Cara Menanam Sawi di Polybag, Agar Cepat Panen

Hewata.com. Cara Menanam Sawi di Polybag dari biji, Agar Cepat Panen. Demi mendukung pemenuhan gizi seimbang, swasembada sayuran seperti sawi pakcoy, sawi caisim akan menjadi suatu langkah yang brilian. Cara menanam sawi juga tergolong mudah, dan dapat Anda garap sendiri di rumah menggunakan pot atau polybag.

cara menanam sawi di polybag, menanam sawi di polybag, cara menanam pakcoy di polybag, tanam sawi di polybag, cara menanam sawi putih di polybag, cara menanam sawi hijau di polybag, cara menanam caisim di polybag, ukuran polybag untuk sawi, cara menanam sawi di pot, menanam pakcoy di polybag

Terlebih, selain dapat menjadi bahan utama di berbagai jenis masakan, sawi pakcoy juga kaya akan vitamin A, D, C, hingga kalium dan asam folat. Singkatnya, dengan menanam sawi pakcoy, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan sekaligus, antara lain:

  • mengisi waktu dengan aktivitas yang produktif,
  • meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan dengan berkebun,
  • mendapatkan sayuran untuk melengkapi asupan gizi harian,
  • memperoleh bahan untuk berbagai jenis masakan,
  • merasakan kepuasan batin ketika memanen hasil tanam,
  • dan sebagainya.

Cara Menanam Sawi di Polybag

Jika Anda tertarik untuk mencoba, serta sudah siap berjibaku dengan tanah dan kompos, informasi berikut ini dapat menjadi panduan praktis yang bermanfaat. Baca selengkapnya, untuk mengetahui cara mudah menanam sawi di polybag atau pot, agar cepat panen dan menuai hasil yang menjanjikan.

1. Alasan Menanam Sawi di Polybag

Lahan terbatas, atau bahkan ketiadaan pekarangan, merupakan kondisi yang umum terlihat di perkotaan, terutama pada hunian vertikal, seperti rumah susun dan apartemen. Kendati demikian, Anda tetap dapat memanfaatkan ruang yang tersedia untuk menanam sawi, menggunakan pot atau polybag, dengan cara vertikultura

Lagipula, bercocok tanam menggunakan pot atau polybag, justru berpotensi meningkatkan kesehatan dan kesuburan tanaman. Dengan pembagian dan pemberian nutrisi yang tepat, kebutuhan masing-masing tanaman sawi akan terpenuhi dan lebih terjamin, dibandingkan dengan metode perawatan masal, seperti di ladang atau kebun.

Baca Juga :   Menjaga Buah Pisang Agar Tidak Cepat Busuk
cara menanam sawi di polybag, budidaya sawi, menanam sawi, cara menanam sawi hijau, cara menanam sawi dengan biji, cara tanam sawi, menanam sawi di polybag, cara menanam sayur sawi, cara menanam sawi hijau di rumah, budidaya sawi hijau

Benih sawi

2. Menyemai Tanaman Sawi di Polybag

Proses penyemaian merupakan langkah awal yang krusial dalam menumbuhkan tanaman sawi yang sehat dan berkualitas. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk menyemai biji sawi:

  1. Siapkan polybag kecil berukuran 10 cm.
  2. Isi polybag dengan campuran tanah dan kompos.
  3. Tanam (semai) biji sawi pada polybag.
  4. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari, secukupnya.
  5. Setelah berumur 2–3 minggu dan mulai tumbuh 3–5 daun, tanaman sawi dapat Anda seleksi, untuk kemudian dipindahkan ke polybag yang lebih besar.

3. Menanam Sawi di Polybag

Setelah bibit sawi cukup kuat untuk meninggalkan pesemaian dan dipindahkan ke polybag yang lebih besar, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Siapkan polybag dengan diameter 15 cm, atau lebih besar.
  2. Isi polybag menggunakan campuran tanah dan kompos, dengan komposisi tanah lebih banyak. Anda juga dapat menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, pasir, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1:1.
  3. Cabut perlahan bibit sawi di pesemaian, dan perhatikan agar tidak merusak akar, bila memungkinkan ambil sedikit tanah yang ditempeli akar.
  4. Buat lubang tanam di polybag, masukkan bibit sawi, dan urug kembali. Anda dapat menanam hingga 2 atau 3 bibit sawi dalam satu polybag.
  5. Setelah proses di atas selesai, sirami bibit sawi sekali sehari, lalu tingkatkan menjadi 2 kali sehari jika tanaman sawi sudah mulai membesar.
  6. Apabila sawi di polybag terlalu penuh, Anda dapat memindahkan salah satu tanaman sawi ke polybag baru, dengan media tanam yang sama.
Baca Juga :   Cara Membuat Bibit Jamur Tiram

4. Memanen Sawi dari Polybag

Proses panen merupakan tahap yang paling mudah dalam rangkaian upaya budidaya sawi di polybag. Setelah berumur 2 bulan (60 hari), Anda dapat memanen sawi dengan cara mencabutnya dari polybag. Selanjutnya, potong bagian akar, cuci, dan sawi pakcoy pun siap Anda gunakan untuk aneka jenis masakan sehat.

error: