Fakta Menarik Tentang Kuda

Fakta Mengagumkan Tentang Kuda

fakta kuda, kuda, kuda poni, kuda adalah, kuda artinya, kuda adalah hewan, kuda balap, kuda ciri cirinya, kuda dan keledai, kuda hitam, kuda hitam artinya, kuda kepang, kuda putih, kuda poni asli, kuda poni cantik, kuda perang, pacuan kuda , kuda unik, kuda warna, kuda warna warni, kuda warna hitam, kuda yang bagus

Kuda telah ada selama 50 juta tahun. Sejarah manusia kita sendiri sangat dibentuk oleh kemitraan kita dengan makhluk-makhluk ini, dan mereka juga dibentuk oleh kita; sejak memelihara kuda 6.000 tahun yang lalu, manusia telah menciptakan ratusan ras, digunakan untuk segala hal mulai dari balapan dan perang hingga membajak dan menarik gerobak dan kereta.

Berikut adalah fakta menarik yang mungkin tidak pernah Anda ketahui tentangnya.

1.Kuda Memiliki Berbagai Macam Penglihatan

Mata kuda terletak di sisi kepalanya, sehingga memiliki jangkauan penglihatan yang luas. Mereka dapat melihat hampir 360 derajat dan memiliki titik buta tepat di depan dan di belakang tubuh mereka.

Kuda kebanyakan menggunakan penglihatan monokuler, saat kedua mata digunakan secara terpisah. Itu berarti seekor kuda dapat melihat dan memproses berbagai hal yang terjadi di berbagai sisi tubuhnya. Saat seekor kuda beralih ke penglihatan binokuler, itu untuk memfokuskan kedua mata pada satu objek di depannya.

2. Kuda Tidak Bisa Muntah

Kuda secara fisik tidak mampu muntah. Ada sejumlah alasan anatomis untuk hal ini, seperti kekuatan otot di kerongkongan, cara khusus menghubungkan kerongkongan ke perut kuda, dan lokasi perut itu sendiri.

Alasan evolusioner untuk ini tidak diketahui secara pasti, tetapi satu teori menyatakan bahwa ini bersifat protektif. Gerakan maju-mundur dari kecepatan penuh secara teoritis dapat menyebabkan muntah yang memungkinkan pemangsa menangkapnya, jadi evolusi mungkin telah menghilangkan kekhawatiran sepenuhnya.

3. Kuda Mempunyai Persamaan Dengan Badak

Kuda adalah anggota genus Equus, yang dianggap satu-satunya kelompok yang masih ada dalam keluarga kuda. Genus tersebut tidak hanya mencakup kuda peliharaan (Equus caballus) tetapi juga kuda Przewalski, zebra, dan keledai seperti keledai.

Tapi mereka bukanlah kerabat terdekat kuda itu. Sebagai hewan berkuku jari kaki ganjil, kuda paling dekat kerabatnya dengan badak yang berpelukan serupa.

4. Kuda Poni dan Miniatur Kuda Berbeda

Semua kuda miniatur adalah kuda poni, tetapi tidak semua kuda poni adalah kuda miniatur. Setiap kuda yang lebih pendek dari 14,2 tangan (58 inci) di layu memenuhi syarat sebagai kuda poni. Kuda miniatur berukuran antara 34 dan 38 inci, yang menempatkan mereka tepat di kategori kuda poni selain menjadi kelompok mereka sendiri.

Namun, banyak penggemar menganggap kuda poni miniatur sebagai jenis kuda yang berbeda karena mempertahankan proporsi tubuh kuda standar, tidak seperti kuda poni yang memiliki kaki lebih pendek, tubuh lebih panjang, dan tubuh kekar secara keseluruhan.

5. Gigi Kuda Berisi Banyak Informasi

Banyak yang bisa dipelajari tentang kuda melalui giginya, mulai dari jenis kelaminnya. Kuda jantan dan betina memiliki jumlah gigi yang berbeda; laki-laki memiliki 44 sementara perempuan memiliki antara 36 dan 44. Jadi jika Anda pernah melihat tengkorak kuda, Anda mungkin dapat membedakan jenis kelaminnya hanya dengan menghitung giginya. Anda juga bisa memperkirakan usia kuda dengan melihat giginya.

6. Kuda Memiliki Telinga Berotot

Telinga kuda mungkin kecil, tapi kuat. Setiap telinga berisi 10 otot (dibandingkan dengan tiga manusia) dan dapat bergerak 180 derajat, dari menghadap langsung ke depan menjadi langsung ke belakang. Mereka juga dapat membedakan dan mengidentifikasi suara yang berbeda dengan mengarahkan pendengarannya ke area tertentu.

Kuda juga menggunakan telinganya untuk berkomunikasi, seperti dengan menjepitnya ke belakang untuk menunjukkan kemarahan atau untuk bimbingan. kuda ditemukan membuat keputusan berdasarkan ke mana telinga orang lain menunjuk, memberi tahu kita bahwa hewan mungkin menggunakan telinganya untuk mengarahkan satu sama lain.

7. Wajah Lucu Kuda

Saat seekor kuda mengerutkan bibir atasnya dan mengangkat kepalanya ke udara, banyak orang melihatnya sebagai wajah lucu atau ekspresi tawa, tapi itu tidak akurat.

Perilaku ini disebut respons flehmen, dan ini tentang mendapatkan bau yang lebih baik dari bau yang menarik. Tindakan ini memungkinkan feromon dan aroma lain untuk ditransfer ke organ vomeronasal (VMO), yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak yang dapat memicu reaksi fisiologis dan perilaku.

Kuda jantan menunjukkan respons flehmen paling sering saat mereka mengambil feromon kuda. Mares akan flehmen segera setelah lahir sebagai respon terhadap feromon anak kuda mereka yang baru lahir.

8. Kuda Sangat Cerdas

Kuda adalah makhluk cerdas, Kuda menggunakan masukan dari beberapa indera untuk mengidentifikasi – dan mengingat – orang. Kuda-kuda mampu membedakan antara manusia yang akrab dan yang tidak dikenal hanya dengan suara mereka (tanpa menggunakan penglihatan atau penciuman). Kuda juga bisa melakukan yang sebaliknya, membedakan hanya dengan melihat dan mencium orang-orang, bukan mendengar suara mereka.

 

 

You May Also Like

error: Content is protected !!