Cara Menanam Bunga Mawar dari Stek Batang

Hewata.com. Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang. Memerlukan perawatan intensif dan kondisi lingkungan yang ideal, tanaman mawar terbilang cukup rewel.

Kendati demikian, menanam dan mengembangbiakkan beragam varietas mawar di pekarangan rumah, dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah, melalui teknik stek batang sederhana.

cara merawat bunga mawar, cara menanam bunga mawar, tanam mawar, tanam bunga mawar, cara stek bunga mawar, cara menanam bunga mawar dari batang, cara menyetek bunga mawar, stek bunga mawar, merawat bunga mawar, cara stek mawar

Cara ini berbeda dengan pengembangbiakkan benih atau biji yang akan menghasilkan tanaman berbeda. Melalui stek batang, Anda akan mendapatkan replika dari tanaman induknya.

Maka, hanya dengan sedikit upaya, Anda dapat melestarikan spesimen mawar kesayangan yang siap memperindah taman.

Cara Menanam Mawar dengan Stek Batang

Baca selengkapnya untuk mengulik lebih dalam tentang cara menanam mawar dengan stek batang!

1. Mengenal Teknik Stek Batang Mawar

Istilah “stek” merupakan sebutan populer dan bentuk tidak baku dari “setek”, yang tercatat dalam KBBI tahun 2021. Stek mawar merujuk pada potongan batang dari tanaman mawar, yang diambil pada berbagai tahap kematangan, dengan tujuan pengembangbiakkan.

Meski beberapa tanaman lain membutuhkan waktu khusus untuk pengambilan stekyang dapat berakar, namun tanaman mawar bersifat fleksibel. Stek mawar dapat diambil dari batang baru yang melalui tiga tahap pertumbuhan, yaitu:

  • Stek kayu lunak, menjadi yang paling cepat dan paling mudah untuk berakar. Stek kayu lunak yang terbaik, berasal dari batang seukuran pensil di bawah bunga mawar yang baru menjatuhkan kelopaknya.
  • Stek kayu semi-keras, yaitu ketika batang baru telah matang sebagian, dan bisa jadi memiliki biji yang terbentuk di tempat bunga sebelumnya.
  • Stek kayu keras, yang paling lambat dan paling sulit untuk berakar, ketika batang telah matang, mengeras, dan memasuki masa dormansi.
Baca Juga :   Cara Menyiram Anggrek Yang Baik

Untuk meningkatkan potensi keberhasilan, rawat stek dengan hormon khusus perakaran, yang berfungsi merangsang perkembangan akar, dan mendukung pertumbuhan tanaman mawar.

2. Mempersiapkan Lokasi dan Media Tanam

Teknik pengembangbiakkan melalui stek batang memberikan fleksibilitas mengenai cara dan lokasi penanaman.Namun, stek yang telah dipotong harus segara ditanam.

Karena itu, Anda perlu mempersiapkan media dan lokasi penanaman terlebih dahulu. Anda bisa menancapkan stek langsung di tanah pekarangan, atau menanamnya dalam wadah atau pot yang cukup dalam, dengan ketentuan berikut:

  • Untuk menanam stek di pekarangan, pilih tempat terang dengan paparan matahari tidak langsung. Eksposur cahaya dari sisi utara atau timur akan menjadi lokasi perakaran yang sempurna.

Tanam stek sedalam 10–15 cm, untuk mendapatkan tanah yang gembur. Namun, jika tanah terlalu padat, campurkan sedikit pasir agar akar lebih mudah menembus tanah.

  • Jika Anda menanam stek di pot atau wadah, tancapkanstek setidaknya 15 cm, sehingga akar baru memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh. Berikan media tanam berupa campuran sederhana berisi pasir kasar, perlit, dan vermikulit, lalu siram secara menyeluruh.

3. Mengambil Stek dari Tanaman Mawar

Kesiapan stek untuk dipotong, tergantung pada iklim, pertumbuhan tanaman, dan berbagai faktor lainnya. Maka, alih-alih berpatokan pada kalender, akan lebih tepat jika Anda memerhatikan kemunculan bunga dan saat-saat kelopaknya mulai berguguran.

