12 Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Hewata.com. Film Detektif Terbaik. Umumnya, film dibuat untuk membuat penonton jadi terhibur. Kita hanya duduk dan menyaksikan dari awal sampai akhir. Ada adegan lucu, kita tertawa. Ada adegan sedih, kita bersimpati. Beberapa judul bahkan sudah bisa ditebak bagaimana jalan cerita dan ending-nya.

Namun ada pemirsa, termasuk kamu, yang lebih menyenangi film-film detektif. Karya ini biasanya bikin otakmu berputar. Kamu tak hanya diam dan menelan semuanya mentah-mentah, melainkan ikut berpikir memecahkan teka-teki yang ada.

Karena sudah hobi, tentu kamu asyik-asyik saja. Bahkan ada daya tarik tersendiri ketika kamu ikut mengurai benang kusut dalam ceritanya yang penuh teka-teki. Semakin rumit, semakin tertantang. Kamu tak hanya merasa puas, wawasanmu juga akan bertambah secara otomatis.

Film Detektif Terbaik

Film detektif apa yang dimaksud? Cekidot!

1. Sherlock Holmes (2009)

film detektif terbaik, film.detektif terbaik, film tentang detektif, film detektif barat, film barat detektif, nonton film detektif, daftar film detektif, judul film detektif, film detektif sub indo, film detektif rekomendasi

Para pecinta film misteri atau teka-teki pasti sudah familiar dengan nama karakter fiksi ini. Apalagi kalau kamu juga fans dari Sir Arthur Conan Doyle, yang tak lain adalah pencipta detektif ternama ini. Sherlock Holmes dikenal sebagai detektif dan ilmuwan unik, eksentrik, dan cerdas. Film yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. ini juga mendapat review positif, sehingga seri yang ketiga tengah digarap juga.

2. Angel Heart (1987)

Film bergenre neo-noir psychologicalhorror ini diadaptasi dari novel Falling Angel karyanya William Hjortsberg. Ceritanya Louis Cyphre menyewa detektif swasta bernama Harry Angel. Dia meminta agar sang detektif menemukan seorang penyanyi band bernama Johnny Favorite, sebab dia memiliki utang yang cukup besar. Anehnya, sang penyanyi yang itu tak ditemukan batang hidungnya sampai 10 tahunan. Kasusnya semakin rumit sebab bersinggungan dengan ritual voodoo dan kisah asmara. Namun mohon untuk dipertimbangkan, sebab film ini mengandung scene yang cukup sensual.

Baca Juga :   15 Judul Film Barat Romantis Fantasi Terbaik

3. Memento (2000)

Film tentang detektif terbaik dengan alur mundur ini kemungkinan besar sukses memeras otak para penontonnya. Ceritanya, Leonard Shelby adalah seorang lelaki penderita short-termmemory, atau ingatan jangka pendek. Kekurangannya tersebut membuat misinya untuk mencari pelaku pemerkosa sekaligus pembunuh istrinya jadi rumit. Namun dia mensiasatinya dengan memanfaatkan kamera polaroid. Dia bahkan mentato seluruh tubuhnya dengan catatan demi catatan.

4. Zodiac (2007)

Dasar cerita film ini diambil dari buku karya Robert Graysmith yang berjudul Zodiac. Judul tersebut diambil dari nama seorang pembunuh berantai yang beraksi di tahun 60-an sampai 70-an. Selain menghabisi seseorang, sang pembunuh juga kerap mengirimkan aneka surat atau pesan pada media massa. Isinya sendiri berupa kode rahasia tentang identitas sekaligus perbuatan kejamnya. Namun tentu saja pesannya sulit dipahami dan diperlukan analisa khusus untuk menerjemahkan atau memaknainya.

5. True Detective (2014)

Seri TV ini menampilkan duet apik antara Matthew McConaughey dan Woody Harrelson. Mereka menjadi detektif yang bermitra untuk mengurai kasus pembunuhan berantai. Namun problem yang mereka hadapi cukup pelik. Pasalnya, aksi keji tersebut disertai dengan sejumlah ritual dan penuh dengan teka-teki. Korban semakin berjatuhan, tetapi mereka tetap berupaya keras untuk memburunya.

6. Mystery Road (2013)

Film keren ini mengangkat suku asli Australia, yakni Aborigin. Ceritanya, seorang pengemudi truk menemukan mayat gadis yang sudah membusuk. Usut punya usut, sang remaja malang adalah seorang aborigin bernama Julie Mason. Sementara detektif yang menanganinya adalah Jay Swan. Analisa dan penyelidikan kasusnya malah membawanya ke dunia prostitusi remaja aborigin, pengedaran obat-obatan terlarang, keterbatasan pendidikan, dan kemiskinan. Proses pemecahan masalahnya pun penuh dengan teka-teki.

Baca Juga :   10 Film Barat Tentang Mafia Terbaik, Paling Seru!

7. Mindhunters (2004)

Jake Harris adalah seorang agen FBI yang mengawal pasukan khusus untuk latihan simulasi di sebuah pulau terpencil. Seseorang bernama J.D. memimpin operasi tersebut. Mereka berusaha menangkap pembunuh berantai imajiner, lengkap dengan teka-teki dan kerumitan kasusnya. Anehnya, para pesertanya malah tumbang satu per satu. Mereka terbunuh secara misterius. Para pasukan yang tersisa pun saling waspada dan curiga. Siapa tahu, pembunuh tersebut ada di tengah-tengah mereka.

8. L.A. Confidental (1997)

Film kriminal neo-noir ini diangkat dari novel berjudul sama yang dirulis oleh James Ellroy, dan rilis di tahun 1990. Ceritanya tentang tiga polisi yang memiliki perbedaan kepribadian, obsesi, dan motivasi. Tetapi mereka memiliki misi yang sama untuk mengurai kasus pembunuhan di sebuah kedai kopi, tepatnya yang ada di pusat kota Los Angeles. Pembunuhan itu sendiri terjadi di tahun 1950-an.

9. Prisoners (2013)

film tentang detektif, rekomendasi film detektif, film detective terbaik, film tentang detektif jenius, film tentang teka teki, rekomendasi film teka teki, film detektif barat, film barat detektif, film teka teki pembunuh, film bertema detektif, daftar film detektif, film detektif terbaik

Film detektif terbaik yang mempertemukan Hugh Jackman dan Jake Gyllenhaal ini berdurasi lebih dari 2 jam. Ceritanya diawali ketika keluarga Keller tengah merayakan hari Thanksgiving di rumahnya keluarga Franklin Birch. Tanpa mereka sadar, dua anak mereka hilang. Kepanikan dan kemarahan membuat mereka kalap, menyangka ini-itu, dan menuduh sana-sini. Detektif Loki berusaha menemukan anak-anak, mencari tahu siapa pelakunya, dan menelusuri motif di balik tindakannya. Siapa sangka, kasusnya begitu berbelit-belit dan banyak clues yang harus dipecahkan.

Baca Juga :   12 Film Hugh Jackman Terbaik

10. Gone Girl (2014)

Aktor ganteng Ben Affleck berperan sebagai Nick, lelaki yang menikahi Amy, perempuan yang jarang bersosialisasi dengan tetangganya sendiri. Menurutnya, dia sudah menjadi suami yang pengertian dan bertanggung-jawab. Tetapi dia memang menyembunyikan dosa besar, yakni selingkuh.

Suatu hari, Amy hilang dan di rumahnya terdapat banyak darah. Nick langsung menghubungi polisi dan meminta mereka untuk menyelidikinya. Pihak kepolisian justru mencurigai Nick sendiri yang membunuh dan menyembunyikan mayat istrinya. Pasalnya darah yang berceceran di lantai sudah dibersihkan, buku harian Amy menyebutkan kalau dia terancam oleh Nick, dan ekspresi Nick yang aneh. Ketika tampil di publik pun dia tidak memancarkan wajah sedih, melainkan senyum-senyum. Tetapi kita akan dibikin bingung lagi, sebab Amy ternyata baik-baik saja. Warning! Terdapat scenes sadis, seks, dan kata-kata kasar.

11. CSI: Crime Scene Investigation

Seri TV ini mengisahkan tentang tim khusus yang menginvestigasi kasus kriminal. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, dan bekerja di bawah kepolisian Las Vegas. Kehidupan kota yang keras memunculkan banyak kasus kriminal. Entah itu perampokan, pembunuhan, atau pun perkara lain yang bahkan bikin pusing pihak kepolisian.

12. Naval Criminal Investigative Service (NCIS)

Senada dengan CSI, NCIS juga merupakan seri TV yang menceritakan tim fiksi berisi agen spesial bernama NCIS. Hebatnya, mereka tak hanya menangani kasus-kasus kriminal yang melibatkan orang-orang umum. Pihak elit pejabat pun tak luput dari perhatian, termasuk dari kalangan Korps Marinir dan Angkatan Laut.

Mohon maaf kalau adaspoiler yang dinilai eksesif. Tetapi setuju ‘kan kalau sinopsisnya saja sudah seru?

Dan sekali lagi, mohon pertimbangkan kembali untuk menyaksikannya, apalagi kalau terdapat adegan-adegan yang kurang nyaman.

error: