12 Contoh Perkembangan Teknologi Hingga Saat Ini

Posted on

Hewata.com. Contoh Perkembangan Teknologi di era sekarang. Dalam waktu kurang lebih satu setengah abad terakhir, begitu banyak teknologi baru yang muncul. Sehingga tidak mungkin untuk mencantumkan semuanya dalam daftar artikel ini.

Namun 12  terobosan teknologi tinggi telah merevolusi cara hidup manusia. Kita lihat kembali literatur awal mereka diciptakan, serta betapa berkembangnya saat ini.

Teknologi baru telah menghubungkan kita dalam banyak hal, membuat manusia lebih mudah untuk berkomunikasi dan menjelajah.

Contoh Perkembangan Teknologi

Cara kita berkomunikasi pun telah berkembang pesat ke titik di mana perangkat yang kita gunakan.

Alat untuk panggilan telepon dan mengirim pesan seperti smartphone dapat masuk ke dalam saku pakaian kita dan dapat mempunyai kekuatan pemrosesan yang lebih besar daripada komputer seukuran kamar di tahun 1960-an. Selama kurang lebih 150 tahun terakhir, kita telah melihat serangkaian teknologi baru.

Berikut adalah sepuluh kemajuan serta perkembangan teknologi saat ini, yang paling utama sejak tahun 1844.

1. Telepon

telpon zaman dulu dan sekarang, telpon dan hanphone, sebutkan contoh perkembangan teknologi komunikasi
Contoh perkembangan teknologi komunikasi

Lebih dari tiga puluh tahun setelah Samuel Morse mengirim telegraf pertama, Alexander Graham Bell melakukan panggilan telepon pertamanya di tahun 1876.

Melalui telpon, kata-kata pertama yang diutarakan kepada Watson (asisten Bell) adalah : “Tuan. Watson, kemarilah. Aku ingin bertemu denganmu.”

Akhirnya, penemuan Alexander Graham Bell tersebut membuka jalan untuk melakukan panggilan telepon ke orang-orang di seluruh dunia, tidak hanya ke kamar sebelah lewat kaleng bekas dan tali.

Hingga sampai saat ini, kebanyakan orang hampir setiap hari membawa smartphone atau handphone kemanapun mereka pergi.

2. Bola Lampu

apa contoh perkembangan teknologi saat ini, sebutkan 5 contoh perkembangan teknologi
Bola lampu

Beberapa tahun kemudian di tahun 1880, Thomas Alva Edison menyalakan lampu pijar. Baca Juga : Manfaat IPTEK

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud dengan CITES?

Sulit untuk menghargai penemuan yang luar biasa ini, sampai kita menghadapi pemadaman listrik dan satu-satunya sumber cahaya di malam hari adalah cahaya lilin.

Saat ini kita dapat menghindari berada dalam kegelapan dengan bola lampu pintar yang dapat dinyalakan dan matikan dengan asisten virtual seperti Alexa atau Google Assistant.

3. Televisi

Penemuan televisi pada tahun 1927 membuka jalan bagi hiburan rumah yang kita nikmati sekarang. Perangkat TV pertama berwarna hitam dan putih, lalu datanglah TV berwarna disertai remote control yang sangat nyaman digunakan.

Pada tahun 1997, Fujitsu merilis TV Plasma pertama, model televisi setebal empat inci yang dapat dipasang pada dinding. Plasma akhirnya tergantikan oleh teknologi LCD dan OLED di tahun 2014.

LG dan Samsung menghentikan produksi TV plasma karena permintaan yang lebih rendah. Banyak orang menonton film dan acara TV di smartphone, tablet, atau laptop mereka, meski TV layar datar masih populer saat ini.

4. Komputer pribadi (PC)

Apple memperkenalkan jajaran komputer Apple II pada tahun 1977.

komputer Apple II dijual di toko-toko dan menyertakan perangkat lunak yang memperluas apa yang dapat dilakukannya di luar pemrograman sederhana. Spreadsheet pertama, ViscCalc, tersedia di lini Apple II.

Komputer pribadi atau PC (Personal Computer) yang kita kenal sekarang sangat booming begitu IBM memperkenalkan PC IBM pada tahun 1981.

Hingga bisnis mengadopsinya, seluruh industri berkembang untuk menghasilkan semua produk yang kita kenal dan gunakan saat ini.

5. Global Positioning System (GPS)

perkembangan teknologi di bidang transportasi, perkembangan teknologi di bidang transportasi darat, akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi, akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di bidang ekonomi, apa saja contoh perkembangan teknologi di bidang transportasi, contoh perkembangan teknologi di bidang transportasi

Menurut lifewire.com, sejarah (GPS) Global Positioning System, diluncurkan pada tahun 1973, mulai beroperasi penuh pada tahun 1995.

Awalnya bernama Navstar GPS, pemerintah AS memilikinya, dan Angkatan Udara AS mengoperasikannya.

Sistem ini dapat melakukan triangulasi data dan menentukan lokasi seseorang, dan mendukung perangkat dan aplikasi GPS yang sekarang digunakan orang untuk bepergian baik menggunakan kendaraan ataupun tidak.

Baca Juga :   Apa Manfaat dari IPTEK? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Triangulasi artinya penelusuran dan pengukuran rangkaian atau jaringan segitiga untuk menentukan jarak dan posisi relatif dari titik-titik yang tersebar di suatu wilayah atau daerah.

