Eco Friendly Adalah? Berikut Penjelasannya

Hewata.com. Kita kerap dengar orang mempropagandakan tindakan eco friendly atau go green. Entahlah dalam iklan, paket sebuah produk, atau memang dibahas khusus pada suatu talk show. Yang jelas, pengetahuan mengenai eco-friendly membuat kita lebih berhati-hati dalam mempertahankan kesehatan planet dan semua penghuninya.

1. Pengertian Eco-Friendly

eco friendly, eco friendly packaging, eco friendly adalah, eco friendly products, eco friendly logo, eco friendly house, eco friendly packaging indonesia, eco friendly bag, eco friendly packaging for food, eco friendly food packaging, eco friendly bubble wrap, eco friendly meaning, eco friendly packaging adalah, eco friendly means, eco friendly lifestyle

Secara harfiah, eco-friendly ialah suatu hal yang tidak mendatangkan bahaya untuk lingkungan atau aman untuk bumi. Suatu hal yang diartikan kerap diperuntukkan pada bermacam produk, khususnya yang berperan melindungi sumber daya seperti energi dan air. Produk itu meminimalkan kerusakan atau pencemaran pada udara, darat, dan air. Kita sendiri dapat mengaplikasikan sikap saat menggunakan sumber daya tersebut.

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud dengan Kebugaran Jasmani?

2. Kualifikasi Produk

Perusahaan yang telah menggenggam tegar program ini, mempunyai arti telah berperan dalam menjaga keamanan untuk lingkungan dan manusia. Sekurang-kurangnya, produk mereka tidak memiliki kandungan racun. Demikian pula dengan material atau bahannya tidak mengganggu ekosistem, tanpa pestisida, dan bebas herbisida beracun. Atau, juga bisa berbentuk produk daur ulang yang datang dari plastik, kaca, logam, dan kayu.

3. Contoh Eco Friendly

Kita dapat berperanan dalam membuat lingkungan yang lebih sehat. Satu diantaranya dengan menghemat pemakaian energi. Misalkan dengan memadamkan lampu di ruang-ruang yang tidak terpakai. Kita bisa juga mengerjakan ide yang lebih besar. Entahlah dengan memberikan dukungan program daur ulang, pengurangan konsumsi bahan bakar, pengurangan pencemaran udara, dll.

Baca Juga :   Gerakan Manipulatif, Pengertian dan Contohnya

4. Greenwashing

Greenwashing ialah istilah yang kerap digunakan pihak organisasi atau perusahaan, khususnya sisi pemasaran, untuk mempromosikan atau memberi kesan-kesan jika produk mereka memangĀ  ramah lingkungan. Walau sebenarnya realitanya belum pasti sama sesuai janjinya.

Mereka umumnya hanya membidik customer yang sadar akan kondisi ekologi. Fokusnya bukan lingkungan, tetapi keuntungan besar. Karenanya, dianjurkan supaya kita lebih hati-hati lagi dan memperkaya informasi. Jika memang perlu, kita saring produk yang mana betul-betul lulus tes.

Jadi jelas, ya. Eco-friendly atau going green itu bukan sekedar kata serta jargon semata. Kenyataannya ke-2 istilah itu harus kita aplikasikan dalam sehari-hari.

error: