15 Kelebihan WordPress Dibanding Blogspot

Posted on

Hewata.com. Kelebihan WordPress. Apa Itu  Content Management System (CMS) Sistem manajemen konten, sering disingkat CMS, adalah platform software yang membantu pengguna membuat, mengelola, memodif konten di situs web tanpa membutuhkan pengetahuan teknis secara khusus.

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging tentunya sudah tidak asing lagi dengan platform blogger dan WordPress. Kedua platform ini merupakan platform terkenal dan paling banyak digunakan oleh para blogger-blogger di seluruh dunia.

kelebihan wordpress, kelebihan dan kekurangan wordpress, keunggulan wordpress, keunggulan wordpress adalah, keunggulan pada wordpress sebagai berikut kecuali, kekurangan dan kelebihan wordpress, kelebihan cms wordpress, keuntungan menggunakan wordpress, keuntungan wordpress, keunggulan cms wordpress, jelaskan kelebihan penggunaan plugin wordpress mobile pack, kelebihan wordpress dibanding blogspot, berikut ini yang bukan termasuk kelebihan dari wordpress adalah
Kelebihan WordPress – via : pinterest.com

Akan tetapi, kedua platform ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda juga mungkin pernah bertanya-tanya apa manakah yang lebih bagus diantara keduanya. Berikutnya, kami akan membahas beberapa Kelebihan WordPress dibandingkan Blogspot.

Kelebihan WordPress

Jika kita berbicara mana platform yang lebih bagus, sebenarnya keduanya memiliki kualitas yang sama bagusnya. Akan tetapi, sebagian besar orang lebih setuju jika wordpress jauh lebih enak untuk digunakan karena optimasinya yang lebih mudah jika dibandingkan dengan blogspot. Untuk lebih jelasnya, simaklah kelebihan wordpress daripada blogspot berikut ini!

1. Dapat Membuat Page Yang Tidak Termasuk Daftar Posting

Jika Anda menggunakan platform wordpress, Anda dapat membuat daftar postingan dengan halaman page yang terpisah. Menu yang terpisah ini hanya tersedia pada platform wordpress dan tidak dimiliki oleh platform manapun termasuk blogspot. Kalaupun ada, halaman tersebut pasti sudah diedit oleh pemilik blognya.

Baca Juga :   Perbedaan Customer dan Consumer

2. Dilengkapi Dengan Auto Ping

Jika Anda menggunakan platform wordpress, maka platform ini akan secara otomatis melakukan ping ketika Anda membuat postingan. Fitur ini tentunya akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena dapat memberitahu layanan penyedia ping jika Anda telah membuat postingan baru.

3. Banyak Theme Yang Bisa Dipakai

Pada platform wordpress, Anda bisa memilih banyak sekali theme yang dapat menyegarkan mata. Mulai dari theme yang gratis hingga theme yang berbayar. Cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu memilih theme yang ingin Anda pakai kemudian mengaktifkannya.

Setelah itu, theme tersebut akan langsung terpasang pada website Anda. Jadi Anda tidak perlu memusingkan hal ini sekalipun Anda seorang pemula.

4. Permalink SEO Friendly

Jika Anda menggunakan platform wordpress, maka Anda bisa menggunakan permalink yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun akan berbeda jika Anda menggunakan blogspot, Anda tidak dapat mengubah permalink pada blogspot sesuai dengan keinginan Anda. Oleh karena itu, dengan menggunakan wordpress Anda dapat mengatur permalink web Anda agar menjadi lebih SEO friendly.

5. Memungkinkan Pengguna Untuk Memasang Plugin

Jika Anda menggunakan platform wordpress, maka Anda bisa memasang plugin pada website Anda sendiri. Dalam wordpress terdapat banyak sekali plugin yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengelola website Anda. Jadi, dengan adanya plugin ini Anda akan dimudahkan ketika mengelola dan optimasi website milik Anda.

6. Dapat Digunakan Lebih Dari Satu Orang

Salah satu keunikan dari platform ini adalah selain pemilik website, orang lain juga bisa menggunakan website tersebut dengan catatan orang tersebut telah diberi kewenangan oleh pemiliknya. Orang tersebut dapat diberi berbagai kewenangan mulai dari admin, editor, contributor, author dan kewenangan lainnya. Meskipun sebenarnya blogspot juga memiliki fitur yang sama, namun platform wordpress jauh lebih mudah dalam hal registrasinya.

Baca Juga :   Apa Itu Bullying? Berikut 6 Jenis dan Dampaknya

7. Fitur Navigasi Yang Lengkap

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh platform wordpress ini adalah navigasinya yang lengkap dan dapat memudahkan para penggunanya. Meskipun merupakan platform gratis, namun Anda masih disuguhkan dengan tampilan dashboard yang menarik serta tidak akan mengecewakan. Selain itu, Anda juga bisa mengubah tampilan dashboard Anda sendiri menggunakan plugin yang tersedia.

8. Mudah Terhubung Dengan Sosmed

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa wordpress merupakan platform yang dapat dihubungkan dengan berbagai macam media sosial yang Anda miliki seperti Yahoo, Facebook, Twitter, Google dan berbagai media sosial lainnya. Dengan demikian, setiap Anda mengunggah sebuah postingan maka link dari postingan tersebut akan muncul di berbagai media sosial yang Anda tautkan.

kelebihan wordpress, kelebihan dan kekurangan wordpress, kekurangan wordpress, keunggulan wordpress, keunggulan wordpress adalah, kelebihan dan kekurangan cms wordpress, kekurangan dan kelebihan wordpress, keunggulan pada wordpress sebagai berikut kecuali, kelebihan cms wordpress, keuntungan wordpress, kelebihan wordpress dan blogspot
Kelebihan WordPress

9. Memiliki Fitur Backup

Agar data Anda menjadi lebih aman, wordpress juga menyediakan fitur back up dimana Anda bisa mencadangkan semua postingan Anda. Hal ini bertujuan untuk mencegah hilangnya data penting ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Oleh karena itu, dengan adanya fitur ini Anda dapat mengantisipasinya dengan melakukan back up terlebih dahulu.

10. Lebih Fleksibel

Menurut sebagian besar orang wordpress merupakan plaform yang lebih fleksibel dibandingkan dengan blogspot. Pada blogspot Anda tidak bisa terlalu bebas dalam mengkustom website milik Anda sendiri. Namun, pada wordpress Anda diberikan berbagai kebebasan dan kemudahan dalam mengkustom website Anda. Dengan  demikian, Anda bisa lebih mengembangkan website sesuai dengan keinginan Anda sendiri.

11. Dapat Digunakan Secara Offline Tanpa Internet

Kelebihan wordpress lainnya yang tidak kalah keren adalah Anda bisa menggunakan wordpress tanpa menggunakan koneksi internet. Akan tetapi, sebelum itu Anda sudah harus menginstall web server Anda secara lokal menggunakan xampp dan sejenisnya. Anda bisa melakukan hal yang Anda inginkan pada website Anda tanpa harus terhubung ke internet.

Baca Juga :   8 Fakta Tentang Gunung Rinjani

12. Comment Friendly

Jika Anda termasuk orang yang websitenya ingin dikomentari oleh banyak orang maka wordpress merupakan pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan wordpress merupakan platform blogging yang sangat content friendly.

13. Terhubung Dengan Banyak Platform

WordPress merupakan platform blogging yang terhubung ke berbagai platform yang lainnya seperti buddypress, gravatar, akismet, bbpress dan polladaddy. Selain itu, wordpress juga memiliki fitur yang dapat mengimpor daya yang berasal dari blogger b2evolution, TextPattern, grayMetter dan sebagainya.

14. Read More Yang Lebih Mudah

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa ketika Anda ingin membuat read more pada blogspot, maka Anda harus mengubah html-nya terlebih dahulu. Namun, pada wordpress Anda tidak perlu mengubah html seperti di blogspot. Hal ini tentu saja menjadi suatu nilai plus untuk wordpress.

15. Data Menu Statistik Lengkap

WordPress merupakan platform blogging yang menampilkan data statistic yang lengkap dai pengunjung pada dashboardnya. Data tersebut menunjukkan statistic data yang sangat lengkap. Beberapa data tersebut diantaranya adalah halaman yang paling populer, asal pengunjung, pencarian terbanyak dan masih banyak data lainnya yang bisa Anda ketahui.

Demikian informasi mengenai keunggulan dari wordpress dibandingkan dengan blogspot, semoga bermanfaat. Sebenarnya kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, wordpress memiliki kelebihan dari segi optimasi SEO-nya.

Setelah mengetahui kelebihan dari wordpress, Anda pasti tertarik untuk memiliki website sendiri bukan? Namun, sebelum membuat website Anda harus memiliki hosting dan domain terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.