10 Judul Film Pembunuh Berantai Terbaik

Hewata.com. Film Pembunuh Berantai. Siapakah yang tidak takut dengan istilah psikopat? Istilah psikologi ini berbeda dengan skizofrenia, psikosis, gila atau hilang ingatan. Secara singkat, psikopat condong tidak mengenyam masalah psikis dan sadar pada sesuatu yang dilakukan.

Namun, psikopat jadi masalah personalitas. Eksekutor tidak mempunyai hati nurani, tidak memiliki empati, dan umumnya anti-sosial.

Abnormalitas ini kerap dihubungkan dengan sikap menyelimpang, sampai dengan kejahatan kejam seperti pembunuhan berantai.

Beberapa sineas sendiri menyaksikan peristiwa ini sebagai kesempatan untuk membuat film. Mereka juga mengekspos narasi dan tingkah laku personalitasnya yang aneh, sadis, curang, manipulatif, dan gila.

Film Tentang Pembunuh Berantai

Tidaklah aneh jika film mengenai psikopat atau pembunuh berantai telah lama ada, dari Hollywood – Amerika, Korea, Jepang dan negara-negara lain sering bermunculan hingga sekarang ini. Beberapa judul yang classic misalkan Psycho (1960), The Boston Strangler (1968), The Silence of the Lambs (1991), Bahkan Negara Indonesia pun punya film Cannibal (Kanibal – Sumanto) dll. Sementara yang terbaru yakni The Snowman (2017), yang dimainkan oleh Michael Fassbender.

Lalu judul film pembunuhan berantai apa lagi yang terbaik? Cekibrot!

1. The Silence of the Lambs (1991)

film pembunuhan, film pembunuh, film pembunuhan berantai, film pembunuh berantai, film pembunuhan terbaik, film pembunuhan sadis, film pembunuhan barat, film pembunuhan hollywood, film pembunuhan luar negeri, film pembunuhan paling mengerikan, film pembunuhan berantai barat

Waktu Rilis : 14 Februari 1991 (USA)
Sutradara : Jonathan Demme
Pemain Utama : Anthony Hopkins, Jodie Foster, Ted Levine, dan Scott Glenn.

Sinopsis :

Larisnya novel Thomas Harris membuat karyanya diangkat menjadi film, dan langsung memenuhi ekspektasi para penikmat film thriller. Sungguh jenius! Tak kaget kalau film ini memboyong 5 kategori sekaligus dalam ajang Oscar. Entah itu sebagai best director, best actor, best actress, best picture, dan best adapted screenplay.

Kisah bermula dari Clarice Starling, perempuan calon anggota FBI yang ahli masalah kriminologi serta psikologi. Dia juga memiliki kepribadian kuat, tidak mudah terpengaruh, serta berani. Atas dasar itu, atasannya memberi tugas berat untuk menginterogasi seorang psikiater ulung bernama Hannibal Lecter yang mendekam di tahanan rumah sakit jiwa. Dia ditahan lantaran sudah membunuh dan melakukan aksi kanibalisme. Interogasi itu sendiri ditujukan agar Clarice mengorek informasi seputar Buffalo Bill, yang merupakan buron atas kasus pembunuhan berantai. Hanya saja, tugas itu sangatlah sulit.

2. Se7en (1995)

film pembunuh berantai, film tentang pembunuh berantai, nonton film pembunuh berantai, judul film pembunuh sadis, film pembunuh berantai barat, pembunuh berantai film, kumpulan film pembunuh berantai, rekomendasi film pembunuh berantai, film pembunuh berantai terbaru

Waktu Rilis : 15 September 1995 (New York)
Sutradara : David Fincher
Pemain Utama : Brad Pitt, Kevin Spacey, Morgan Freeman, dan Gwyneth Paltrow.

Baca Juga :   6 Film Asia Tentang Disabilitas, Mengharukan!

Sinopsis :

Film ini mengisahkan tentang 2 detektif beda usia yang berusaha mengungkap kasus pembunuhan. Awalnya hubungan detektif Somerset dengan Mills kurang baik, namun lama-lama mereka akur dan kompak. Apalagi kasus yang dihadapi juga misterius, penuh teka-teki, dan mendorong keduanya untuk terus bersatu-padu. Pembunuhnya juga begitu gori dan tidak bermoral sama-sekali.

3. American Psycho (2000)

judul film pembunuh sadis, film pembunuh berantai barat, pembunuh berantai film, kumpulan film pembunuh berantai, rekomendasi film pembunuh berantai, film pembunuh berantai terbaru, film pembunuh berantai indonesia, daftar film pembunuh berantai, judul film pembunuh berantai

Waktu Rilis : 14 April 2004 (US)
Sutradara : Mary Harron
Pemain Utama : Christian Bale, Jared Leto, Reese Witherspoon, dan Willem Dafoe.
Sinopsis :

Film yang diadaptasi dari novel karangan Bret Easton Ellis ini menceritakan tentang Patrick Bateman. Sekilas, Patrick Bateman adalah sosok yang sempurna. Dia ganteng, badannya fit, dari keluarga berkelas, dan pacarnya cantik. Tetapi rupanya dia adalah seorang psikopat yang tak memiliki rasa bersalah dan menyesal pasca membunuh korbannya. Benar-benar monster yang sakit. Penyebab kebrutalan dia pun sangat sepele dan tidak masuk akal.

4. Zodiac (2007)

film pembunuh berantai bertopeng, kumpulan film pembunuh berantai, daftar film pembunuh berantai, film pembunuh berantai barat, film pembunuh berantai amerika, film pembunuh berantai netflix, film pembunuh berantai tersadis, film pembunuh berantai dari kisah nyata, film film tentang pembunuh berantai, film dokumenter pembunuh berantai, film dokumenter pembunuh berantai netflix, judul film pembunuh berantai

Zodiac (2007) – Film Pembunuh Berantai dari Kanada

Waktu Rilis : 02 Maret 2007 (Kanada)
Sutradara : David Fincher
Pemain Utama : Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr., Mark Ruffalo, dan Chloe Sevigny.
Sinopsis :

Film ini diangkat dari buku non-fiksi tulisan Robert Graysmith. Sesuai judulnya, film ini memang menceritakan sosok serial-killer bernama Zodiac. Kisah nyatanya sendiri terjadi di tahun 60-70an, tepatnya di San Fransisco. Kisah ini sangat populer, sebab sang pembunuh kerap mengirim surat disertai kisah pembunuhan dan kode sandi ke media massa.

Tingkahnya ini membuat tokoh utamanya, Robert Graysmith (diambil dari nama penulis bukunya), jadi terobsesi dan ingin mencari tahu siapa sebenarnya Zodiac. Saking terobsesinya, ia sampai resign dan fokus pada Zodiac. Graysmith benar-benar niat melakukan pencarian dari awal.

5. The Girl with the Dragon Tattoo (2009)

Waktu Rilis : 12 Desember 2011 (Kanada)
Sutradara : David Fincher
Pemain Utama : Rooney Mara, Daniel Craig, Christopher Plummer, dan Stellan Skarsgard.

Sinopsis :

Dua tahun pasca rilis, film asal Swedia ini langsung dibuatkan remake Hollywood-nya. Hal ini tak lepas dari kualitas film yang kompleks dan keren. Ada kisah pembunuhan berantai, misteri, politik, ritual kultus, serta percintaan tokoh Mikael dan Lisbeth.

Mikael digambarkan sebagai jurnalis terkenal yang sempat dipenjara beberapa bulan, lantaran dituding memitnah seorang ahli keuangan. Reputasinya langsung hancur. Sampai kemudian ada konglomerat yang mendatanginya, dan memintanya untuk memecah kasus yang belum terpecahkan selama 40 tahunan. Selain kepincut oleh imbalan uang banyak, Mikael juga ingin pamornya kembali bersih.

Kinerja Mikael ternyata dimata-matai oleh Lisbeth. Dia adalah perempuan yang tampil gothic, penuh piercing, bertato naga, dingin, dan perokok berat. Namun ternyata dia adalah seorang hacker lihai. Kemampuan serta aksinya itu malah menggiringnya pada Mikael. Mereka kemudian bekerja sama untuk memecahkan kasus, sekaligus menjalin asmara.

Baca Juga :   20 Film Barat Paling Romantis dan Cute

6. Monster (2003)

Waktu Rilis          : 17 Desember 2003 (USA)
Sutradara            : Patty Jenkins
Pemain Utama  : Charlize Theron, Christina Ricci, Bruce Dem, dan Lee Tergensen.

Sinopsis:

Charlize Theron memang layak dan berhak memboyong piala Academy Award, Golden Globe Award, Oscar, dll, sebagai pemeran wanita terbaik karena film ini. Dia yang bertubuh proporsional, tirus, cantik, dan segar rela berubah total. Berat badannya naik, dan mimik wajahnya begitu menjiwai sosok Aileen Wuornos, yang memang eksis di dunia nyata. Terlihat sekali dia begitu depresi, tertekan, jalang, liar, bingung, marah, dan sinting.

Betapa tidak, Aileen Wuoros digambarkan sebagai gadis cilik dengan aneka impian indah. Tetapi ketika beranjak dewasa, kehidupan mengakrabkannya dengan kenyataan pahit. Singkatnya, dia menjadi pelacur. Saking jengah dan muak atas nasibnya, dia hampir bunuh diri. Hanya saja, seorang perempuan bernama Selby turut mengurungkan niat Aileen untuk mengakhiri hidup. Mereka menjalin kisah asmara.

Sampai di suatu hari, Aileen yang sedang menghadapi pelanggan buruk membuat keputusan brutal dalam hidupnya. Dia menembak sang lelaki sampai tewas. Sejak saat itu, Aileen justru jadi terbiasa untuk menghabisi nyawa orang, khususnya para pelanggan laki-laki yang berkelakuan buruk. Bahkan dia juga kerap merampok harta benda kliennya itu. Kebiasaan barunya itu juga tak terlepas dari sikap Selby yang ‘demanding’, dan kerap menuntut ini-itu, sehingga Aileen harus menghabiskan banyak uang. Meski pada akhirnya menerima hukuman suntik mati, namun banyak yang menyatakan rasa simpati. Kita tak pernah tahu, banyak Aileen lain yang menghadapi aneka problem keras kehidupan.

7. Frailty (2001)

film pembunuh berantai barat, film pembunuh berantai amerika, film pembunuh berantai netflix, film pembunuh berantai tersadis, film pembunuh berantai dari kisah nyata, film film tentang pembunuh berantai, film dokumenter pembunuh berantai, film dokumenter pembunuh berantai netflix, judul film pembunuh berantai

Waktu Rilis : 12 April 2002 (USA)
Sutradara : Bill Paxton
Pemain Utama : Bill Paxton, Matthew McConaughey, Jeremy Sumpter, dan Powers Boothe

Sinopsis :

Banyak hal bisa menjadi motif pembunuhan. Mulai dari dendam, ekonomi, penyelamatan diri sendiri, psikopat, ilmu hitam, sampai adanya wahyu atau bisikan untuk membunuh. Fenomena ini digambarkan oleh keluarga kecil yang terdiri dari ayah Dad Meiks serta dua orang putra bernama Fenton dan Adam. Namun Fenton tak menyetujui aksi keluarganya, yang mengklaim mendapat wahyu untuk membunuh para iblis berwujud manusia dengan kampak. Fenton menganggap ayahnya adalah seorang psikopat.

Awalnya film ini menampilkan Fenton versi dewasa di masa kini yang datang ke kantor agen FBI. Dia membeberkan kasus bernama ‘God’s hands’ yang memang melibatkan adik serta ayahnya. Dia bahkan bersedia menunjukkan lokasi penguburan para korban. Sambil menikmati perjalanan dan menceritakan pengalaman, kisah flashback pun bergulir.

8. Natural Born Killers (1994)

Waktu Rilis : 26 Agustus 1994 (USA)
Sutradara : Oliver Stone
Pemain Utama : Juliette Lewis, Woody Harrelson, Robert Downey Jr., Tom Sizemore

Baca Juga :   7 Judul Drakor Nikah Kontrak Terbaik

Film thriller-drama ini menyajikan kisah yang anti-mainstream. Ada sepasang kekasih bernama Mickey Knox dan Mallory yang memiliki hobi sama, yakni menghabisi nyawa seseorang. Mereka juga melakoninya demi kepuasan semata, betul-betul mental psikopat.

Tetapi perilaku mereka memang didasari oleh kejadian masa lalu. Mickey kecil menjadi saksi atas pembunuhan ayahnya sendiri. Sementara Mallory hidup di tengah keluarga bobrok. Ayahnya kejam, suka menyiksa, dan melakukan pelecehan seksual. Yang dia benci, ibunya malah tak berbuat apa-apa lantaran takut.

9. I Saw the Devil (2010)

film pembunuh berantai korea, judul film korea pembunuh berantai, rekomendasi film korea pembunuh berantai, film misteri pembunuh berantai korea, film pembunuh berantai terbaik korea, film tentang pembunuh berantai korea, film pembunuh berantai psikopat, film pembunuh berantai kisah nyata korea, film korea bertema pembunuh berantai, film pembunuh berantai korea terbaik, film drama korea pembunuh berantai, nonton film korea pembunuh berantai

Film pembunuh berantai korea berjudul I saw the Devil – via : kanobu.ru

Waktu Rilis : 12 Agustus 2010 (Korea Selatan)
Sutradara : Kim Jee won
Pemain Utama : Choi Min sik, Lee Byung hun, Kim Jee woon, dan In Seo kim

Sadis! Di tengah anggapan publik bahwa film Korsel itu terkesan cuma cinta-cintaan, manis, dan humoris, ternyata I Saw the Devil berbeda. Thriller yang satu ini super hardcore! Sosok pembunuh berantai fiksinya bernama Gyeong Chul jang.Dia menghabisi seorang perempuan bernama Joo Yeon jang, yang tak lain merupakan tunangan Soo Hyun kim.

Sang kekasih yang sedang hamil muda itu bahkan tewas secara mengenaskan. Tubuhnya dicincang, dan potongan telinganya ditemukan oleh seorang anak kecil. Tim foresnsik kemudian menemukan kepalanya di sungai. Fakta itu membuat Hyun kim terpukul dan bertekad untuk balas dendam, beribu kali lebih keji dari apa yang sudah terjadi pada kekasihnya.

10. From Hell (2001)

Waktu Rilis : 17 Oktober 2001 (USA)
Sutradara : Allen Hughes, Albert Hughes
Pemain Utama : Johnny Depp, Heather Graham, Ian Holm, dan Robbie Coltrane

Anne Crook adalah perempuan biasa yang bekerja di toko permen dan manisan. Anne pacaran dengan seorang lelaki bernama Albert dan hamil. Ternyata Albert berasal dari kalangan bangsawan. Otomatis hubungan mereka tidak direstui.

Pihak keluarga melakukan apa saja demi menutup skandal ini. Anne dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Sementara bayinya dititipkan ke sahabat Anne, Marry, yang berprofesi sebagai PSK. Namun kemudian sang PSK menitipkannya pada orang tua Anne.

Beberapa tahun pasca kejadian itu, sekelompok PSK tampak tengah gusar karena mereka terus diperas oleh gangster. Karena terdesak, Marry kemudian mengancam akan membongkar ‘aib lama’ Albert. Kalau ingin aman, pihak kerajaan harus menyetor sejumlah uang. Namun bukannya dapat uang, para pekerja nahas itu malah ditemukan tewas dan dimutilasi oleh sosok yang mengaku sebagai ‘Jack the ripper’. Kasus ini pun terus diusut tuntas.

Semua film di atas jelas bukan tontonan semua umur. Apalagi beberapa diantara juga menyajikan scenes sensual dan adegan lain yang kurang nyaman disaksikan

error: