Jenis-jenis Jambu Air Unggulan, Paling Manis!

Hewata.com. Jenis jambu air Cincalo merah dan Cincalo hijau paling banyak permintaan bibitnya, baru kemudian menyusul jambu lilin, jam apel, jambu camplong dan jambu semarang. Apa saja keistimewaan masing-masing jenis jambu air itu?

Jenis Jambu Air

Masing-masing jambu air itu mempunyai daya tarik sendiri-sendiri, dan hampir semuanya mudah tumbuh serta cepat besar kalau sudah di tanam. Bentuk buahnya yang menarik dan ukurannya yang cukup besar, membuat masing-masing buah jambu air itu bernilai jual yang baik.

1. Jambu Air Cincalo Merah dan Hijau

jenis jambu air, jenis-jenis jambu air, jenis jenis jambu air, macam-macam jambu air, macam2 jambu air, jenis2 jambu air, jenis jambu air unggulan, jenis jambu air yang paling manis

Cincalo artinya jambu enak dan manis. Daging buahnya renyah dan rasanya menyegarkan. Bentuk buahnya memanjang mirip lonceng. Ada dua macam warna buah yang dikenal orang, yaitu merah dan hijau.

Cincalo merah, yang warnanya merah tua kecokelatan, kalau sudah matang berukuran paling besar, dibandingkan dengan cincalo lainnya, ia dikenal dengan sebutan cincalo gondrong.

Buahnya memanjang sekitar 7 cm, dengan diameter ujung sekitar 6 cm. Buah jambu air yang sangat enak dan tidak berbiji ini berasal dari Desa Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kabupaten Tangerang.

Jambu air cincalo merah yang ukuran buahnya lebih kecil, juga seperti lonceng bentuknya, tetapi agak gemuk membulat bagian tengahnya.

Kadang-kadang berbiji, tetapi umumnya tidak. Jambu ini banyak ditanam petani di daerah Bojong Gede, Bogor. Dulu dikembangkan para ahli Belanda di kebun Buah-buahan Pasar Minggu, sekitar tahun 1920-an.

Buah Cincalo hijau berwarna hijau. Bentuk dan ukurannya tidak jauh berbeda jauh dengan cincalo merah yang kecil itu. Rasanya juga enak, renyah, segar dan manis seperti cincalo lainnya.

2. Jambu Air Lilin

jenis jambu air merah, jenis jambu air paling manis, jenis jambu air terbaik, gambar jenis jambu air, jenis jambu air yang manis, jenis jambu air termanis

Jambu lilin diduga berasal dari Bangkok. Sebutan lilin mungkin berasal dari kata “lien lin” yang artinya jambu enak. Buahnya juga dua macam warnanya. Hijau dan merah. Yang hijau tinggi memanjang antara 4,5 – 6 cm, dengan diameter sekitar 3,2 cm. Warnanya hijau muda ketika masih muda dan hijau gelap kecokelatan setelah matang. Kulit luarnya licin, daging buahnya padat tak bergabus, manis rasanya.

Buah yang merah berukuran 7 – 10 cm, dengan diameter sekitar 4 cm. Sewaktu masih muda berwarna putih, tapi kemudian berangsur-angsur menjadi merah menyala setelah matang. Daging buahnya padat, tak bergabus, tidak berbiji, manis dan segar rasanya.

3. Jambu Air Apel

jenis jambu air, jenis jenis jambu air, jenis jambu air yang paling manis, jenis jambu air hijau, jenis jambu air warna putih, semua jenis jambu air, gambar jenis jambu air
Jambu Air Apel – via : @alvinmalana

Bentuk buahnya bulat segitiga memanjang mirip apel. Ukurannya sedang, rata-rata per kg berisi 15 butir saja. Kalau masih muda hijau warnanya, dan akan berubah menjadi putih atau putih keunguan setelah matang. Daging buahnya padat, agak kering dan manis rasanya. Buahnya ada yang berbiji ada yang tidak.

4. Jambu Camplong

jambu air, jambu air hijau, jambu air putih, macam macam jambu air, jenis jenis jambu air, nama latin jambu air, macam jambu air

Jambu camplong diduga berasal dari Desa Slabayan Kecamatan Camplong Kabuaten Sampang, Madura. Bentuk buah jambu ini membulat segitiga. Warna buahnya ada yang merah, ada yang putih.

Daging buah jambu yang putih agak padat, tetapi manis rasanya. Jambu yang merah sebenarnya tidak merah benar warnanya, melainkan merah kehijau-hijauan. Daging buahnya halus dan empuk, sedang rasanya manis dan segar. Bobot atau ukuran berat rata-rata kedua jambu air itu 80 – 100 gram per buah.

5. Jambu Semarang

warna jambu air, jenis2 jambu air, jambu air, jambu air hijau, macam macam jambu air, jenis jenis jambu air, nama latin jambu air, macam jambu air, nama ilmiah jambu air

Bentuk buah jambu semarang mirip genta. Warna buahnya juga dua macam, putih dan merah. Yang putih sekitar 4 cm, dengan diameter, dengan diameter sekitar 6 cm. Kulit luarnya licin berwarna putih susu.

Daging buahnya empuk, rasanya tak begitu manis, walaupun tetap segar. Yang merah panjangnya 5-6 cm, dengan diameter sekitar 5 cm. Walau kulit luarnya merah, tetapi daging buahnya putih, empuk, manis dan segar.

Semua varietas tanaman jambu itu dapat tumbuh menjadi pohon setinggi 5 – 15 meter. Pohon umumnya bertajuk rendah, dengan percabangan yang banyak. Biasanya berbuah setahun sekali. Hasil buah perpohonnya sangat lebat. Kalau tanamannya berbunga pada bulan April sampai Juni, buahnya mulai bisa dipetik antara Juli sampai Agustus.

You May Also Like

error: Content is protected !!