Baca Juga :   Beberapa Cara Membuat Bunga Mawar Berbunga Lebat Dan Mekar

Berikut ini perlengkapan yang perlu Anda siapkan untuk memulai teknik pengembangbiakkan stek batang:

  • Pisau yang bersih dan tajam, atau pemotong dahan,
  • Wadah berisi air hangat, untuk menjaga kelembaban stek,
  • Hormon perangsang akar,
  • Wadah kecil untuk mencelup stek pada hormon akar,
  • Tongkat kecil atau pensil untuk membuat lubang tanam,

Setelah peralatan di atas lengkap, berikut ini langkah-langkah memotong stek yang perlu Anda cermati:

  1. Pastikan Anda mengambil stek mawar dari tanaman yang kuat dan sehat, pada pagi hari, ketika tanaman terhidrasi dengan baik.
  2. Potong batang di antara bunga yang berguguran hingga ke pangkal cabang. Satu batang, dapat membuat beberapa stek mawar.
  3. Singkirkan bunga atau biji mawar yang tersisa dan potong bagian ujung batang. Potong dengan sudut 45 derajat, tepat di atas kumpulan daun pertama pada bagian atas, dan di ataskumpulan daun terakhir pada bagian bawah batang. Kemudian, segera masukkan batang yang telah terpotong ke dalam air.
  4. Sembari menjaga stek tetap lembab, potong setiap batang menjadi 10–15 cm, dengan masing-masing stek memiliki empat titik untuk pertumbuhan daun.
  5. Buang semua daun, kecuali sepasang daun paling atas di setiap potongan, untuk mendukung perakaran dan membantu Anda mengukur pertumbuhan tanaman.
  6. Tuang sedikit hormon akar ke dalam wadah. Gunakan secukupnya, dan buang sisa hormon yang telah dikeluarkan, apabila berlebih.
  7. Basahi bagian bawah stek, dan celupkan ke dalam hormon akar.
  8. Gunakan tongkat atau pensil untuk membuat lubang tanam sedalam 7,5–10 cm pada media tanam. Pastikan diameter lubang cukup besar, sehingga Anda dapat memasukkan stek tanpa menghilangkan hormon.
  9. Jika stektelah masuk ke dasar lubang hingga dua ruasnya tertutup, urug tanah untuk menegakkan stek.
Baca Juga :   22 Jenis Aglaonema, Nama dan Gambarnya

4. Merawat Stek Mawar Baru

cara menanam mawar, cara menanam mawar dari batang, bagaimana cara menanam bunga mawar, cara tanam bunga mawar, menanam mawar cara menanam mawar di pot, cara menanam bunga mawar di pot, menanam mawar di pot, cara menanam pohon mawar, cara menanam bunga mawar merah

Hasil stek tanaman bunga mawar – via : 163.com

Apabila stek mawar mulai berakar, jagalah agar batang tetap tegak, bagian akar terurug tanah dengan baik, dan kondisi lingkungan selalu lembab. Untuk stek yang tertanam di tanah pekarangan, Anda dapat membuat rumah kaca mini buatan menggunakan toples terbalik untuk memberikan kelembaban tinggi pada tanaman yang tengah berkembang.

Sementara itu, jika Anda menanam stek mawar di dalam pot, cukup gunakan penutup berupa kantung plastik bening. Namun, pastikan plastik tidak bersentuhan dengan stek, dengan memasang beberapa stik di sekelilingnya sebagai penopang. Selanjutnya, semprot atau sirami stek Anda secukupnya, agar tanaman tetap terhidrasi dan media tanam selalu lembab.

Umumnya, stekkayu lunak akan berakar dalam kurun waktu 10–14 hari. Untuk menguji perkembangannya, tarik stek dengan sangat lembut. Anda akan merasakan sedikit hambatan, jika akar baru sudah terbentuk dan tumbuh di dalam tanah. Pada masa ini, pupuk berbasis ikan atau rumput laut akan memberi nutrisi yang berguna.

Setelah akar semakin terbentuk dan tanaman mulai tumbuh lebih kuat, silakan pindahkan tanaman mawar baru Anda ke lokasiakhir.

Sebagai catatan, setiap varietas mawar memiliki tingkat kesulitan dan masa perakaran yang berbeda-beda. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Meski harus melalui trial and error, aktivitas berkebun tetap bisa menjadi kegiatan positif, yang dapat menghidupi lingkungan, memberi keindahan, serta menyehatkan Anda, dari segi fisik dan mental. Itulah Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang.

error: