Murah Meriah!

Hewata.com. Cara membuat aquascape berikut ini tidak perlu mengerluarkan uang banyak. Sejumlah bagian komponen yang penting dihadirkan dapat ditukar dengan bagian yang lain yang lebih murah dalam hal harga.

Umpamanya saja, metode CO2 dan Chiller sebenaranya tak begitu mendesak untuk digunakan di wilayah beriklim tropis seperti halnya di Indonesia. Ke-2 bagian itu dapat ditukar melalui cara menempatkan akuarium di luar ruangan. Sangatlah murah bukan?

cara membuat aquascape, cara buat aquascape, cara membersihkan aquascape, cara membuat aquascape air terjun, cara membuat aquascape tanpa co2, cara membuat aquascape sederhana, cara merawat aquascape, cara menanam hairgrass aquascape, cara bikin aquascape air terjun, cara membuat aquascape natural, cara membuat co2 aquascape

Memanglah, metode CO2 dan Chiller terlanjur telah menempel jadi bagian yang harus ada di aquascape. Meski sebenarnya bagian itu memiliki nilai mahal. Metode CO2 terbagi dalam regulator, tabung, skimmer, buble counter dan timer yang memiliki nilai juta-an rupiah. Chiller yang digunakan jadi pendingin pada aquascape dikarenakan penempatannya yang ada di dalam ruangan sehingga menaikkan temperatur air akuarium.

Baca Juga :   Mengenal Kelinci California

Harga juta-an rupiah itu sebetulnya dapat dipotong, yaitu dengan mengikuti anjuran cara membuat aquascape yang murmer berikut ini; tempatkan aquascape di luar ruangan. Letakkan aquascape mengikuti arah cahaya matahari yang muncul dari arah timur dan terbenam di arah barat.

Akuarium jangan pernah terkena langsung cahaya matahari agar menghambat perkembangan alga. Penggunaan atap berbahan polykarbonat dan shading net sangatlah direkomendasikan untuk mengurangi intensitas cahaya matahari.

Penghematan yang lain yang dapat dijalankan adalah dengan penentuan gravel sebagai tempat menempelnya tanaman air. Harga gravel begitu tinggi, terlebih yang import dari Amerika dapat menggapai Rp 320 ribu per kilogramnya.

Penggunaan gravel yang mahal ini dapat ditukar dengan media pasir, tanah dan kompos. Skema media itu di akurium adalah, bagian dasar akuarium 25% kompos, di atasnya lapisan tanah 50% dan teratas berupa pasir 25%. Untuk media pasir harus dicuci terlebih dulu.

Baca Juga :   Macam-Macam Ayam dan Nama Latinnya

Akuarium yang sudah berisi media itu, selanjutnya diisi air dan didiamkan selama 1 bulan. Dua atau 3 hari sebelum media ditanam, air dalam akuarium diganti. Aquascape siap ditanamai dengan beberapa jenis tanaman air.

Pilih beberapa jenis tanaman untuk aquascape yang relatif tahan banting atau kuat seperti cabomba, echinodorus, bacopa (Waterhyssop atau Daun air) dan Hygrophila. Sisi akar tanaman harus ada pada sisi tengah susunan tempat yang berisi tanah. Umumnya setelah dua minggu, akar tanaman telah tumbuh dan menempel dengan kuat pada media. Seterusnya tinggal ikan-ikan hias dimasukkan.

cara buat co2 aquascape, cara membuat aquascape cupang, cara membuat hardscape aquascape, cara bersihkan aquascape, cara buat aquascape mini, cara membuat aquascape iwagumi

Aquascape mini

Cara membuat aquascape di atas tidak butuh banyak biaya dan tentu saja murah meriah. Pemeliharaan serta perawatan juga relatif simpel. Air tidak usah diganti lantaran telah ada sistem filter atas sederhana yang sistem kerjanya memompa air ke atas melintasi filter mat dan kapas. Yang terjadi biasanya pengurangan air lantaran evaporasi.

Baca Juga :   Royal Jelly, Pengertian dan Cara Membuatnya

Agar tanaman terus tumbuh sehat, lakukan pemupukan setiap setahun sekali. Beberapa sisi tanaman air yang mati tidak boleh dibuang, tetapi dipendam saja ke media. Bahan organik ini dapat membuat kesadahan (Kesadahan air adalah kandungan mineral-mineral tertentu di dalam air) jadi lunak.

error: