Ikan Channa Maru dan Makanan Kesukaannya

Posted on

Hewata.com. Ikan Channa Maru. Channa: dari bahasa Latin channe, digunakan untuk merujuk pada spesies ikan perch laut yang tidak ditentukan. marulioides: dari nama spesifik marulius dan kata eidos dari Yunani Kuno, yang berarti ‘bentuk, rupa’, mengacu pada kemiripan spesies ini dengan kerabatnya C. marulius.

jenis ikan channa maru, gambar ikan channa maru, umur ikan channa maru, makanan ikan channa maru, pakan ikan channa maru yellow sentarum, ikan channa maru adalah, makanan ikan channa maru agar cepat besar

Channa, biasanya dikenali sebagai Ikan Snakeheads, ialah ikan predator primitif dan bagian dari family Channidae.

Mereka adalah sekumpulan ikan perciform (seperti ikan perch) yang afinitasnya tidak dikenali, walau study terkini mengenai filogeni molekuler ikan bertulang memandang snakehead sebagai yang paling dekat hubungannya dengan ikan labirin (anabantoids) dan belut synbranchiform, yang termasuk sebagai belut berduri.

Genus Channa berisi 31 spesies yang asli di seluruh Asia datang dari Iran tenggara dan Afghanistan timur ke arah timur lewat Pakistan, India, Myanmar, Nepal, Bangladesh, Thailand, Laos, Malaysia, Sumatra – Indonesia, Vietnam, Korea, dan Cina ke arah utara ke Siberia.

3 spesies dari genus Parachanna yang berkerabat dekat datang dari bagian Afrika.

Ikan Channa Maru

Channa marulioides (Emperor Snakehead atau Snakehead Kaisar, Cobra Snakehead) tumbuh optimal 65 cm dan datang dari Thailand Selatan, Malaysia, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Timur, Bangka Belitung, Samarinda dan Kepulauan Sunda Besar.

Channa maru menempati sungai yang semakin besar dan danau pedalaman. Serupa dengan C. micropeltes Channa marulioides adalah dari sedikit Snakehead pelagis. Dalam kontrak untuk mayoritas Snakehead, spesies ini cukup jinak dan tolerir pada spesimen dari spesies yang sama atau ikan besar yang lain. Tingkat invasi cukup meningkat saat spesimen Channa maru jadi dewasa secara seksual.

Baca Juga :   10 Ayam Aduan Super Istimewa

Walau menu ikan kecil tentu ada, Channa marulioides mengutamakan diri dalam memburu krustasea. Channa marulioidis benar-benar serupa dengan spesies C. marulius (maruliodes bahkan juga memiliki arti ‘sesuatu seperti marulius’). C. maruliodes diperbedakan oleh ocellus di dekat ekor, yang akan memudar saat spesimen mencapai 50 cm.

1. Akuarium Ikan Channa

Karena ukuran, Channa marulioidis bukan ikan yang pas untuk dipelihara di akuarium. Untuk memiara pasangan dewasa dibutuhkan akuarium yang besar sekali. Tempat tanam yang padat dengan beberapa ruangan renang dibutuhkan dan beberapa titik gelap dibutuhkan.

Tumbuh maksimum 56 cm Channa marulius terlalu besar untuk kebanyakan setup akuarium. Untuk snakehead besar spesies ini relatif damai, menggabungkan mereka dengan spesies ikan besar lainnya tampaknya mungkin.

2. Suhu yang Tepat untuk Ikan Channa Maru

Temperatur: 22 – 30 °Celcius
pH: 6,0 – 8,0

Kesalahpahaman yang biasa adalah jika ikan yang bernafas dengan udara hidup di air yang tergenang dan kotor di alam liar dan oleh karena itu keadaan air bersih tidak diperlukan di akuarium.
Sementara mayoritas spesies bisa mentolerir beragam keadaan air, banyak yang masih kurang baik saat keadaan air memburuk atau mengalami peralihan yang cepat (seperti pada pergantian air besar-besaran).

Baca Juga :   Ular Sanca (Pythons)

Banyak snakehead hilang oleh aquarist pemula atau mereka yang mahir sekalipun karena penggantian air yang besar dan pengenalan tangki yang terlalu cepat.

Pergantian air sebaiknya 15% satu minggu seharusnya baik-baik saja. Penyaringan yang bagus dibutuhkan, bila tidak jumlah makanan akan menghancurkan air secara cepat.

Channa ialah ikan yang suka kabur, bahkan dikenal fenomenal dalam hal ini. Dengan badan berotot mereka bisa menekan diri mereka sendiri dan melarikan diri lewat tiap sela serta mengusung penutup. Penutup yang cocok ialah satu kewajiban.

Channa harus mengisap udara bila tidak mereka akan tenggelam, oleh karena itu akuarium membutuhkan celah udara di antara permukaan air dan penutup tangki.

ikan channa maru, gambar ikan channa maru, umur ikan channa maru, makanan ikan channa maru, pakan ikan channa maru yellow sentarum, ikan channa maru adalah, makanan ikan channa maru agar cepat besar

3. Makanan Channa Maru

Mereka merupakan karnivora. Predator yang memakan ikan kecil, amfibi dan serangga darat di alam tapi dalam beberapa kasus beradaptasi dengan baik.

Beberapa spesimen bahkan juga menerima makanan kering walau ini tidak boleh menjadi makanan pokok.

Ikan muda bisa ditawari larva chironomid (cacing darah), cacing tanah kecil, udang cincang dan semacamnya sementara ikan dewasa akan menerima potongan daging ikan, udang/udang utuh, kerang, dan lain-lain.

Biasanya semua makanan hidup akan dikonsumsi. Seringkali ikan akan menerima makanan beku, potongan ikan serta pelet daging yang tenggelam. Jangan memberikan makan ikan dengan daging sapi atau daging ayam.

Baca Juga :   Apa Itu Kucing Sphynx?

Beberapa makanan dari sumber daging seperti hati sapi atau hati ayam ini tidak bisa dimetabolisme secara baik oleh ikan dan bisa mengakibatkan tumpukan lemak berlebihan serta degenerasi organ.

Demikian pula tidak ada manfaat dalam penggunaan ikan ‘pengumpan’ hidup atau ikan mas kecil yang membawa resiko parasit atau masuknya penyakit dan bagaimanapun cenderung tidak mempunyai nilai gizi yang tinggi kecuali dikondisikan dengan baik sebelumnya.

Snakehead muda perlu dikasih makan setiap hari saat mereka tumbuh, tapi begitu mereka mencapai 30 cm, 2-4 kali seminggu sudah cukup. Ikan ini tidak memerlukan makan tiap hari seperti yang dipercaya secara umum. Kenyataannya, masa puasa untuk pencernaan yang baik ialah langkah yang sehat untuk menghindari perkembangan bakteri intern dan sembelit yang kemungkinan mengakibatkan kembung.

Ikan yang tumbuh harus diberi makan memakai alat untuk mencegah cedera, pada manusia.

4. Cara Ikan Channa Berkembang Biak

Budidaya Channa marulioidis memerlukan ruangan, khususnya untuk memelihara banyak ikan muda. Disebutkan jika spesies ini berkembang biak di bulan November. Telur diletakkan di substrat terlebih dahulu dan akan naik ke permukaan. Induk akan menunjukkan perawatan yang ekstensif dan bertahan lama.

Saat anak-anak berenang bebas, induknya akan berkeliling-keliling dengan mereka, seperti bebek dengan saudara-saudaranya.

Sepanjang masa ini mereka akan menyerang apa saja yang bergerak di dekat akuarium. Saat tidak cukup ruangan yang ditawarkan, kadang ikan dewasa akan saling menyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *