Cara Mencangkok Pohon Jambu Kekinian

Hewata.com. Cara mencangkok pohon jambu. Mencangkok tanaman umumnya dikerjakan dengan mengerat dan mengupas kulit (sepanjang 3-4 cm) dari cabang yang dicangkok, lalu membiarkan getahnya kering. Baru kemudian, sisi yang dikupas barusan dibuntel dengan media cangkok, seperti mos misalnya.

Namun cara baru yang ditampilkan kali ini dilakukan tanpa harus menunggu getahnya kering. Caranya memang berbeda dengan cara biasa. Yaitu tidak dengan pengupasan kulit, tapi pembelahan cabang. Kemudian salah satu belahannya dimasukkan ke dalam pot yang telah diisi media tanam.

Mencangkok jambu biji dengan cara ini mempunyai beberapa keuntungan. Antara lain, hasil cangkokannya setelah dipisahkan dari induknya, bisa langsung ditanam. Tanpa harus melalui masa adaptasi, seperti hasil cangkokan dengan cara biasa. Proses pencangkokannya juga lebih cepat, karena tidak perlu menunggu getahnya kering.

Baca Juga :   Cara Menanam Lidah Buaya Dari Biji

Langkah-langkah Mencangkok

Seperti cara biasa, tanaman yang boleh dicangkok dengan cara ini ialah tanaman yang sudah pernah berbuah, minimal dua kali. Cabang yang dicangkok dipilih yang sudah cukup tua, sudah berkayu dan cukup kuat  sehingga tidak mudah patah. Paling sedikit bergaris tengah 1 cm. lebih baik lagi kalau cabang itu tumbuh lurus.

Bahan dan alat yang digunakan yaitu media tanam berupa tanah subur dan gembur atau campuran antara tanah, pasir dan pupuk kandang dengna perbandingan 1:1:1; pisau tajam untuk membelah cabang; pot plastik sebagai wadah perakarannya yang besarnya disesuaikan dengan besarnya cabang yang dicangkok; dan tali plastik untuk mengikat pot.

Adapun cara-cara mencangkok pohon jambu adalah sebagai berikut (lihat gambar):

Baca Juga :   8 Tanaman Hias Beracun Disekitar Kita
cara mencangkok pohon jambu, cara cangkok jambu air, cara mencangkok pohon jambu air, cara mencangkok jambu air, cara cangkok jambu biji, cara mencangkok jambu kristal, cara mencangkok jambu biji, cara mencangkok pohon jambu biji, mencangkok jambu air, mencangkok jambu biji, cara cangkok jambu, cara mencangkok pohon jambu kristal, mencangkok pohon jambu, cara cangkok jambu kristal, cara mencangkok jambu jamaika

Cara mencangkok pohon jambu biji beserta gambarnya

  1. Cabang yang akan dicangkok dipotong sampai separuh lalu dibelah dua dari bawah ke atas sepanjang 10-15 cm. Bagian yang dibelah ini jangan sampai putus atau patah dan belahannya sebaiknya sama besar dan pada bagian yang akan dibenamkan terdapat tunas.
  2. Bagian yang telah dibelah tadi direnggangkan dan belahan yang ada tunasnya dibenamkan ke dalam media tanam dalam pot dan tunasnya diusahakan ikut terbenam.
  3. Selanjutnya potnya diikat kuat-kuat pada cabang yang dicangkok dan sebaiknya tidak goyah agar pertumbuhan akarnya tidak terganggu.
  4. Untuk menjaga kelembapan media tanamnya, cangkokan ini harus disiram secara rutin. Tapi harus diingat, menyiramnya jangan sampai terlalu basah, cukup asal media tanamnya tetap lembap.
  5. Setelah 1-2 bulan biasanya akarnya sudah cukup banyak dan cangkokan sudah bisa dipisahkan dari induknya dengan cara memotongnya menggunakan gergaji selanjutnya bibit tanaman ini bisa ditanam di lapangan.
Baca Juga :   Tanaman Rumah Pagar Berbunga Indah

Cara mencangkok pohon jambu ini cocok juga dilakukan pada tanaman jambu-jambu lainnya, baik itu jambu air, jambu kristal, jambu jamaika dan lain-lain. Sebaiknya alat-alat yang digunakan pada waktu mencangkok dalam keadaan bersih dan dilakukan pada saat musim hujan sebab akarnya bisa cepat keluar. (DBS)

error: