Cara Merawat Kaktus Agar Mau Berbunga

Hewata.com. Cara merawat kaktus agar berbunga. Kaktus adalah tanaman berduri yang indah. Apalagi kalau ditambah dengan bunganya. Berikut ini cara membungakannya.

how to care for cacti to flower, cara merawat kaktus agar berbunga, kaktus yang berbunga, cara agar kaktus berbunga, gambar kaktus berbunga, jenis kaktus mini berbunga, foto kaktus berbunga, pokok kaktus berbunga, agar kaktus berbunga, tanda kaktus berbunga, supaya kaktus berbunga, kaktus duri berbunga, kaktus bisa berbunga, kenapa kaktus berbunga, cara agar kaktus kepiting berbunga

Di negara yang mempunyai empat musim, tanpa diberi rangsangan pun kaktus dengan sendirinya akan berbunga. Di sana, pada musim dingin kaktus akan mengalami masa dormansi , tetapi begitu musim semi tiba, secara serempak mereka akan memunculkan bunganya yang bagus warnanya.

Hal ini berlainan dengan di Indonesia yang beriklim tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun. Kaktus yang ditanam disini tidak mengalami masa dormansi. Sepanjang tahun mereka akan tumbuh, tetapi untuk berbunga harus kita ciptakan iklim yang mirip dengan iklim yang mirip dengan iklim di gurun-gurun Amerika tempat kaktus berasal.

Namun, di Indonesia kita mempunyai keuntungan. Munculnya bunga kaktus menjadi tidak musiman, bisa kita rangsang kalau kita inginkan. Berikut ini perlakuan atau cara merawat kaktus agar berbunga.

Perlu Banyak Sinar Matahari

Kaktus memerlukan banyak sinar matahari dan kondisi lingkungan yang kering. Untuk itu, kaktus harus kita letakkan di tempat yang terbuka dan ditanam pada media tumbuh yang porous (sarang). Selain itu, kaktus juga memerlukan suhu yang tinggi pada siang hari dan suhu rendah pada malam hari, yaitu keadaan suhu yang mirip seperti iklim gurun.

Oleh karena itu, di negara kita, kaktus harus diletakkan dalam rumah kaca agar mendapat suhu tinggi itu. Namun, rumah kacanya sebaiknya dibuat terbuka, karena selain memerlukan sinar matahari penuh, kaktus juga memerlukan sirkulasi udara yang baik.

Rumah kaca juga menjaga agar kaktus tidak terkena guyuran air hujan, sehingga lingkungannya tetap kering.

Pupuk Perangsang Bunga

Untuk merangsang pembungaannya, bisa dilakukan dengan memberikan pupuk perangsang bunga, yaitu pupuk yang kandungan fosfatnya tinggi. Saat ini di pasaran banyak beredar berbagai merek pupuk yang demikian ini, antara lain Vitabloom, Pokon, dan Hyponex. Semua pupuk itu bisa kita gunakan. Frekuensi, konsentrasi dan cara pemberiannya bisa dilihat pada petunjuk kemasannya.

Tidak Disiram

Pada musim hujan, yaitu pada bulan Desember – Januari, kalau kita inginkan, kaktus bisa kita rangsang agar kaktus berbunga. Caranya, selama kurang lebih dua bulan itu kaktus tidak disiram agar mengalami dormansi, sampai badan kaktusnya agak kisut (tetapi jangan sampai terlalu kisut). Menginjak bulan ketiga, kaktus kita siram normal kembali. Setelah kita perlakukan seperti ini, satu bulan berikutnya biasanya kita sudah bisa menikmati kecantikan bunganya.

Kaktus yang sudah berbunga tentunya menjadi surprise tersendiri bagi pemiliknya.

Tanpa bunga saja bentuk katus sudah macam-macam dan indah bentuknya, apalagi kalau ditambah dengan bunga yang cantik. Bukan begitu?

You May Also Like

error: Content is protected !!