Daerah Penghasil Durian di Indonesia

SENTRA DURIAN DI INDONESIA

Karena syarat tumbuhnya yang tidak begitu sulit, durian mudah tumbuh di mana saja. Akan tetapi untuk dapat berproduksi tinggi, durian memerlukan tanah dan iklim yang sesuai.

daerah penghasil durian di indonesia, daerah penghasil buah durian di indonesia, daerah penghasil durian terbesar di indonesia, daerah penghasil durian terbaik di indonesia

Areal durian di Indonesia cukup luas dan hampir terdapat di seluruh kepulauan. Durian tidak hanya tumbuh di dataran rendah, tetapi juga mampu tumbuh di dataran menengah. Di Jakarta misalnya, yang berudara panas dan berketinggian tempat sangat rendah, durian masih bisa berbuah lebat. Begitu juga di Temanggung Jawa Tengah yang termasuk dataran menengah, durian bisa tumbuh baik.

Karena syarat tumbuhnya yang mudah itu, tak heran apabila buah yang beraroma khas ini begitu gampang diperoleh, terlebih pada saat panen tiba.

Persyaratan tanah dan iklim

Walaupun mudah tumbuh tetapi untuk berproduksi tinggi durian memerlukan syarat tumbuh yang sesuai. Sebagaimana tanaman lain, durian menghendaki tanah yang subur dan gembur. Kedalaman bagian yang gembur lebih dari 1 m. Tanah sebaiknya tidak bercadas dan ber-pH 6-7.Ketinggian tempat yang dikehendaki berkisar antara 0-800 m dpl, tapi yang terbagus antara 200-800 m dpl. Pada ketinggian 1.000 m dpl durian juga masih dapat tumbuh, hanya saja tidak dapat berbuah lebat.

Selain keadaan tanah, curah hujan pun turut memegang peranan penting.Durian memerlukan iklim yang basah dengan curah hujan yang tinggi antara 2.500-4.000 mm/tahun. Lebih disukai kalau curah hujan itu merata sepanjang tahun, atau paling sedikit jumlah bulan basahnya tidak kurang dari 9 bulan/tahun. Kelembapan yang dikehendaki berkisar antara 50-80%.

Di manakah daerah baru yang sesuai

Selain sentra durian yang ada, sebenarnya masih banyak daerah lain yang dinilai potensial sebagai penghasil durian. Penilaian itu didasarkan pada pengamatan data curah hujan dan ketinggian tempat daerah tersebut yang dicocokkan dengan ketinggian tempat dan jumlah curah hujan di daerah sentra durian yang pohonnya tumbuh baik dan berproduksi tinggi (seperti daerah Bogor dan sekitarnya).

You May Also Like

error: Content is protected !!