6. Internet

Sulit membayangkan komputer tanpa internet atau web. Pada awal tahun delapan puluhan, ARPANET, pendahulu Internet, dibuat dengan dana dari Departemen Pertahanan AS dan Jaringan Badan Proyek Penelitian Lanjutan. Jaringan akhirnya ditutup pada tahun 1990.

World Wide Web (WWW) menjadi populer pada pertengahan tahun 90-an, melalui layanan seperti AOL.

Sangat umum bagi orang untuk menyamakan kedua istilah Internet adalah jaringan komputer global yang menjalankan protokol komunikasi standar, sedangkan WWW terdiri dari situs publik yang terhubung ke Internet.

7. Navigasi GPS

Sekarang kebanyakan dari kita menggunakan GPS dalam bentuk peta digital seperti Google Maps.

Dapat dikatakan bahwa Google Maps membawa navigasi GPS ke desktop perangkat seluler Anda, membuat perencanaan perjalanan dan menjelajahi kota dan tempat baru menjadi mudah.

Perangkat lunak navigasi telah berevolusi untuk memasukkan informasi lalu lintas, jadwal transit, dan petunjuk arah berjalan kaki dan bersepeda untuk pergi dari titik A menuju titik B sesuka Anda.

8. Kamera Digital

Secara teknis, kamera digital pertama kali ditemukan oleh Kodak pada tahun 1970-an.

Butuh beberapa saat sebelum teknologi masuk ke nenek moyang produk yang kita gunakan saat ini.

Kodak memperkenalkan kamera digital profesional pertamanya pada tahun 1991, tetapi dipasang pada kamera film Nikon.

Pada pertengahan 1990-an, kamera digital yang tidak didasarkan pada bodi kamera film sudah tersedia (walaupun kualitasnya tidak bagus).

Kamera digital ada di mana-mana sekarang, mulai dari kamera keamanan hingga telepon pintar, laptop, dan komputer desktop.

Bahkan produk paling murah dengan kamera tertanam di dalamnya jauh lebih baik daripada kamera-kamera generasi awal.

9. Web Browser

Berselancar di web menjadi lebih nyaman dengan hadirnya Mosaic, peramban web yang jauh lebih intuitif daripada pendahulunya.

Baca Juga :   15 Kelebihan Wordpress Dibanding Blogspot

Kompatibel dengan Windows, Mosaic dapat diakses oleh banyak orang, bukan hanya tipe teknologi, meskipun Netscape Navigator akhirnya mencopotnya.

Namun kami dapat berterima kasih kepada Mosaic karena memberi kami peramban modern seperti Chrome dan Firefox.

10. Social Media

social media marketing adalah, social media marketing strategies, social media marketing strategy, social media marketing strategi, jasa social media management, jasa sosial media management, jasa social media, media sosial marketing, social media marketing, marketing y social media
Ilustrasi social media marketing – via : bionluk.com

Suka atau benci (atau keduanya), tetapi Facebook (awalnya The Facebook), yang diluncurkan dari kamar asrama Mark Zuckerberg, adalah platform media sosial pertama yang mendapatkan popularitas di seluruh dunia.

Dari berhubungan dengan orang-orang yang Anda sekolah di sekolah menengah hingga merencanakan protes terhadap pemerintah, Facebook menyatukan orang-orang.

Tentu saja, itu juga menyebabkan segala macam perselisihan, termasuk ujaran kebencian dan “berita palsu”, yang sulit dibendung oleh platform tersebut.

11. Smartphone

Meskipun ponsel pintar (smartphone) sudah ada di awal tahun 2000-an, Apple membutuhkannya untuk menghadirkannya secara massal.

Setelah peluncuran iPhone pada tahun 2007, Steve Jobs mengumumkan App Store pada tahun 2008, yang mengubah permainan untuk selamanya.

Segera, jutaan orang (dan sekarang miliaran) mulai memasang perangkat lunak seperti Android dan sistem operasi lainnya yang memperluas kemampuan komputer di saku mereka.

12. Robot dan Artificial Intelligence (AI)

perkembangan teknologi, apa saja perkembangan teknologi di era sekarang ini, apa saja perkembangan teknologi di era sekarang, apa perkembangan teknologi saat ini, perkembangan teknologi informasi, perkembangan teknologi transportasi, perkembangan teknologi komunikasi, perkembangan teknologi saat ini, perkembangan teknologi di indonesia, perkembangan teknologi adalah, artikel perkembangan teknologi

Istilah “robot” diciptakan oleh dramawan Cekoslowakia Karel Capek pada tahun 1920 – “robota” menjadi kata bahasa Ceko untuk pekerjaan yang membosankan, tetapi robot industri nyata pertama dibuat pada tahun 1954 oleh George Devol.

5 tahun kemudian, Massachusetts Institute of Technology mendirikan Laboratorium Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan atau dalam upaya meniru pikiran dan tangan manusia secara mekanis.

Saat ini, robot merakit produk dengan lebih baik, lebih cepat, dan sering kali lebih murah daripada pekerja kasar, sementara lebih dari 8 juta penerbangan maskapai AS setahun dijadwalkan, dipandu, dan diterbangkan dengan bantuan manusia super dari perangkat lunak canggih.

Jadi apa perkembangan teknologi saat ini dan selanjutnya? Bisa jadi mobil self-driving, asisten robot, atau sesuatu yang bahkan belum kita pikirkan.

One thought on “12 Contoh Perkembangan Teknologi Hingga Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *