Ferocactus, Kaktus Cantik yang Berduri Kuat

Hewata.com. Kaktus umumnya memang berduri, tetapi Ferocactus punya keistimewaan tersendiri. Durinya besar-besar, kekar dan juga berwarna-warni sehingga memberi kesan gagah dan tegar, tetapi tetap menawan.

Nama Ferocactus sendiri mempunyai arti Ferocious cactus (kaktus buas) gara-gara mempunyai duri yang besar, kuat dan tama. Kalau biasanya kaktus menarik karena bentuk badan dan bunganya, Ferocactus justru durinya yang tampil sebagai daya tarik utamanya.

Duri yang besar dan kokoh memenuhi seluruh permukaan tubuhnya seolah-olah sebagai pelindung yang beraneka warna. Bentuk badan tanaman ini ada yang bulat, tetapi ada juga yang memanjang. Daya tarik lainnya adalah ukuran tubuhnya yang cenderung lebih besar daripada jenis kaktus lainnya. Ternyata tanaman ini banyak jenisnya. Berikut ini beberapa jenis ferocactus di antaranya :

1. Ferocactus acanthodes

ferocactus varieties, types of ferocactus, ferocactus cactus, ferocactus sp, ferocactus types, cactaceae ferocactus

Kaktus ini merupakan salah satu anggota Ferocactus yang patut dibanggakan. Tubuhnya tergolong raksasa, diameternya mencapai 40-45 cm. Bentuk tubuhnya bulat dengan lekuk-lekuk yang tidak terlalu tajam. Warna batangnya hijau dan penuh duri merah mudah yang jauh lebih dominan daripada warna tubuhnya. Duri itu juga besar, kekar dan tajam. Panjangnya 12 cm dan lebarnya 2 – 33 mm/ bila dilihat lebih seksama, durinya mempunyai motif garis vertikal.

2. Ferocactus stainesii

ferocactus stainesii, ferocactus sp, ferocactus identification, ferocactus varieties, ferocactus seeds, ferocactus types, ferocactus cactus

Ferocactus stainesii – znm.org.mk

Warna tubuhnya hijau dengan lekuk yang tajam sekali. Duri merah yang menghiasi tubuh lebih keras dan kaku di banding saudaranya di atas. Panjangnya 7 – 8 cm. Kaktus ini pun mempunyai motif garis vertikal pada durinya. Diameter tubuhnya yang bulat hanya 35 cm. Yang menonjol dan mengesankan dari kaktus jenis ini adalah warna durinya yang sangat kontras dengan warna tubuhnya.

Baca Juga :   9 Jenis Anggrek Spesies Asli Papua, Indonesia!

3. Ferocactus repphenhagenii

Ferocactus repphenhagenii

Tubuhnya yang bulat juga berwarna hijau cerah dan mempunyai lekuk yang tajam. Ukurannya pun cukup besar, dengan diameter 20 – 25 cm, penuh ditaburi duri cantik berwarna kuning menarik. Dibanding dengan jenis lain, ukuran durinya memang lebih kecil (kira-kira 3 – 4 cm), tetapi meskipun demikian, duri ini tetap tak mengurangi kesan kekar.

4. Ferocactus emoryi

ferocactus sp, ferocactus varieties, ferocactus seeds, ferocactus types, ferocactus cactus, types of ferocactus, kinds of ferocactus

Yang ini mempunyai bentuk tubuh berbeda-beda. Sebenarnya bulat juga dengan lekukan yang tidak tajam, tetapi di setiap puncak lekukan muncul tonjolan-tonjolan yang ujungnya ditumbuhi duri. Anehnya, duri ini merah dan putih. Panjangnya 4-5 cm sungguh menyolok diantara warna tubuhnya yang kelabu agak keungu-unguan, dengan diameter 8 – 9 cm.

Baca Juga :   22 Jenis Aglaonema, Nama dan Gambarnya

5. Ferocactus speciosa

Berbeda dari yang lain, yang ini bentuknya tidak bulat melainkan memanjang. Bagian bawah lebih kecil dan makin ke atas diameter tubuhnya makin besar. Tubuhnya hijau tua dengan duri merah bata. Duri di bagian bawah lebih kecil dan lebih pendek, daripada duri di bagian atas. Berbeda dari Ferocactus yang lain, duri di bagian atas ini seperti duri pengait.

error: