Gerakan Manipulatif, Pengertian dan Contohnya

Hewata.com. Gerakan Manipulatif. Keterampilan gerak manipulatif pada pendidikan jasmani merujuk pada ketrampilan motorik yang mengikutsertakan suatu object. Terkait membuat pergerakan tertentu guna mengaplikasikan kemampuan untuk mengalihkan object. Ketrampilan ini khususnya mengikutsertakan kegiatan fisik dengan memakai pengaturan tangan dan badan untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas.

Apa yang Dimaksud dengan Pergerakan Manipulatif?

Pergerakan manipulatif ialah ketrampilan motorik yang memanfaatkan tangan, kaki atau anggota badan lain untuk menggerakkan atau merekayasa suatu benda. Pergerakan manipulatif ialah ketrampilan motorik kasar, seperti menendang bola, atau ketrampilan motorik lembut, seperti memberi warna dengan krayon (pensil warna) atau mengambil benda kecil.

gerak manipulatif adalah, contoh gerak manipulatif, pengertian gerak manipulatif, sebutkan 3 macam teknik permainan sepak bola yang merupakan gerak manipulatif, contoh gerak manipulatif dalam permainan bola voli, gerak manipulatif artinya, Pengertian, Maksud, Arti, Definisi

Pahami, apa yang dimaksud ketrampilan manipulatif dalam pendidikan jasmani. Ketrampilan manipulatif ialah ketrampilan di mana seorang anak menangani suatu benda dengan menggunakan tangan, kaki, atau anggota badan yang lain. Ketrampilan manipulatif ialah dasar untuk pengembangan ketrampilan olahraga; melemparkan, menangkap, berguling, memantul, menyepak, dan memukul (dengan dan tanpa benda).

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud dengan Sumber Energi Panas?

Apa Saja Jenis Pergerakan Manipulatif? Ada tiga kelompok gerakan tubuh mendasar, yang disebut block pondasi yang dibutuhkan untuk kegiatan fisik yang lebih kompleks. Pergerakan manipulatif mencakup melemparkan, menggiring bola, dan menyepak atau menendang bola.

Apa Pergerakan dalam Pendidikan Jasmani?

Perubahan dan Gerakan Fisik ialah mengenai alami dan meningkatkan beragam ketrampilan pergerakan dasar yang bakal tingkatkan koordinir, pendorong, kontrol, kesetimbangan, dan kecurangan.

Gerakan Manipulatif Pada Anak

Ketrampilan manipulatif mengikutsertakan pergerakan atau pemakaian object dengan tangan atau kaki untuk capai arah atau menuntaskan pekerjaan. Untuk ketrampilan motorik lembut, benda itu kemungkinan berupa pensil atau bisa juga kancing.

Untuk ketrampilan motorik kasar, pergerakan manipulatif bisa dilaksanakan memakai object dapat seperti perlengkapan olahraga atau mainan seperti pemukul, bola, raket, atau tali lompat. Ketrampilan ini terkadang disebutkan ketrampilan pengaturan object.

apa yang dimaksud gerakan manipulatif dan berikan contohnya, gerakan manipulatif, gerakan manipulatif adalah, gerakan manipulatif dapat dilakukan menggunakan, gerakan manipulatif dalam permainan sepak bola, gerakan manipulatif dalam sepak bola yaitu, gerakan manipulatif adalah gerakan yang menggunakan, gerakan manipulatif contohnya, gerakan manipulatif yaitu, gerakan manipulatif artinya, gerakan manipulatif adalah gerak

Contoh Pergerakan Manipulatif

Di bagian motorik kasar, ketrampilan manipulatif ini mencakup:

• Memantulkan benda
• Penangkapan
• Dribbling (menggerakkan bola dengan menggunakan kaki, seperti pada sepak bola)
• Menendang atau menggelinding (bola)
• Pengangkatan
• Mendorong dan menarik (benda itu kemungkinan mainan beroda)
• Menyerang (seperti halnya mengayunkan tongkat kasti atau tongkat golf untuk memukul bola)
• Pelemparan
• Voli (bola bolak-balik pada orang lain, baik dengan menggunakan tangan atau raket)

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud Sumber Daya Alam? Berikan Contohnya

Kegiatan seperti menyontek gambar memakai pensil, menumpuk koin, dan bermain catur, sebaliknya, memerlukan ketrampilan motorik halus.

Kapan dan Bagaimana Keterampilan Berkembang

Ketrampilan kontrol objek lebih susah untuk dikuasai anak-anak karena lebih kompleks dan menantang dibanding ketrampilan motorik yang tidak mengikutsertakan objek. Dengan begitu, mereka berkembang setelah ketrampilan motorik kasar yang lain.

Saat anak-anak pertama kalinya mempelajari ketrampilan pergerakan manipulatif, maksudnya bukan keakuratan lengkap, misalkan mereka berusaha memukul atau melemparkan bola tepat pada target atau melemparnya ke pemain lain dalam sebuah permainan.

Mereka harus lebih dulu mempelajari perlakuan dasar saat sebelum mereka bisa memperbaikinya.

Games untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Manipulatif

Untuk menolong meningkatkan dan memperbaiki ketrampilan dalam pergerakan manipulatif ini, Anda dapat berperan serta dengan anak Anda dalam aktivitas semacam ini di dalam rumah, guna memberinya contoh gerakan manipulatif :

Di atas garis : Untuk tempat bermain jadi dua dengan sebuah garis (memakai kapur, selotip, atau tali lompat jauh untuk menandai garisnya). Tempatkan item halus dengan jumlah yang serupa — seperti syal, kaus kaki yang digulung, tas ringan atau bola pantai — di kedua sisi garis.

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud Dengan Globalisasi? Jelaskan Beserta Contohnya

Minta anak-anak melempar beberapa benda itu melalui garis, ke lantai pada sisi yang berlawanan. Mereka selanjutnya bisa beralih sisi dan melempar item kembali melalui garis ke sisi lain. Menjadikan lebih menyenangkan dengan memakai boneka binatang kecil dan bersandiwara sedang menyeberangi sungai.

Menendang Bola : Minta anak-anak latihan menendang dengan bola pantai berukuran besar atau bola busa lembut. Tantang mereka untuk menyepak dengan kaki pilihan mereka, lalu berpindah ke kaki yang lain. Lihat apa mereka bisa menyepak bola dari lokasi yang Anda tentukan dan membentur dinding; dengan bertahap alihkan mereka lebih jauh dari dinding.
Anda bisa juga menggenggam, menghamparkan karet lompat tali dan lihat apa mereka dapat menyepak bola di atas atau di bawahnya.

Memukul Alat Musik : Anak-anak kecil kerap menikmati latihan memukul dengan menabuh drum-druman seperti panci dan wajan memakai sendok atau bermain dengan alat musik mainan yang lain.

error: