12 Film Seram Korea: Horor dan Misteri Terbaik

Hewata.com. Film seram Korea. Film horor atau misteri. Siapa yang menikmati genre yang satu ini? Meski terbilang aneh, namun film ini memang memiliki banyak penggemar loyal. Sajian karyanya membuat para penonton merasa seram, penasaran, adrenalinnya terpacu, dan dibuat berpikir keras. Semua itu menjadi keseruan tersendiri bagi para penikmatnya.

Adapun tema yang biasa diangkat tak jauh dari dunia mistis, psikopat, pembunuhan, kriminal, dsb. Tayangannya boleh jadi membuat kita tak nyaman. Entah karena ada penampakan makhluk astral, darah, kekerasan, dst. Namun di sisi lain, kita memang ingin menyaksikan cerita atau detail scene film tersebut.

Film Seram Korea

Nah berikut inilah top 12 Film Seram Korea, Horor dan Misteri, Cekidot!

1. Memories of Murder (2003)

film horor korea, film seram korea

Film arahan Bong Joon ho ini diangkat dari kisah nyata. Pihak produksi terinspirasi oleh pembunuh berantai pertama yang ada di Korea. Setting waktunya sendiri terjadi di sekitar tahun 1986-1991. Dikisahkan ada penemuan mayat perempuan di selokan yang lokasinya dekat dengan sebuah lapangan.

Rupanya ia bukan satu-satunya korban yang ditemukan. Pihak detektif dan kepolisian kembali dikejutkan dengan kasus lain, yang modus operandinya sama persis. Mereka menyimpulkan kalau pelakunya merupakan seorang pembunuh berantai.

Dua detektif yang menanganinya merasa kesulitan menemukan pelaku. Orang-orang yang dicurigai pun tak sepenuhnya terbukti. Demikian juga begitu detektif lain dari Seoul membantu. Kasus tersebut tak terpecahkan dengan sempurna.

Sampai kemudian setting waktunya berkembang ke tahun 2003, di mana ada anak kecil yang terus memerhatikan seorang lelaki bertampang polos. Matanya terus mengarah pada area selokan. Ketika ditanya, dia mengatakan kalau dirinya sedang mengenang suatu peristiwa yang sempat dilakukannya di masa lampau.

2. February 29 (2006)

film horor korea terbaik, horor korea, drama korea horor, film hantu korea, film horor korea terbaru, rekomendasi film horor korea, film horor korea terseram

Film yang disutradarai oleh Jeong Jong-hoon ini merupakan seri perdana dari serial 4 kisah horror Korea. Pasca film ini, tiga judul lainnya menyusul. Ada Forbidden Floor, Roommates, dan selanjutnya Dark Forest. Ceritanya sendiri tentang Ji yeon, gadis muda yang menjadi penjaga tiket gerbang tol. Dirinya dibuat ketakutan oleh sopir misterius yang mengendarai mobil hitam. Pasalnya, di tengah malam, sang sopir malah menyodorkan tiket dengan kondisi tangan berlumuran darah.

Rasa takutnya semakin memuncak ketika rekan kerjanya menceritakan kejadian masa lalu yang mengerikan. Diketahui kalau dulu ada kecelakaan maut yang melibatkan kendaraan narapidana. Semua tahanan meninggal. Beberapa diantaranya menghilang, Dan semenjak itu, seorang pembunuh kerap muncul tepat pada 29 Februari di dekat gerbang tol di mana ia bekerja.

Baca Juga :   12 Judul Drama China Tentang Kawin Kontrak

3. Metamorphosis (2019)

film horor korea, film.horor korea, film.hantu korea, daftar film horor korea, film film horor korea, movie hantu korea

Cerita berawal saat Gang-goo (Sung Dong-il) dan Myung-joo (Jang Young-nam) menikah dan mempunyai tiga anak. Mereka adalah Sun-woo (Kim Hye-jun), Hyun-joo (Cho Yi-hyun), dan Woo-jong (Kim Kang-hoon).

Anak-anak mereka bertambah besar dan membuat Gang-goo dan Myung-joo putuskan berpindah rumah. Tetapi, peristiwa-kejadian aneh mulai terjadi di dalam rumah baru itu. Arwah jahat mulai menyelusupi anggota keluarga itu.

Sun-woo sebagai anak paling tua mengundang pamannya, Joong-soo (Bae Sung-woo), untuk memperoleh bantuan. Joong-soo sebagai pastor yang sering mengerjakan pengusiran arwah jahat.

Joong-soo sendiri sejauh ini menyimpan penyesalan dan perasaan bersalah karena anak wanita yang akan dia menyelamatkan dari arwah jahat justru berakhir bunuh diri. Fakta itu juga sebenarnya yang ikut menggerakkan keluarga Gang-goo mesti berpindah rumah.

Masih diselimuti perasaan bersalah, Joong-soo sekarang harus kembali bertemu dengan arwah jahat yang mengusik bahkan juga memberikan ancaman keselamatan anggota keluarganya sendiri.

4. The Chaser (2008)

movie horor korea terbaik, sinopsis film horor korea, review film horor korea, movie horor korea terseram, sinopsis film korea horror stories, nama judul film horor korea, nama film horor korea

Ini dia film lain yang terinspirasi dari pembunuh berantai asli yang bernama Yoo Young chul. Selain membunuh, ia juga memutilasi dan bahkan bertindak sebagai kanibal. Mayoritas korbannya merupakan para PSK dan lelaki tua nan kaya-raya. Dalam film ini, ada seorang mucikari yang tampak “kurang modal”.

Apalagi ia sudah kehilangan dua “anak buahnya”. Begitu ada pelanggan, dia kemudian menunjuk PSK yang tersisa. Di sisi lain, ada seorang mantan detektif yang mencoba menajamkan job lamanya. Sebenarnya mereka memiliki misi yang sama, yakni untuk melacak PSK yang raib entah ke mana.

5. Oldboy (2003)

Ide ceritanya diambil dari manga karya Nobuaki Minegishi dan Garon Tsuchiya. Oldboy sendiri merupakan seri kedua dari triloginya “The Vengeance”. Karakter utamanya, Oh Dae su, menjadi korban penculikan selama 15 tahun. Dia dikurung di sebuah kamar tanpa tahu siapa pelakunya dan kenapa alasannya.

Tetapi ia kemudian bebas. Hanya saja, dunianya masih berkecimpung dengan konspirasi dan kekerasan. Tentu saja ia memiliki misi balas dendam. Upaya itu bahkan sempat dihiasi juga oleh kisah romantisnya, di mana ia jatuh hati pada seorang chef sushi yang cantik dan menarik.

6. A Tale of Two Sisters (2003)

drama korea horor, film hantu korea, film horor korea terbaru, rekomendasi film horor korea, film horor korea terseram, film korea horor terbaik, drama korea hantu, horor korea terbaik, film korea hantu, drama korea tentang hantu

Karya arahan Kim Jee woon ini diadaptasi dari cerita rakyat “Janghwa Hongryeon jeon”. Fokus cerita terletak pada dua bersaudara Bae Su mi dan Bae Su yeon. Sepulangnya dari rumah sakit jiwa, mereka pulang ke rumah dengan perasaan tak senang. Sebab, ayah mereka sudah memiliki isteri baru.

Baca Juga :   10 Film Kungfu Terbaik Sepanjang Masa

Mereka memang tak memiliki hubungan baik dengan ibu tirinya itu. Ketika tinggal bersama itu, aneka kejadian janggal kerap menghampiri. Bahkan ketika paman dan isterinya berkunjung. Entah itu berupa suara misterius, kemunculan hantu, mimpi mengerikan yang terasa nyata, dsb.

7. Voices/ Someone Behind You (2007)

Film horror Korea selanjutnya diangkat dari manhwa bertajuk “It’s Two People” karyanya Kang Kyung ok. Film seram Korea ini menggambarkan keyakinan orang-orang, kalau sosok dicintai boleh jadi justru menginginkan kita untuk mati. Adalah Kim Ga in, perempuan muda yang terus berjuang untuk mempertahankan hidupnya. Ia begitu waswas dan takut akan kutukan yang menimpa keluarganya. Satu per satu diantara mereka tewas akibat kutukan tersebut.

8. Acacia (2003)

Film arahan Park Ki hyung ini menampilkan pasangan suami-isteri Mi sook dan Do il. Mereka adalah pasutri yang sudah rindu kehadiran buah hati. Karena itu, keduanya memutuskan untuk mengadopsi seorang bocah laki-laki dari sebuah panti asuhan. Mereka menamainya sebagai Kim Jin seong.

Tetapi keanehan demi keanehan terus ditunjukkan oleh anak tersebut. Apalagi ketika dia seperti tertarik pada Pohon Acacia yang memang tumbuh di halaman rumahnya. Sikap agresif dan kerasnya menjadi-jadi manakala Mi sook hamil sungguhan, serta melahirkan bayi bernama Hae sung. Mi sook sendiri tak habis pikir dengan tingkah laku anak angkatnya. Sampai ia memutuskan untuk mengambil langkah, yakni dengan menebang Pohon Acacia yang terus menjadi obsesi sang anak.

9. The Uninvited (2003)

Kang Jung-won kaget bukan kepalang ketika ada berita terkait kematian dua anak gadis di subway. Kabarnya mereka mati karena racun. Padahal sore hari saat kejadian, Jung won menyaksikan langsung keduanya, yang dia kira ketiduran seperti penumpang lainnya. Begitu pulang ke rumah, lagi-lagi ia menerima kejutan. Dua gadis yang sudah meninggal dan jelas-jelas tak diundang itu tampak tengah duduk di meja makannya.

10. The Yellow Sea (2010)

Na Hong jin, sutradara The Chaser, menjadi pengarah juga untuk film thriller ini. Konsentrasi kisah ada pada sosok Gu nam, warga kota Yanji (Tingkok timur laut) yang berkebangsaan Korea. Dia adalah sopir taksi yang gemar judi dan terlilit utang. Karena tak tahan dengan kondisi itu, sang isteri memutuskan untuk bekerja di Korea Selatan. Namun seiring berjalannya waktu, Gu nam tak memeroleh kabar. Ia jadi gelisah, takut kalau sang isteri sudah memiliki selingkuhan.

Keadaannya malah semakin rumit ketika ia utangnya menggunung, dan dia dipecat dari pekerjaannya. Sampai suatu hari, dia mendapatkan kesempatan yang berbahaya namun juga menggiurkan. Dirinya diminta membunuh seseorang di Korsel dengan imbalan yang cukup besar. Dia pun langsung setuju, sebab dia juga perlu mencari keberadaan sang isteri. Namun begitu sampai di lokasi target, banyak kejadian tak terduga yang mengusik misinya.

Baca Juga :   6 Film Asia Tentang Disabilitas, Mengharukan!

11. Gonjiam: Haunted Asylum

film horor korea, film seram korea, film.horor korea, film horor korea terbaik, film.hantu korea, film horor korea terseram, judul film horor korea, daftar film horor korea, film horor korea rating tertinggi, film horor terseram korea, film horor korea rekomendasi, nonton film horror korea, film horor korea paling seram, film horor korea gonjiam, film film horor korea

Keseraman dari rumah sakit Gonjiam yang dikenali sebagai salah satunya lokasi urban legend warga Korea Selatan dituangkan ke dalam film layar-lebar. Film dengan judul Gonjiam: Haunted Asylum garapan sutradara Jung Bum Shik ini launching pada 2018 lalu dan sukses secara komersial di Korea Selatan.

Di tahun 1970-an, sebuah rumah sakit jiwa yang memiliki nama lengkap Gonjiam Psychiatric Hospital dibuat di teritori bukit Kota Gwangju, Propinsi Gyonggi Do, Korea Selatan. Rumah sakit ini dahulunya bukan hanya ditujukan untuk pasien dengan masalah jiwa, tetapi juga tentara yang mengalami stres. Pada 1996, rumah sakit ini ditutup sesudah menyebar isu beberapa pasien dan perawat yang meninggal secara misterius.

Han Joon dikenali mempunyai account YouTube namanya Horor Times yang kerap menghadirkan beberapa konten seram. Han Joon selanjutnya membawa enam peserta lain untuk ikut uji nyali yang nanti akan ditayangkan secara live di account YouTube-nya. Ke enam orang ini ialah Charlote Moon (Yee Woon Hun), Ah Yeon (Oh Ah Yeon), Sung Hoon (Park Sung Hoon), Park Ji Hyun (Ji Hyun), Je Yoon (Yoo Je Yoon), dan Seung Wook (Lee Seung Wook).

Tetapi, saat mereka mulai melakukan identifikasi terhadap tempat tersebut, teror mulai mengicari pada 6 orang ini. Beberapa peserta mengalami kesurupan dengan mata berubah warna menjadi hitam dan mengeluarkan kata-kata gumaman yang bukan seperti bahasa manusia.

12. Death Bell (2008)

film seram korea, film.horor korea, film horor korea terbaik, film horor korea terseram

Film ini bercerita mengenai ancaman yang mesti dihadapi oleh 20 orang siswa pandai di Chang-in High School. Beberapa siswa yang dipilih itu diketahui harus ikut pelajaran tambahan yang diselenggarakan pada saat liburan musim panas berlangsung, sebagai persiapan untuk memasuki perguruan tinggi.

Tidak cuma 20 orang siswa yang harus menghadapi teror sekolah itu. Tapi teror ikut juga mengincar 3 orang guru, seseorang siswa yang menjalankan ujian ulang, dan seseorang satpam yang ada di sekolah itu.

Teror juga diawali di tengah-tengah pelajaran. Tv yang awalannya menyiarkan pelajaran untuk beberapa siswa itu malah berubah channel dan memperlihatkan salah seorang siswa, yaitu Hye -young terjerat dalam sebuah bak yang airnya mulai penuh.

Pada dasarnya masing-masing story line dari film-film di atas memang unik dan menarik. Kita bisa merasakan aneka sensasinya. Entah itu tegang, takut, berpikir keras, atau seperti hilang arah sama-sekali. Nah, demikianlah 12 Film Seram Korea, Horror dan Misteri.

error: