Tentang EM4 Pertanian dan Manfaatnya

Hewata.com. Apa yang dimaksud dengan Effective Microorganisms 4 (EM4)? em4 pertanian adalah kultur kombinasi dari mikroorganisme yang memberikan keuntungan untuk perkembangan tanaman.

EM4 Pertanian

EM4 diterapkan sebagai inokulan untuk menambah keberagaman serta komunitas mikroorganisme dalam tanah dan tanaman, yang seterusnya bisa meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, perkembangan, jumlah dan kualitas produksi tanaman.

cara menggunakan em4 pertanian, apa itu em4 pertanian, penggunaan em4 pertanian, dosis em4 pertanian, dosis penggunaan em4 pertanian, cara menggunakan em4 pertanian untuk membuat kompos, pupuk m4, kegunaan em4 pertanian harga em4 kuning, em4 tanaman, harga pupuk em4, em4 untuk tanaman buah, em4 untuk tanaman, pupuk em4 pertanian, harga cairan em4, em4 adalah

Gambar em4 pertanian – via : tokopedia

1. Darimanakah ide dan teknologi EM4 berasal?

Teknologi, ide dan pengaplikasian EM4 dalam sektor pertanian dan perkebunan bahkan peternakan sudah dilaksanakan secara dalam. Dalam rasio luas EM4 sudah diaplikasikan oleh petani organik di Jepang, Thailand, dan Brazil. Dari tahun 1989.

Baca Juga :   Kutu Putih: Hama Kopi Terganas

2. Apa EM4 cuman diaplikasikan pada tanah dan tanaman saja?

Selain diaplikasikan pada tanah dan tanaman, EM4 dapat diaplikasikan dalam pemrosesan sampah untuk percepat penguraian air sampah, membenahi tanah dasar tambak untuk percepat perkembangan ikan (perikanan) dan tambak udang.

3. Mikro Organisme apa yang terdapat dalam em4 pertanian dan bagaimana manfaatnya?

Mayoritas memiliki kandungan genus Lactobacillus (bakteri asam laktat), dan dengan jumlah sedikit bakteri fotosintetik, Streptomyces sp., dan ragi. EM4 tingkatkan dekomposisi sampah dan sampah organik, menaikkan ketersediaan nutrisi pada tanaman dan menekan aktivitas serangga hama serta mikroorganisme bakteri.

4. Bagaimanakan Cara Kerja EM4?

Langkah kerja EM4 sudah dipublikasi secara ilmiah yang memperlihatkan jika EM4 bisa (a) menekan perkembangan patogen tanah (b) memercepat dekomposisi sampah dan sampah organik (c) menambah ketersediaan nutrisi serta senyawa organik pada tanaman (d) menaikkan kegiatan mikroorganisme indigenus yang bermanfaat memberikan keuntungan, misalkan Mycorrhiza, Rhizobium, bakteri pelarut fosfat, dan sebagainya (e) memfiksasi nitrogen (f) mengurangi keperluan pupuk dan pestisida kimia.

Dengan itu, EM4 bisa menangani perkembangan mikroorganisme patogen yang selalu menjadi permasalahan pada budidaya monokultur dan budidaya tanaman semacam secara terus-terusan (continuous cropping).

Baca Juga :   20 Nama Nama Tanaman, Latin dan Nama Daerahnya

5. Apa tambahan bahan organik ke tanah merupakan satu hal yang mutlak?

Ya. Penambahan bahan organik (pupuk hijau, pupuk kandang/kompos, atau beberapa sisa tanaman) ke tanah sangat dibutuhkan untuk kehidupan mikroorganisme dalam tanah. Bahan organik dalam tanah difermentasi oleh EM4. Hasil fermentasi itu berbentuk gula, asam amino, alkohol, asam asetat, dan senyawa organik yang lain, yang bisa diserap langsung oleh perakaran tanaman.Apakah EM4 merusak lingkungan bila diterapkan dalam dosis yang tinggi secara kontinu?

Tidak. EM4 tidak merusak lingkungan bila diaplikasikan dalam jumlah yang tinggi secara kontinyu. Karena EM4 bukan mikroorganisme asing dan dengan alami telah ada dalam tanah. Populasi EM4 di alam akan diseimbangkan sesuai lingkungan (bahan organik, air, temperatur atau suhu, O2, dan sebagainya) yang ada dalam tanah.

6. Bisakah EM4 meningkatkan kualitas sampah atau organik, limbah organik pada industri?

Ya. EM4 sudah digunakan secara efisien untuk menginokulasi sampah organik pertanian, sampah kota dan sampah organik industri untuk melenyapkan bau busuk yang ditimbulkannya dan percepat proses penguraian sampah organik itu. EM4 dipakai dalam pengomposan pada bermacam jenis sampah organik.

7. Bagaimana EM4 bisa menekan perkembangan serangga hama?

Hasil riset memperlihatkan jika EM4 bisa memfermentasi bahan organik yang ada dalam tanah dengan melepas hasil fermentasi berbentuk gula, alkohol, vitamin, asam laktat, asam amino, dan senyawa organik yang lain. Fermentasi bahan organik tidak melepaskan panas serta gas yang memiliki bau busuk. Serangga hama tidak berminat untuk bertelur atau melepas telurnya dalam keadaan tanah tersebut. Pada akhirnya transisi hidup serangga dalam tanah dan tanaman jadi terputus, dan tingkat serangan hama jadi menurun.

Baca Juga :   Cara Menanam Melinjo yang Baik dan Benar

8. Apa EM4 dapat menekan perkembangan nematoda parasit tanaman?

Ya. Hasil fermentasi bahan organik sudah membuat keadaan yang baik untuk pertumbuhan jamur pemangsa nematoda (nematode trapping fungi), yang bisa menurunkan komunitas nematoda parasit tanaman dalam tanah.

9. Bila EM4 bisa menguasai serangga hama, nematoda, dan penyakit tanaman, apa EM4 adalah pestisida?

Bukan. EM4 bukan merupakan pestisida dan tidak memiliki kandungan bahan kimia. EM4 sebagai mikroorganisme inokulan yang dikenalkan pada tanah dan tanaman, berperan sebagai pengontrol biologis dalam mendesak / mengontrol hama / penyakit tanaman, lewat proses alami dengan meningkatkan aktivitas persaingan antagonistik pada mikroorganisme dalam inokulan EM4.

10. Harga EM4 Pertanian

Harga EM4 Pertanian ukuran 1 liter di toko online berkisar antara 50.000 – 100.000 rupiah.

error: