11 Jenis Ikan Asin yang Enak dan Terkenal

Posted on

Hewata.com. Rasa dan wangi yang unik dari ikan asin, kerap kali sukses membuat beberapa orang merindukan kampung halaman. Nasi putih hangat, pete, sambal, dan lalap jadi pengiring setia yang paling perfect!. Ditambah, bila ditambahkan nuansa alam saat melahapnya dengan keluarga. Sempurna.

Jenis Ikan Asin

Tetapi, sebagai pencinta makanan nusantara, seberapa akrab kamu dengan lauk asin atau ikan asin? Sebab, rupanya ada beragam macam ikan asin yang dipasarkan di pasar, lho. Check dahulu, dech. Apa kamu telah mencoba semua? Berikut 11 jenis ikan asin yang terpopuler di Indonesia :

1. Jambal roti

ikan asin jambal roti harga, ikan asin jambal roti dari ikan apa

Walau harganya termasuk mahal, di range 90 – 100 ribu per kg, jambal yang dibuat dari ikan manyung ini sangat digemari oleh warga Indonesia. Lumrah saja, wujud yang tebal dan cukup empuk bak roti dan rasa yang nendang, membuat ikan jambal roti pas dan gampang dibuat jadi bermacam sajian nusantara yang sedap.

2. Katamba

jenis ikan asin, ikan.asin, macam-macam ikan asin, jenis-jenis ikan asin, jenis jenis ikan asin, macam ikan asin, macam2 ikan asin, jenis ikan asin tipis, jenis ikan asin yang enak, nama ikan asin, beli ikan asin segala jenis yg grosiran, jenis jenis ikan asin dan harganya
Jenis Katamba

Untuk yang kerap main ke pasar ikan, katamba tentulah telah akrab. Daging yang lunak dan memiliki rasa renyah yang sedap membuat katamba sangat disukai. Ikan katamba asin yang menjadi ciri khas Makassar ini biasanya mempunyai harga sekitaran 80 – 100 ribu per kg.

Baca Juga :   15 Makanan yang Mengandung Karbohidrat

3. Teri jengki

macam macam ikan asin, jenis jenis ikan asin, jenis ikan teri, macam ikan asin, macam2 ikan asin, jenis ikan asin tipis, macam macam ikan asin dan harganya, jenis ikan asin yang enak, macam macam ikan asin dan gambarnya, jenis jenis ikan teri

Sistem pengasinan sering dilaksanakan untuk mengawetkan ikan teri yang banyak dan gampang membusuk. Biasanya, teri jengki asin dimasak bersama tempe jadi makanan kering yang bertahan lama. Harga yang murah menjadi satu diantara kelebihannya, yakni sekitaran 40 ribu – 70 ribu per kg.

3. Cucut

Harga ikan cucut asin di beberapa wilayah demikian bervariatif, dimulai dari beberapa puluh ribu sampai beberapa ratus ribu rupiah. Sementara dari sisi rasa, pasti mempunyai rasa sedap yang serupa. Cucut bisa kamu buat jadi pepes, balado, dan bermacam kreativitas yang lain.

4. Peda

ikan asin peda, ikan asin peda merah, ikan asin pedas, ikan asin peda enaknya dimasak apa

Ikan Peda adalah produk hasil laut berupa ikan yang diawetkan melalui pengawetan makanan yang diproses memakai tehnik pengawetan secara fermentasi dan penggaraman. Ikan peda umumnya dibikin dari ikan kembung betina (Rasterliger neglectus). Disajikan bersama nasi hangat, sambal, lalap, pete, hmm… siap menggoyang lidah.

Baca Juga :   Wajib Coba, 15 Makanan Lezat Khas Betawi

Terhitung ikan terpopuler, tidak susah untuk menemukan ikan peda asin di swalayan atau pasar tradisional. Ditambah, harga ikan asin peda juga cukup dapat dijangkau di range harga 65 ribu per kg. Walau termasuk murah, rasa peda demikian sedap, baik sekedar ditumis atau dibuat jadi pepes.

5. Rebon

udang rebon, jenis ikan asin, macam-macam ikan asin, jenis-jenis ikan asin, macam ikan asin, macam2 ikan asin, nama ikan asin, jenis jenis ikan asin dan harganya, nama ikan asin dan gambarnya, jenis ikan asin dan gambarnya, jenis jenis ikan asin dan gambarnya, nama2 ikan asin

Tidak demikian mahal, rebon asin yang dibuat dari udang-udang kecil ini dibandrol di range harga 40 – 60 ribu per kg. Disamping berbentuk tumisan, rebon asin juga pas jadi bahan tambahan yang menambahkan kesedapan peyek dan bermacam sambal.

6. Gabus

macam2 ikan asin, jenis jenis ikan air asin, ikan asin sebelah, nama2 ikan asin, contoh ikan asin, bentuk ikan asin, macem2 ikan asin, penjelasan ikan asin, macam ikan asin kecil, macam macam jenis ikan asin, jenis ikan asin paling enak
Ikan Asin Gabus

Saat sebelum proses penggaraman, ikan gabus sudah dibuat bersih dari isi perut, sisik, dan insangnya, sampai menghasilkan ikan asin yang sedap, bersih, dan berkualitas. Proses pemrosesan yang cukup kompleks, membuat harga ikan gabus termasuk mahal dan dapat menggapai harga 80 – 120 ribu per kg. Untuk menikmati ikan gabus asin, kamu bisa membuat menjadi bermacam hidangan, seperti sambal ijo, balado, atau sambal goreng.

7. Tenggiri

Masih bersaudara dengan makarel dan tuna, ikan tenggiri mempunyai rasa yang unik dan kerap kali jadi bahan pembikinan pempek ciri khas Palembang, amplang ciri khas Samarinda, dan kudapan olahan ikan yang lain. Sementara ikan tenggiri lebih cocok bila ditumis dan disajikan bersama sambal. Harga juga termasuk mahal, sekitar di antara 140 – 180 ribu per kg.

Baca Juga :   15 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, Bikin Tulang Kuat!

8. Teri Medan

Memiliki ukuran kecil dengan rasa renyah yang kuat, membuat ikan teri Medan asin jadi bahan tambahan unggulan dalam bermacam tumisan dan beragam macam sambal. Harga teri Medan juga termasuk mahal, sekitaran 70 – 100 ribu per kg. Ikan teri Medan sering disebutkan teri nasi karena warna yang putih dan ukuran yang kecil-kecil.

9. Cumi-cumi

Rasa renyah yang unik dan sedap dari cumi-cumi asin tidak perlu diragukam lagi. Namun, kamu harus pintar-pintar memprosesnya supaya struktur cumi lebih gampang dikunyah dan tidak keras. Biasanya, satu kg cumi-cumi asin dibandrol pada harga 60-90 ribu per kg.

11. Tanjan

Ikan tanjan, ikan asin tipis, ikan kering, jenis ikan asin, harga ikan asin, jenis jenis ikan asin, macam2 ikan asin, jenis ikan asin tipis

Ikan yang enak jika digoreng atau di garang kering lalu dihidangkan bersama dengan nasi hangat, rasanya maknyus. Harganya per kilo -+ sekitar Rp. 60.000. Tapi beli 2000 rupiah pun bisa mengenyangkan perut ko.

Nah, jenis ikan asin nomor berapakah yang pernah dan belum kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *