Macam-Macam Ikan Hias yang Ada Di Indonesia

HEWATA.com – Ikan adalah salah satu makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang hidup di air. Ikan Mas terbagi menjadi dua kategori, yaitu ikan mas yang biasa dikonsumsi dan yang dijadikan ikan hias. Jenis-Jenis ikan mas yang bisa dikonsumsi pun bermacam-macam. Begitu pula jenis-jenis ikan hias banyak variasinya.

Jika membahas seputar ikan mas hias yang menjadi sorotan banyak orang maupun penghobi ikan hias tentu saja tidak akan ada habisnya. Ikan mas sebagian merupakan jenis ikan hias tetapi sekaligus juga bisa dijadikan sebagai lauk atau konsumsi.

Sekarang ini sudah banyak sekali peternak ikan yang memilih membudidayakan ikan mas dari pada ikan lain. Selain ikan ini mempunyai harga ekonomis, ikan ini juga mudah sekali Anda dapatkan dipasar ikan.

Tak hanya itu, ibu-ibu rumah tangga yang dulunya hanya tahu untuk konsumsi, sekarang ini malah menemukan manfaat lain dari ikan mas yaitu sebagai ikan hias. Anda juga jangan sampai ketinggalan mengoleksi ikan mas hias ya!

Ikan yang mempunyai warna cantik dan indah seperti perhiasan yang mengkilap dan cemerlang ini juga sangat cocok untuk hiasan aquarium ruangan Anda lho!

Jenis-jenis ikan mas pada umumnya dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu ikan mas konsumsi dan hias. Jenis-jenis ikan mas konsumsi adalah jenis-jenis ikan mas yang dikonsumsi atau dimakan oleh masyarakat untuk diambil manfaatnya sembari memenuhi kebutuhan nutrisi hewan.

Ikan mas hias itu pada umumnya akan digunakan untuk bisa memenuhi kepuasan batin seseorang ataupun untuk dekorasi atau pajangan. Biasanya juga bisa dipelihara di kolam taman ataupun di akuarium.

Pakan ikan mas ini bisa berupa pelet, kotoran manusia, kotoran hewan, daun-daunan, dan sisa-sisa makanan. Dengan begitu, budidaya dan perawatannya sangat mudah, bukan?

Lain lagi dengan jenis ikan mas hias, ikan ini dipelihara untuk kepuasan batin pemiliknya, karena hanya digunakan sebagai hiasan saja.

Ikan mas hias tersebut harus diletakkan di tempat khusus seperti akuarium atau kolam. Pakannya pun khusus seperti pelet. Dengan begitu, perawatannya pun membutuhkan perlakuan khusus.

Berikut ini adalah macam-macam ikan hias yang ada di Indonesia.

Jenis Ikan Mas Putri Yogya atau Sinyonya

Jenis Ikan Mas Putri Yogya atau Sinyonyavia memancing.info
Jenis ikan ini memiliki nama yang unik dan menarik, ya. Sekilas namanya mirip dengan perempuan cantik, ikan ini mudah sekali bertelur dan beranak. Di pasaran, ikan ini pun tercatat sebagai ikan mas terbanyak. Selain itu, ikan mas ini juga bisa dikonsumsi maupun dijadikan hiasan.

Ikan mas ini mempunyai klasifikasi serta juga morfologi dengan bentuk tubuh yang memanjang atau long bodied form. Punggungnya juga lebih rendah jika dibandingkan dengan Ikan Mas Punten. Siksiknya berwarna kuning muda seperti jeruk sitrus.

Ikan muda bermata menonjol sedangkan yang tua bermata sipit. Ikan ini tergolong lebih jinak dibanding Ikan Mas Punten dan suka berkumpul di permukaan air.

Jenis Ikan Mas Punten

Jenis Ikan Mas Puntenvia digilibadmin.unismuh.ac.id
Ikan mas ini banyak dibudidayakan oleh warga Punten, Malang, Jawa Timur. Ciri-ciri morfologinya berbentuk tubuh pendek, punggungnya tinggu, dan berwarna hitam kekuningan.

Jenis Ikan Mas Taiwan

Jenis Ikan Mas Taiwanvia flickr.com
Macam-macam ikan hias yang ada di Indonesia berikutnya yitu ikan mas Taiwan. Ciri-ciri morfologi dari Ikan Mas Taiwan ini bentuk badannya terlihat memanjang. Pada bagian punggungnya terlihat seperti busur dengan posisi agak membulat.

Sisiknya berwarna hijau kekuningan sedangkan tepi siripnya kemerahan. Ikan ini sangat responsif terhadap makanan sehingga suka berebutan. Diduga jenis ikan ini berasal dari Taiwan lalu diintroduksi dan dibudidayakan di Indoonesia.

Jenis Ikan Mas Merah

Jenis Ikan Mas Merahvia ehost.co.id
Ikan ini bersisik merah keemasan dan berbadan relatif memanjang. Dibanding Sinyonya, ikan ini berpunggung lebih rendah dan tidak lancip. Sedangkan matanya agak menonjol. Ikan ini dominan berada di bawah air untuk mencari makanan.

Ikan Mas Yamato

Ikan Mas Yamatovia ikamai.in
Bentuk tubuh dari ikan ini terlihat memanjang. Sisik ikan ini berwarna hijau kecoklatan. Ikan tersebut banyak sekali ditemukan di wilayah Asia Timur seperti negara Cina dan Jepang. Sedangkan para petani Indonesia kurang meminatinya.

Ikan Kumpay

jual Ikan Mas hias Kumpay slayervia jualikankoi.co.id
Saat berenang, ikan mas ini terlihat sangat cantik, siripnya panjang dan berumbai. Warna sisik bervariasi, antara bintik-bintik kuning dan hitam di bagian belakang, yang membuatnya terlihat indah. Terkadang, ikan mas ini juga digunakan untuk konsumsi masyarakat.

Ikan Kancra Domas

jual Ikan Mas hias Kancra Domas goldfishvia blogspot.com
Namanya agak asing, tetapi justru menjadi jenis ikan mas yang banyak dikonsumsi. Bentuk tubuh memanjang. Gerakannya mirip dengan ikan mas Taiwan, yang selalu aktif dan kurang jinak. Sisiknya kecil dan susunannya tidak teratur.

Warna sisik dari ikan ini bervariasi, ada yang berwarna biru, coklat, serta juga hijau. Sisik punggungnya gelap. Semakin dekat ke perut, warnanya menjadi semakin keperakan dan keemasan.

Ikan Mas Kaca

jual beli Ikan Mas hias Kaca goldfishvia wikipedia.org
Macam-macam ikan hias yang ada di Indonesia lainnya, yaitu mas kaca. Dinamakan dengan ikan mas kaca ini karena ikan ini mempunyai tubuh yang jarang dengan sisik. Dan di bagian-bagian di mana tidak ada sisik yang dapat dilihat hingga ke tulang, seperti halnya kaca.

Di sepanjang garis rusuk (garis rusuk) dan di sekitar pangkal sirip ada sisik putih mengkilap. Sisiknya besar dan tidak seragam.

Ikan Mas Fancy

Ikan Mas hias Fancy goldfishvia facebook.com
Bentuk dari tubuh ikan mas ini terlihat memanjang dan mempunyai variasi warna yaitu antara kuning dan juga merah. Di tubuhnya ada bintik-bintik hitam. Karena ragam warna itulah ikan mas ini disebut fancy.

Ikan Koi

jual Ikan Koi murahvia youtube.com
Ikan mas tubuh bulat ini berasal dari Jepang, dan dikenal sebagai ikan Koi. Sekitar 1980 orang Indonesia mulai mengenalnya. Tanda dan karakteristik Ikan Koi:

  • Memiliki berbagai skala warna seperti, kuning, merah cerah, hitam, dan variasi dari semua warna ini.
  • Dari kombinasi warna dan pola bentuk yang terlihat, itu membuat ikan koi semakin mendominasi pasar, banyak serat membuatnya menjadi tempat bisnis dan bisnis ikan hias.
  • Ikan Koi memiiki nama yang sesuai dengan pola dan warna tubuh mereka, misalnya platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi dan taishusanshoku nishikigoi.

Ikan Mas Oranda

Ikan Mas hias Oranda goldfishvia fishkeepingworld.com
Di Indonesia, peminat dari ikan jenis ini cukup banyak, hal ini adalah karena selain harga nya yang tidak terlalu mahal namun oranda juga memiliki warna dan corak yang cantik. Untuk oranda yang berukuran jumbo atau sangat besar bisa mencapai 2x lipat dari ukuran ikan koki pada umum nya.

Ciri-ciri khas dari ikan mas oranda yaitu mempunyai tonjolan seperti halnya rasberry yang mana hampir dari seluruh tubuhnya menutup seluruh bagian kepala. Hal inilah yang membuat wajah ikan ini terlihat cukup unik. Selain itu, ikan ini juga memiliki ekor yang panjang dan tidak mudah stress.

Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan akan memelihara jenis ikan mas apa? Jangan lupa untuk Demikian tentang macam-macam ikan hias yang ada di Indonesia, semoga saja akan memberikan manfaat sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda semua.

You May Also Like

error: Content is protected !!