10 Jenis-Jenis Monyet di Dunia

Hewata.com. Jenis Monyet. Apa pendapatmu tentang hewan bernama monyet? Sebagian orang kerap melibatkan hewan ini dalam perkataan kasar atau yang berisi ejekan. Namun faktanya, monyet menjadi salah-satu hewan yang dinilai paling pintar.

Jenis Monyet di Dunia

Karena itu, banyak juga orang yang mengagumi hewan yang satu ini. Perlu diketahui bahwa di dunia ini ada sekitar 280 spesies monyet yang hidup. Karena itu, list top 10 ini tentu terbilang tak mudah. Berikut ini hasil dari kategori monyet paling lucu, keren dan mengagumkan di dunia.

Apa saja? Jom!

1. Monyet “Dusky Leaf”

jenis jenis monyet, macam macam monyet, jenis2 monyet, macam monyet, jenis jenis monyet di dunia, jenis monyet kecil, macam macam jenis monyet

Monyet dusky leaf sering disebut juga sebagai lutung berkacamata atau monyet daun yang berkacamata. Primata yang satu ini termasuk dalam keluarga Cercopithecidae. Kita bisa menemukan monyet yang cukup lucu ini di Malaysia, Thailand dan Burma.

2. Monyet Macaque Jepang

monyet jepang, monyet berendam, monyet berenang, macam macam jenis kera, monyet kepala putih, jenis monyet pantai

Monyet yang satu sering dipanggil juga sebagai monyet salju. Alasannya karena macaque Jepang memang hidup di area daratan yang tertutup salju tiap tahunnya. Di Jepang sendiri monyet ini sering disebut juga sebagai Nihonzaru atau saru. Monyet ini begitu familiar di sana.

Baca Juga :   Burung Elang Putih yang Langka

3. Monyet Gelada

jenis monyet, jenis-jenis monyet, jenis jenis monyet di dunia, macam macam jenis monyet, macam jenis monyet

Monyet gelada sering disebut juga sebagai baboon gelada. Jenis monyet ini menjadi salah-satu yang paling tua, yang hanya ditemukan di dataran tinggi Ethiopia. Populasi besarnya pun terbatas di Pegunungan Semien. Mereka gemar menghabiskan waktu dengan mencari makanan di padang rumput.

4. Monyet Kepala Putih

Monyet jambul, monyet jambul kepala putih, monyet kepala putih

Ada yang menyebut lutung ‘white-headed’, ada juga yang menamainya ‘golden-headed’ atau lutung Cat Ba. Monyet berkepala khas ini menjadi salah-satu yang hampir punah. Bahkan masuk dalam daftar “25 primata dunia yang terancam punah”. Biasanya mereka dapat ditemukan di provinsi Guangxi, sebelah selatan Tiongkok. Sedikitnya ada sekitar 70 lutung yang tersisa di dunia.

5. Orangutan

hewan langka indonesia yang dilindungi oleh dunia internasional adalah, hewan langka indonesia yang dilindungi, hewan langka indonesia dan asalnya, hewan langka indonesia beserta asalnya, hewan langka indonesia adalah, hewan langka indonesia yang hampir punah, hewan langka indonesia bagian timur, hewan langka indonesia bagian tengah, hewan langka asal indonesia, hewan langka asli indonesia yang harus dilindungi

Bodinya yang besar menjadi salah-satu karakter utama orang utan. Mereka juga berbulu tipis dan berwarna cokelat kemerahan. Sudah kita ketahui bersama kalau hewan ini asli dari negeri Indonesia, serta negeri jiran Malaysia. Orang utan biasa ditemukan di kawasan hutan Borneo dan Sumatera.

Baca Juga :   Informasi dan Fakta Tentang Lebah

6. Tonkin snub-nosed Monkey (Monyet Emas Berhidung Pesek)

jenis monyet, monyet yang lucu, jenis-jenis monyet, jenis jenis monyet di dunia, jenis monyet yang tidak bisa besar, macam macam jenis monyet, macam jenis monyet, nama jenis monyet

Hewan ini memiliki 3 spesies, namun yang berhidung istimewa ini yang paling banyak tersebar di daerah aslinya. Monyet yang termasuk sudah tua di dunia ini tinggal di hutan pegunungan yang ada di area Tiongkok barat daya dan tengah. Orang Tiongkok sendiri sering menyebutnya sebagai Suchuan berambut emas. Mereka berasal dari subfamily Colobinae.

7. Baboon

Baboon, Hewan Babon

Baboon menjadi spesies paling banyak dari primata. Mereka biasanya ditemukan di Republik Demokratik Kongo, di Afrika tengah dan Arab. Ukuran dan beratnya beragam, sesuai dengan spesies dari baboonnya sendiri. Kalau Baboon Guinea memiliki panjang 50 cm dan beratnya hanya 14 kg, sementara yang jenis Chacma bisa mencapai 120 cm dengan bobot seberat 40 kg.

8. Langur Kaki Merah

jenis monyet, jenis-jenis monyet, jenis jenis monyet di dunia, jenis monyet yang tidak bisa besar, macam macam jenis monyet, macam jenis monyet, nama jenis monyet

Selanjutnya masih merupakan monyet yang sudah tua, dan menjadi salah-satu yang paling colorful. Ada yang sampai menyebutnya ‘customed ape’, sebab memang penampilannya yang sedikit mencolok dan seperti mengenakan kostum khusus.

Dari area lutut sampai engkel seperti stocking merah maroon, sementara area lengannya seperti mengenakan sarung tangan panjang berwarna putih. Lalu masing-masing tangan dan kakinya berwarna hitam. Sementara itu wajahnya yang keemasan seperti dihiasi jenggot putih. Lalu area matanya juga seperti diperindah dengan polesan birunya. Sementara ekornya berwarna putih.

Baca Juga :   6 Kucing Indonesia yang Tidak Kalah Keren!

9. Bekantan

monyet bekantan, monyet jenis bekantan

Monyet jenis Bekantan – via : daftarhewan.com

Selain disebut monyet proboscis, orang juga sering menyebutnya sebagai monyet berhidung panjang. Orang Malaysia menyebutnya sebagai kera bekantan. Sementara kita sering menamainya sebagai monyet Belanda, sebab dulu dipercayai kalau bangsa kolonial itu memiliki hidung dan perut yang sama-sama mancung dan lebar.

Monyet yang sudah tua menjadi penghuni area Asia Tenggara, khususnya di Pulau Borneo. Selain itu perlu diketahui bahwa kera bekantan juga menjadi logo dufan aka Dunia Fantasi.

10. Lutung François

jenis monyet, jenis-jenis monyet, jenis jenis monyet di dunia, macam macam jenis monyet, macam jenis monyet, nama jenis monyet

Beberapa nama lain untuk nama ini yaitu monyet daun Francois, monyet daun Tonkin atau lutung dengan pinggiran tubuhnya yang terbakar hitam. Jenis yang satu ini tersebar di timur laut Vietnam dari area barat daya Tiongkok. Lutung ini merupakan primata dengan ukuran sedang yang memiliki bulu lembut berwarna hitam. Ada polesan warna putih dari telinga ke penjuru pipinya.

Demikian daftar hewan monyet paling mengagumkan di dunia. Khusus untuk yang terancam punah, kita berharap agar bisa terus hidup dan dilestarikan.

error: