Cara Membuat Cabe Kering, Awet Pedasnya!

Hewata.com. Cara membuat cabe kering. Jika harga cabai merah sedang jatuh dan panen melimpah dan banyak dimana-mana, mengeringkan cabe atau cabai merupakan salah satu jalan keluar yang menguntungkan. Cabe kering bisa juga dijual ke luar pulau.

Pada saat panen raya, cabe merah berlimpah ruah dan harganya dipasaran menjadi jatuh. Untuk menghindari kerugian akan jatuhnya harga dan kebusukan karena tidak cepat laku, sebaiknya cabe merah dikeringkan.

cara membuat cabe kering, cara buat cabe kering, cara menyimpan cabe kering biar awet, cara bikin cabai kering, cara membuat sambal cabai kering, cara membuat cabe kering giling, cara membuat cabai merah kering, cara membuat cabe kering sederhana

Penelitian yang pernah dilakukan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Hasil Pertanian di Bogor ini dapat membantu para petani atau pengumpul cabe merah “menyelamatkan” sayuran penyengat lidah itu.

Cara yang dilakukan cukup sederhana, berikut ini adalah proses pembuatannya, semua orang pun dapat melakukannya dengan baik.

Dengan Na-bisulfit (Sodium Bisulfite) 0,2 %

Bahan yang diperlukan cuma cabai merah segar dan lauran Na-bisulfit 0,2 %. Peralatan pun cukup sederhana dan dapat diperoleh di mana-mana. Baskom plastik, loyang, oven atau alat pengering, timbangan, dan gelas takaran.

Baca Juga :   8 Tanaman Hias Beracun Disekitar Kita

Jika ingin memulai pekerjaan ada baiknya kita menggunakan sarung tangan. Walaupun cara ini tidak mutlak perlu, sarung tangan dapat melindungi tangan kita dari rasa pedas cabai dan lebih menjaga kebersihan.

Cabe merah yang akan dikeringkan ditimbang dahulu, dicuci bersih, dan dibuang tangkainya. Cabe merah yang sudah bersih ini kemudian direndam dalam larutan Na-bisulfit 0,2 % selama 10 menit. Rendaman cabe merah dan larutan Na-bisulfit 0,2 ini haruslah seimbang. Dalam arti, cabe merah harus terendam semuanya di dalam larutan kimia tersebut.

cabe kering, cara membuat cabe kering, cara membuat cabe bubuk kering pedas, cara buat cabe kering, cara membuat cabe bubuk kering tanpa oven, cabe rawit kering, cara membuat sambal cabe kering, cara mengatasi cabe busuk kering, cara mengolah cabe kering menjadi sambal, cara menghaluskan cabe kering, cara membuat sambal dari cabe kering

Cabe merah yang sudah direndam selama sepuluh menit kemudian ditiriskan. Apabla cabe telah benar-benar tiris, barulah semuanya ditata di loyang pengering, atau tampah. Proses pengeringan dapat dilakukan dalam dua cara.

Baca Juga :   Cara Pengendalian Penyakit Busuk Pada Kentang

Cara membuat cabe kering pertama adalah dengan menatanya dalam loyang dan menyebarkan secara merata supaya cabe kering semua. Baru setelah cabai menyebar rapi dalam loyang, masukkan dalam oven pengering dengan suhu antara 50 derajat sampai 60 derajat celcius.

Cara kedua adalah cara membuat cabe kering tanpa oven dengan menjemurnya di bawah panas matahari. Ada yang menjemur langsung tanpa diberi penutup. Apabila dikehendaki, cabe merah yang telah ditata dalam tampah, dapat dijemur di bawah sinar panas matahari dengan memberinya penutup berupa plastik tembus pandang yang diberi lubang-lubang untuk keluarnya uap air.

Kekeringannya Bisa Diatur

Pengeringan cabe dalam oven pengering atau sinar matahari dapat kita atur sesuai dengan kehendak kita. Semakin cabe itu kering, semakin tahan dibawa jauh bahkan bisa ke luar pulau, karena tidak khawatir akan kelembapan, jamur, dan busuk.

Baca Juga :   Cara Agar Tanaman Cepat Berbuah

Cabe kering ini menjadi lebih ringan dan kulitnya menipis. Untuk penjualan ke luar pulau yang tidak seberapa jauh, pengeringan biasanya tidak dilakukan sampai kadar airnya menipis.

Cabe kering ini harus direndam dulu di dalam air hangat jika akan dipergunakan. Rasa pedasnya tidak akan berkurang dan dapat dipergunakan seperti layaknya cabe segar. Cabe kering juga bisa kita tumbuk atau kita blender untuk dijadikan cabe bubuk. Hanya saja untuk membuat cabe bubuk, cabe harus benar-benar kering.

error: