15 Film Horor Jepang Terseram, Paling Menakutkan Sepanjang Masa

Posted on

Hewata.com. Punya nyali menonton film horor Jepang?

Jepang menjadi salah-satu produsen film seram yang seringkali tak diragukan. Beberapa film mereka kerap masuk dalam jajaran film horor paling menakutkan, baik di kancah Asia maupun sekelas dunia. Daftar di bawah ini juga sepertinya akan masuk dalam judul film yang tak ingin kamu saksikan seorang diri.

Film Horor Jepang Terseram

Namanya juga list, kontennya bisa berbeda-beda. Judul X belum tentu menakutkan bagi Si A. Sebab dia menganggap kalau judul Z itu lebih menyeramkan. Belum lagi jika datang judul-judul lain yang lebih sukses membangkitkan bulu kuduk.

Tetapi sampai sekarang, berikut ini top 15 film horor Jepang terbaik dan paling menyeramkan sepanjang masa. Jom!

1. Ju-on: The Grudge (2003)

Deretan, film film horor Jepang, film horor Jepang, film horor Jepang paling seram, film horor Jepang rating tertinggi, film horor Jepang rekomendasi, film horor Jepang terbaik, film horor Jepang terseram, film horor terseram Jepang, film seram Jepang, film.hantu Jepang

Sutradara: Takashi Shimizu

Pemain: Megumi Okina, Misaki Ito, Kayoko Shibata, Risa Matsuda, Kanji Tsuda

Sinopsis:

Cerita film terinspirasi dari legenda yang berkembang di masyarakat. Intinya ada seseorang yang meninggal akibat pengaruh kekuatan iblis yang jahat, untuk kemudian meninggalkan kutukan misterius. Adalah Rika, pekerja sosial yang mulai mencium isu kutukan ini pasca ia mengunjungi sebuah rumah yang dihuni oleh seorang perempuan.

Rumah tersebut sangat kumuh tak terawat. Di sana ia kemudian menemukan Toshio, bocah lelaki yang menakutkan. Suara yang seperti katak semakin menambah keanehan dan aura mistisnya. Toshio rupanya hantu yang tak sendiri. Dia bersama ibunya yang juga menjadi makhluk halus di rumah tersebut. Keduanya hendak mencuri kehidupan yang dimiliki oleh si empunya rumah.

2. Ring/ Ringu (1998)

film horor jepang, nama judul film horor jepang

Sutradara: Hideo Nakata

Pemain: Nanako Matsushima, Hiroyuki Sanada, Miki Nakatani, Hitomi Sato, Yuko Takeuchi

Sinopsis:

Tagline-nya sangat mengundang penonton; one curse – one cure – one week to find it. Lagi-lagi, ceritanya memang berkisar tentang kutukan. Diketahui kalau video tertentu yang bisa mengundang kematian bagi siapa pun yang melihatnya, tepat seminggu setelahnya.

Hal tersebut terjadi pada keponakan Reiko dan tiga temannya. Sebagai seorang reporter yang haus investigasi, dia kemudian mencobanya sendiri. Benar saja, dirinya langsung mengalami aneka keganjilan.

Termasuk dengan menghadapi panggilan telepon misterius, serta penglihatan yang sudah mulai menangkap sesuatu yang tak biasa. Tetapi konfliknya semakin menegangkan pasca anak lelaki Reiko melihat video tersebut. Dia yang berpacu dengan waktu untuk misi investigasi kemudian harus semakin terbebani dengan taruhan nyawa sang anak.

3. Audition (1999)

film horor jepang rekomendasi, jepang horor, boneka horor jepang, film jepang horor komedi subtitle indonesia, film horor jepang paling seram, film horor terseram jepang, film jepang horor terbaru, youtube film horor jepang

Sutradara: Takashi Miike

Pemain: Ryo Ishibashi, Miyuki Matsuda, Eihi Shiina, Renji Ishibashi, Tetsu Sawaki

Sinopsis:

Ceritanya diangkat dari novel “Audition” karya Ryu Murakami, yang rilis dua tahun sebelum filmnya dibuat. Film ini mengisahkan bagaimana seorang duda bernama Aoyama mengikuti saran anak lelakinya.

Baca Juga :   10 Film Gangster Asia: Sekolah dan Persahabatan Terbaik

Mereka mengadakan semacam audisi untuk menemukan isteri baru bagi sang duda. Meski digelar dengan tak begitu serius, namun Aoyama kemudian jatuh hati pada Asami. Si perempuan itu sendiri meresponsnya.

Mereka kemudian mulai melakukan pendekata. Tetapi seiring berjalannya, masa lalu Asami mulai memburu dan memengaruhi hubungan mereka. Warning keras, sebab film berdurasi sekitar 115 menit ini begitu eksplisit.

4. Dark Water (2002)

film horor jepang sub indonesia, film horor jepang terbaik, film horor jepang berdasarkan kisah nyata, film horor hantu jepang, nonton film horor jepang, rekomendasi film horor jepang terseram, film horor jepang paling seram, download film horor jepang, film horor di jepang, kumpulan film horor jepang

Sutradara: Hideo Nakata

Pemain: Hitomi Kuroki, Shigemitsu Ogi, Rio Kanno, Mirei Oguchi, Asami Mizukawa

Sinopsis:

Sutradara film Ring atau Ringu yang mengarahkan film ini, sehingga kita bisa siap-siaga untuk merasa sangat tegang. Jalan ceritanya sendiri cukup sederhana. Yakni tentang seorang perempuan yang tengah dalam proses perceraian.

Demi alasan keamanan dan kenyamanan, ia memutuskan untuk membawa anak perempuannya ke sebuah apartemen. Tempatnya sendiri terlihat begitu berantakan dan sudah memiliki aura horor. Tujuannya malah berbanding terbalik.

Sebab tempat itu mulai menunjukkan banyak keanehan, termasuk dengan keadaan langit-langit yang selalu bocor serta gangguan lain yang sangat ganjil. Misalnya seperti kemunculan buku seorang anak yang tiba-tiba serta makhluk halus yang berkelebatan.

5. One Missed Call (2003)

kumpulan film horor jepang, film horor jepang angin pembunuh, film horor jepang boneka, daftar film horor jepang, film horor jepang netflix, film horor terseram di jepang, streaming film horor jepang, sinopsis film horor jepang

Sutradara: Takashi Miike

Pemain: Kou Shibasaki, Shinichi Tsutsumi, Kazue Fukiishi, Anna Nagata, Renji Ishibashi, Atsushi Ida, Mariko Tsutsui

Sinopsis:

Di bawah arahan sutradara film Audition, One Missed Call menjelma menjadi tayangan yang sangat mengerikan. Ceritanya sendiri diadaptasi dari novel karangan Yasushi Akimoto yang berjudul “Chakushin Ari”.

Film ini bahkan sudah dibuatkan remake versi Amerikanya, yang sudah rilis pada tahun 2008 lalu. Dikisahkan kalau Yumi Nakamura memiliki teman bernama Yoko yang meninggal secara tak wajar. Dia diketahui menerima sebuah pesan suara yang misterius.

Anehnya, tanggal yang tercantum itu dua hari setelahnya. Yoko bahkan mendengar suara jeritan dirinya sendiri. Rupanya tanggal tersebut menandakan waktu meninggalnya si penerima pesan. Yumi Nakamura kemudian mengalami hal yang sama.

Sontak saja, mahasiswi Psikologi tersebut bergerak demi menyelamatkan nyawanya. Ia juga terus berjuang membongkar misteri di balik kemisteriusan yang ada.

6. Ju-on: The Grudge 2 (2003)

film horor jepang angin pembunuh, film horor jepang boneka, daftar film horor jepang, film horor jepang netflix, film horor terseram di jepang, streaming film horor jepang

Sutradara: Takashi Shimizu

Pemain: Noriko Sakai, Chiharu Niiyama, Kei Horie, Yui Ichikawa, Ayumu Saito, Emi Yamamoto, Erika Kuroishi, Kaoru Mizuki

Sinopsis:

Ya, yang satu ini merupakan sekuel dari Ju-on: The Grudge yang sudah lebih dahulu membuat jantung bekerja ekstra. Sutradaranya masih sama, namun para pemainnya mengalami perubahan.

Ceritanya sendiri masih berkutat pada kutukan di sebuah rumah yang ada di daerah Nerima. Siapa pun yang masuk dan menempati sosok yang menebar kutukan itu, seorang ibu rumah tangga yang dibunuh, maka ia akan terkutuk.

Tetapi hal itu tak menghalangi ambisi seorang sutradara show horor untuk menggunakan rumah Nerima sebagai setting tempat syutingnya. Ia bahkan mengundang ratu film horor bernama Kyoko Harase, yang kemudian terkena kutukan juga. Pembangkangan tersebut nyata-nyata sudah mengundang masalah rumit tersendiri.

7. Battle Royale (2000)

film jepang cinta beda usia, film jepang yang dilarang tayang, film jepang tentang game kematian, film jepang tentang bullying, film jepang tentang geng, film jepang seperti squid game, film jepang permainan kematian, film jepang horor tentang permainan, film jepang yang mirip dengan squid game, film jepang persahabatan

Sutradara: Kinji Fukasaku

Pemain: Tatsuya Fujiwara, Aki Maeda, Taro Yamamoto, Masanobu Ando, Kou Shibasaki, Takashi Tsukamoto, Sosuke Takaoka, Chiaki Kuriyama, Eri Ishikawa, Hitomi Hyuga

Baca Juga :   10 Film Barat Tentang Gangster Jalanan Terbaik

Sinopsis:

Film ini memberi pertanyaan serius yang membuat kita berpikir keras; bisakah kita bersikap tega untuk membunuh teman atau sahabat sendiri? Hal ini dikarenakan jalan ceritanya memang demikian. Horor juga, ‘kan? Kisahnya menyoroti sebuah agenda kekerasan bertajuk “Battle Royale”.

Sekali dalam setahun ada saja kelas sebuah sekolah yang berpartisipasi. Mereka ditempatkan di sebuah pulau terpencil untuk kemudian saling menghabisi demi mempertahankan nyawa sendiri. Ide ceritanya diambil dari novel dengan judul serupa karyanya Koushun Takami. Bisa kita maklumi kalau film ini mengundang kontroversi, sehingga sempat dilarang edar juga.

8. The Curse (2005)

Sutradara: Kôji Shiraishi

Pemain: Jin Muraki, Marika Matsumoto, Rio Kanno,  Tomono Kuga, Maria Takagi, Ai Iijima, Satoru Jitsunashi

Sinopsis:

Film footage horor ini menggunakan skema dokumenter yang cukup panjang, rumit, dan membuat penontonnya bergidik. Fokus cerita ada pada karakter bernama Masafumi Kobayashi, orang pintar atau paranormal yang sudah mengeluarkan buku atau karya dokumenter yang sarat akan kegiatan supernatural.

Salah-satunya yaitu “The Curse”, yang kemudian mendatangkan banyak keganjilan. Dirinya menghilang, rumahnya terbakar, lalu isterinya meninggal.

9. Pulse (2001)

Sutradara: Kiyoshi Kurosawa

Pemain: Kumiko Aso, Haruhiko Kato, Koyuki, Kurume Arisaka, Masatoshi Matsuo, Shinji Takeda, Jun Fubuki, Shun Sugata, Koji Yakusho, Show Aikawa,  Kenji Mizuhashi

Sinopsis:

Selain “Pulse”, sebagian menyebutnya sebagai film “Kairo”. Film ini sudah dibuatkan remake Amerika-nya yang tayang di tahun 2006. Script film ini juga hadir dalam bentuk novel yang dibuat oleh sang sutradara sendiri.

Karya berdurasi sekitar 118 menit ini intinya menceritakan tentang bagaimana para hantu bisa memasuki dunia internet ala manusia. Ceritanya sendiri memiliki dua jalan kisah yang paralel. Pemeran utama cerita satu yaitu Kumiko Aso, dan yang kedua yaitu Haruhiko Kato.

10. Suicide Club (2001)

film horor jepang tentang sekolah, sinopsis film horor jepang, film animasi horor jepang, judul film horor jepang paling seram, judul film horor jepang terbaru, list film horor jepang, youtube film horor jepang

Sutradara: Sion Sono

Pemain: Ryô Ishibashi, Masatoshi Nagase, Akaji Maro, Saya Hagiwara, Yoko Kamon, Rolly, Hideo Sako, Takashi Nomura, Tamao Satou, Mai Hôshô, Kimiko Yo, Mika Kikuchi, So Matsumoto

Sinopsis:

Dari judulnya, kita bisa menebak kalau film ini memang menceritakan masalah tentang fenomena bunuh diri. Seperti halnya “Battle Royale”, film ini tak menghadirkan makhluk astral. Tetapi balutan kisahnya tak kalah menyeramkan. Ceritanya di Tokyo terdapat upaya bunuh diri yang dilakukan oleh 54 siswi.

Mereka menjatuhkan diri sendiri ke arah kereta yang tengah melaju. Dua suster di sebuah rumah sakit bahkan ikut-ikutan mengakhiri hidupnya, yakni dengan cara terjun bebas dari jendela. Dari sana, usaha bunuh diri massal semakin merajalela. Hal tersebut tentu membuat banyak pihak merasa kebingungan. Bahkan penonton film ini juga harus putar otak mengikuti bagaimana absurd-nya cerita Suicide Club.

11. Ringu 2/ Ring 2 (2005)

Sutradara: Hideo Nakata

Pemain: Miki Nakatani, Kyoko Fukada, Hitomi Sato, Fumiyo Kohinata, Kenjiro Ishimaru

Sinopsis:

Sutradara film Ring tahun 1998 kembali didaulat sebagai pengarah seri keduanya. Ceritanya melanjutkan dari apa yang sudah terjadi di bagian perdana.

Waktu itu pihak berwajib dibuat kebingungan lantaran mayat Sadako menunjukkan kalau dia baru meninggal dua tahun lalu, padahal nyatanya sudah sekitar 30 tahunan.

Baca Juga :   20 Film Barat Romantis dan Cute

Sementara itu, Mai dan Okazaki tetap melanjutkan misi untuk menghentikan kutukan video seperti yang nampak pada Ringu 1, di mana orang yang menyaksikannya akan menemui ajal sepekan kemudian. Mereka melakukan itu demi keselamatan diri sendiri dan banyak pasang mata yang sudah terperangkap pada kutukannya.

12. Reincarnation (2006)

Sutradara: Takashi Shimizu

Pemain: Yuka, Yayoi Kinoshita, Boro Yukadinovic, Karina, Kippei Shiina

Sinopsis:

“Kematian hanyalah awal dari segalanya”. Ungkapan ini menjadi sesuatu yang digaungkan film Reincarnation. Ceritanya dimulai ketika seorang profesor menghabisi tamu hotel, para pegawainya, anaknya, bahkan dirinya sendiri.

Hal itu dikarenakan ia ingin membuktikan kebenaran dari reinkarnasi. Sekitar 35 tahun kemudian, seorang produser film bernama Ikuo memberanikan diri untuk memproduksi filmnya. Ia menggaet Nagisa Sugiura, aktris yang berperan sebagai puteri dari sang profesor.

Peran tersebut rupanya memberi dampak cukup serius baginya. Skema masa kini dan masa lalu terputar dalam film ini.

13. Ju-On: The Curse

Sutradara: Takashi Shimizu

Pemain: Yūrei Yanagi, Chiaki Kuriyama, Hitomi Miwa, Asumi Miwa, Ryōta Koyama, Takashi Matsuyama, Kazushi Andō, Yumi Yoshiyuki, Yue, Kaori Fujii, Yūko Daike, Makoto Ashikawa

Sinopsis:

Jalan ceritanya terbagi pada 6 bagian. Masing-masing menceritakan pengalaman para penyewa sebuah rumah yang terkutuk. Dulu di rumah itu, seorang lelaki bernama Takeo Saeki sudah membunuh isterinya sendiri yang bernama Kayako.

Hal itu dikarenakan ia cemburu buta, sebab sang isteri ternyata sempat menaksir rekan kuliahnya. Ia juga membunuh anaknya yang bernama Toshio, serta kucingnya yang dipanggil Mar.

14. Infection (2004)

film horor jepang, film horor jepang sub indo, film horor jepang terseram, film horor jepang terbaru, rekomendasi film horor jepang, film horor jepang rekomendasi, film horor jepang tentang permainan, film horor jepang terbaik, film horor jepang bus terpotong, film horor hantu jepang

Sutradara: Masayuki Ochiai

Pemain: Tae Kimura, Koichi Sato, Kaho Minami, Mari Hoshino, Masanobu Takashima

Sinopsis:

Setting tempat film ini berpusat di sebuah rumah sakit. Petaka bermula ketika seorang pasien dengan ruam hitam ditolak oleh seorang dokter. Malam itu menjadi saksi bagaimana sang dokter merasa enggan memeriksanya.

Sejak itu, keadaan rumah sakit jadi kacau. Para suster yang ada pun bahkan berubah jadi sangat aneh dan mengerikan. Dokternya sendiri terinfeksi sesuatu yang misterius.

15. Grotesque (2009)

sinopsis film horor jepang, film animasi horor jepang, judul film horor jepang paling seram, judul film horor jepang terbaru, list film horor jepang, youtube film horor jepang

Sutradara : Kôji Shiraishi

Pemain : Hiroaki Kawatsure, Tsugumi Nagasawa, Shigeo Ōsako

Sinopsis :

Peringatan keras bagi kamu yang tak tahan dengan aksi seseorang yang sinting, aneh, nan sadis. Seperti film Grotesque ini, di mana seorang sadistik menyiksa pasangan Aki dan Kazuo. Siksaannya sendiri tak tanggung-tanggung.

Dijamin akan meninggalkan trauma tersendiri jika kita tak bisa menahan pengaruh dari tayangannya. Lelaki sinting itu rupanya memiliki kemampuan penanganan medis yang profesional. Ia bahkan sempat “mengobati” pasangan yang sudah disiksanya, serta memberi mereka kompensasi atas kelakuannya.

Tetapi belum juga aroma kebebasan dihirup, pasangan itu nampak kembali seperti di adegan sebelumnya, di mana mereka menerima siksaan yang tak terkira. Bahkan keduanya sampai meninggal, dan dikubur di sebuah hutan. Lelaki sadis itu sendiri menancapkan gunting sebagai simbol makamnya.

Ketika menuliskannya saja, aura horor begitu terasa, apalagi kalau sambil menontonnya, ya?! Nah kamu memiliki nyali untuk menyaksikan ke-15 judul film horor Jepang terseram ini? jangan memaksakan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *