10 Gurun Terluas di Dunia

Hewata.com. Gurun Terluas di Dunia. Gurun sebagai wilayah yang curahan hujannya rendah. Ada gurun yang paling panas, ada pula yang malah sangat dingin. Sebagian besar wilayah gurun memang tandus, hingga tidak banyak hewan dan tumbuhan yang kerasan hidup di dalam lingkungan kering itu.

Ada prediksi jika satu pertiga dari permukaan tanah sebagai area gersang atau semi-gersang. Ada juga yang masuk ke pengelompokan gurun, yakni:

    • Letak geograris
    • Curah hujan yang diterima
    • Suhu yang berlangsung, dan
    • Penyebab dibalik desertifikasi atau penggurunan

Ada juga sedikit hewan dan tumbuhan yang hidup di gurun telah mempunyai adaptasi khusus. Hingga mereka dapat bertahan hidup di tengah-tengah lingkungan yang keras. Beberapa manusia pun begitu. Umumnya mereka dikenali sebagai “nomads” atau golongan pengembara. Mereka sebagai barisan manusia yang tinggal di gurun satu dan berpindah ke gurun yang lain. Bergantung dari akses air dan rumput.

Gurun Terluas di Dunia

Berikut gurun terluas di dunia :

1. Gurun Antartika/ Kutub Selatan

gurun terluas di dunia, gurun paling luas, 5 gurun terluas di dunia, gurun paling luas di dunia, 1. gurun terluas di dunia, gurun terluas di benua, gurun terluas adalah

Inilah gurun paling besar dan paling luas sejagat. Tempatnya menyentuh angka 5.500.000 mil persegi atau sekitaran 14.244.934 km persegi. Gurun ini berada di Kutub Selatan. Benua ini dikenali sebagai teritori paling dingin dan berangin. Permukaannya tinggi bila dibanding dengan benua yang lain. Keseluruhnya benua ini sebagai gurun. Temperaturnya benar-benar dingin. Pada musim dingin, temperaturnya dapat turun ke angka -89 derajat Celcius.

Tidak ada warga tetap di Antartika, karena temperaturnya ekstrem dan airnya kurang. Ada juga jumlah masyarakat sementara di antara 1.000-5.000. Umumnya mereka sebagai group ilmuwan beserta krunya. Biasanya mereka mengeluh masalah pandangan dan sunburn atau kulit terbakar saat tinggal di situ.

Baca Juga :   7 Suaka Margasatwa dan Hewan yang Dilindunginya

2. Gurun Arktik/ Kutub Utara

gurun terluas di dunia, gurun terluas di dunia adalah, gurun terluas, gurun terbesar di dunia, gurun yang terluas di dunia

Permukaan tanahnya capai 5.400.000 mil persegi atau range 13.985.935 km persegi. Beberapa teritori salah satu gurun terluas di dunia di-claim dan dikontrol oleh Kanada, Norwegia, Denmark, Swedia, Rusia dan Amerika Serikat. Disamping luas, gurun ini demikian dingin. Pada musim dingin, temperaturnya turun sampai -40 derajat Celcius, bahkan juga dapat semakin rendah kembali. Anginnya demikian kuat, hingga gerakkan salju. Bahkan juga fantasi ada salju terjadi secara terus-terusan.

Gurun ini benar-benar rawan pada peralihan cuaca. Bahkan juga dalam tahun-tahun ini ini, gurun Arktik memberikan teguran keras. Karena jumlah es lautnya telah menyusut mencolok. Penyusutan gurun ini juga membuat beberapa kelompok jadi sedih, karena dapat memberi imbas serius untuk permukaan air global.

3. Gurun Sahara

gurun sahara terletak di, gurun sahara terletak di benua, gurun sahara berada di benua, gurun sahara terdapat di benua, gurun sahara berada di, padang sahara, gurun sahara adalah, gurun sahara berada di negara, gurun pasir sahara, gurun pasir terluas sahara gurun, foto gurun sahara

Gurun paling besar ketiga di bumi ini jadi gurun terpanas paling luas. Tempatnya saja capai 3.500.000 mil persegi atau sekitaran 9.064.958 km persegi. Gurun Sahara menyumbangkan sebagian besar tanah di Afrika Utara, tetapi tidak terhitung daerah subur seperti Pegunungan Atlas, Maghreb dan area pesisir yang bersebelahan dengan Laut Mediterania.

Mayoritas gurun Sahara terdiri dari lanscape berbatu yang tandus. Sisi tengah gurun sahara sebagai ‘hyper-arid’, yang memiliki arti benar-benar gersang dan tidak ada vegetasi apa saja yang tumbuh di situ. Ada juga sungai gurun yang ada cuman memiliki sifat musiman, terkecuali Sungai Nil, yang mengucur melewati padang pasir ini.

4. Gurun Arab

gurun arabia, gurun arab, gurun di arab saudi, gurun pasir arab, gurun arab saudi, gurun pasir arab saudi, gurun arab saudi menghijau, gurun arabia terdapat di negara

Gurun ini berada di Asia Barat yang meliputi sebagian besar teritori Semenanjung Arab. Panggilan sebagai gurun paling besar dan terluas bukan tanpa argumen. Karena tempatnya saja capai 900.000 mil persegi, atau sekitaran 2.330.989 km persegi. Gurun ini meliputi teritori Yaman, Oman, Teluk Persia, Irak dan Yordania. Cuaca di gurun ini benar-benar kering.

Baca Juga :   Apa yang Dimaksud Dengan Globalisasi? Jelaskan Beserta Contohnya

5. Gurun Gobi

gurun gobi, gurun pasir gobi terletak di kawasan, gurun gobi terletak di, gurun gobi terletak di benua, gurun gobi terletak di negara, letak gurun gobi, gurun gobi terdapat di kawasan, gurun gobi adalah, gurun gobi terletak di asia, gurun pasir gobi, gambar gurun gobi

Gurun ini terhampar dengan luas sekitaran 500.000 mil persegi atau kira-kira 1.294.994 km persegi. Terletak pada bagian utara dan barat laut Tiongkok, dan sisi selatan Mongolia. Beberapa orang terkadang menyebutnya sebagai ‘rain shadow desert’ atau gurun bayang-bayang hujan.

Panggilan ini ada karena Gurun Gobi dekat sama Pegunungan Himalaya yang merintangi curahan hujan. Awan-awan dari Samudra Hindia jadi terhambat ke arah Gobi. Sebagian besar teritori gurun ini tidak berpasir, tetapi berbatu dan cukup terbuka. Gurun ini cukup dingin, hingga salju akan terlihat menimbun pada bukit pasirnya.

6. Gurun Kalahari

gurun kalahari, letak gurun kalahari, fakta gurun kalahari, gurun pasir kalahari, gurun sahara dan gurun kalahari berada di benua, gurun kalahari terdapat di benua, gurun kalahari adalah, gurun kalahari berada di, gurun kalahari terletak di negara, gurun kalahari terletak di benua, gurun kalahari terdapat di

Sabana luas dengan memiliki sifat semi-kering ini berada di Afrika Selatan. Luasnya sekitaran 360.000 mil persegi atau 932.395 km persegi. Lingkup daerahnya yakni Afrika Selatan, Namibia dan Botswana.

Selainnya luas, gurun ini populer karena tempat tertutup pasir merah dan tidak mempunyai drainase air permukaan yang tetap. Salah satu sungai tetap di gurun ini yakni Okavango, yang airnya mengucur ke delta di samping barat laut gurun ini. Tetapi Gurun Kalahari jadi rumah untuk beberapa vegetasi seperti kaktus dan tumbuhan semak tertentu.

7. Great Victoria Desert

gurun victoria, gurun victoria terletak di, keberadaan gurun victoria di benua australia terjadi karena australia, gurun great victoria, gurun victoria australia, gurun victoria dan gurun gibson terdapat di benua, gurun victoria terdapat di australia bagian, letak gurun victoria

Dengan luas sekitaran 220.000 mil persegi atau range 569.797 km persegi, Great Victoria Desert jadi gurun yang paling besar di Australia. Gurun ini terhampar dari Gawler ranges di Australia Selatan ke arah Eastern Goldfields di Australia Barat.

Gurun ini dekat dengan badai petir. Tiap tahunnya, rerata terjadi 15 sampai 20 kali badai petir. Bila masuk musim dingin, temperatur di gurun ini turun ke angka 20 derajat celcius. Saat datang musim panas, temperaturnya sekitar di antara 32-40 derajat Celcius. Dari tahun ke tahun, curahan hujan di gurun ini tidak pasti. Tetapi biasanya memang rendah.

Baca Juga :   Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

8. Gurun Patagonian

gurun patagonia, nama gurun, nama nama gurun, nama gurun di dunia, kenapa gurun jarang hujan

Gurun ini jadi yang terluas di Argentina atau Amerika Selatan. Tempat permukaan atasnya sama dengan gurun Suriah, yaitu 200.000 mil persegi atau kira-kira 517.997 km persegi. Terletak benar ada di Argentina, tetapi gurun ini semakin makin tambah meluas ke beberapa daerah Chili.

Gurun ini bersebelahan dengan Pegunungan Andes di samping barat dan Samudra Atlantik di samping timur. Gurun ini demikian dingin. Temperatur rata-ratanya sekitaran 3 derajat Celcius. Udara gunung yang turun menimbulkan gurun ini relatif berangin.

9. Gurun Suriah

gurun, nama gurun, nama gurun di dunia, nama nama gurun di dunia, nama gurun di afrika, dimana suriah, gurun gurun di dunia

Gurun ini demikian unik, karena sebagai hasil gabungan di antara padang rumput dan gurun sejati. Terletak di samping utara dari Semenanjung Arab, Suriah. Luasnya sekitaran 200.000 mil persegi atau sekitaran 517.997 km persegi. Walau datar, gurun ini terlihat berbatu. Wujud alam itu muncul karena kegiatan gunung berapi di teritori Jebel Druze, Suriah. Gurun ini sendiri meliputi beberapa daerah Yordania, Arab Saudi, Irak dan Suriah tersebut.

10. Gurun Great Basin/ Great Basin Desert

gurun basin, gurun, gurun batu, gurun great basin, gurun hd, gurun indonesia, gurun hijau, gurun ... = pulau

Berikut gurun paling besar yang berada di Amerika Serikat. Tempat permukaan tanahnya sekitaran 190.000 mil persegi, atau sekitaran 492.097 km persegi. Di samping timurnya bersebelahan dengan Pegunungan Rocky, di samping baranya dengan Pegunungan Sierra Nevada, samping selatannya dengan Pegunungan Sonoran dan Mojave dan samping utaranya dengan Daratan Tinggi Kolombia.

Gurun Great Basin sebagai padang pasir yang dingin. Suhunya unik. Pada musim panas, gurun ini demikian gersang. Pada musim dingin, gurun ini akan bersalju. Apa anda tertarik berkunjung ke salah-satu gurun di atas?

error: