Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing?

Posted on

Hewata.com. Sebelum kita mencari tahu bagaimana dan kapan kucing tumbuh dan apa saja saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Kucing, ada baiknya untuk memahami tahap kehidupan dasar kucing.

pertumbuhan kucing, apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing, pertumbuhan kucing dari kecil hingga dewasa, tahapan pertumbuhan kucing, tahap pertumbuhan kucing, gambar pertumbuhan kucing, proses pertumbuhan kucing

1. Tahapan pertumbuhan kucing

Hari Pertama Kehidupan – Minggu Ke 2: Mata Kucing Mulai Terbuka

Ketika anak kucing lahir, saluran penglihatan (mata) dan pendengarannya (telinga) masih tertutup. Mereka responsif terhadap perubahan suhu dan sentuhan serta isyarat penciuman, tetapi sangat bergantung pada induk mereka.

Pada minggu kedua kehidupan, mata anak kucing mulai terbuka, walaupun penglihatannya masih tidak begitu jelas. Mereka juga mulai merespon suara.

Minggu Ke 3: Anak Kucing Mulai Berjalan

Pada minggu ke tiga, koordinasi motorik anak kucing (kitten) mulai berkembang dan ia akan mulai berjalan-jalan dan menjelajahi sekelilingnya, tetap dekat dengan ibu dan teman-temannya.

Menurut pakar, bahkan penting pada usia yang sangat dini ini, untuk membiasakan anak kucing digendong dan berinteraksi dengan lembut setiap hari.

Minggu 4: Anak Kucing Mulai Bermain Sosial

Pada minggu keempat kehidupan, anak kucing menjadi lebih nyaman untuk bergerak, walaupun biasanya mereka tetap dekat dengan ibunya.

Baca Juga :   Mengenal Kelinci California

Ini adalah usia ketika mereka mulai membedakan vokalisasi kucing dan terjun ke permainan sosial. Keseimbangan anak kucing akan meningkat selama tahap kehidupan ini.

Minggu 5 & 6: Permainan Anak Kucing Menuju ke Permainan Kucing Dewasa

Pada minggu kelima dan keenam, anak kucing akan mulai berperilaku lebih seperti kucing dewasa dalam hal bermain.

Ini adalah saat Anda harus benar-benar bisa bersosialisasi dengan anak kucing yang sedang tumbuh, mengajarinya cara bermain dengan aman dan mencegah menggigit.

Pada usia lima minggu, anak kucing akan mulai berlari, dan pada usia enam minggu ia akan bermain dengan benda-benda.

Minggu 7 hingga 16: Anak Kucing Terus Menjadi Dewasa

Anak kucing akan terus tumbuh lebih besar dan lebih berat saat ia mencapai kedewasaan, dan ras yang berbeda menyelesaikan pematangan pada usia yang berbeda.

Keinginan anak kucing untuk bermain benar-benar meningkat pada saat ini, tetapi akan terus berlanjut hingga dewasa.

Saat Anda terus bermain dan bersosialisasi dengan anak kucing Anda, sekaranglah waktunya untuk membuat rutinitas perawatan yang nyaman.

Baca Juga :   Demodecosis Penyebab Penyakit Kulit Anjing

Mulailah memotong kuku anak kucing yang terlihat panjang dan menyisir atau menyikat bulunya.

2. Siklus Kehidupan Kucing

Periode dan tahapannya pasti bervariasi dari kucing satu ke kucing lain, tetapi siklus hidup kucing dapat dipecah menjadi lima tahap.

Kitten (0-6 bulan) : Kucing tumbuh paling cepat dan paling banyak berubah pada tahap awal perkembangan ini. Ini juga fase mereka yang paling mudah dipengaruhi.

Anak kucing memiliki kebutuhan bermain yang sangat tinggi. Sekarang adalah waktu terbaik untuk pengenalan positif bertahap kepada orang-orang dan hewan peliharaan lainnya.

Junior (6 bulan hingga 2 tahun) : Kucing melanjutkan pertumbuhan dan kedewasaannya. Penting untuk terus bermain dengan kucing Anda selama tahap ini, sehingga ia merasa nyaman dan percaya diri.

Prime Adult (3-6 tahun) : Pada tahap ini, kucing telah menetap dalam kehidupan mereka, dan mereka biasanya dalam kondisi prima yang sehat.

Dewasa (7-10 tahun): Sama seperti manusia, kucing menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia, dan mereka lebih rentan untuk menambah berat badan dan mengembangkan masalah kesehatan seperti penyakit ginjal dan diabetes.

Baca Juga :   Ferret Berkaki Hitam Sebagai Hewan Peliharaan

Senior (11-14 tahun): Umur kucing bervariasi, tetapi saat mereka menjadi kucing senior atau tua, kesehatan mereka sering mulai memburuk.

3. Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

Pertumbuhan kucing tidak hanya dipengaruhi oleh jenis, tetapi juga oleh makanan. Anak kucing perlu mengkonsumsi sejumlah besar kalori harian selama tahap pertama kehidupan mereka untuk mencapai ukuran yang tepat.

Namun, jika kucing tidak diberi makan dengan benar, maka pertumbuhannya dapat terhambat, itulah sebabnya banyak anak kucing liar lebih kecil daripada rekan-rekan mereka yang dikandangkan atau dipelihara dengan baik.

Selain pola makan dan jenis kucing, usia saat kucing dimandulkan atau dikebiri juga mempengaruhi laju pertumbuhannya.

Menurut penelitian terbaru faktor yang mempengaruhi pertumbuhan Kucing juga terkait dengan kebiri, kucing yang dimandulkan atau dikebiri di awal kehidupannya akan tumbuh lebih besar daripada kucing yang tidak sampai dewasa.

Juga, beberapa penyakit seperti dwarfisme dan kelainan bentuk tulang dapat menyebabkan pertumbuhan kucing yang menderita terhambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.