Kenapa Harus Cuci Tangan? Berikut Alasannya

Hewata.com. Kenapa Harus Cuci Tangan? dan mengapa beberapa orang demikian “gaduh” menggemakan kampanye mencuci tangan?

Beberapa orang kemungkinan memandang jika ajakan itu cuman diperuntukkan untuk anak kecil. Mengingat mereka masih selalu bermain tanah atau aktif, hingga sering menyentuh berbagai objek. Walau sebenarnya bukti menakutkannya, dalam kulit tangan kita ada sekitaran 1500 bakteri per cm perseginya.

kenapa kita harus mencuci tangan dengan air mengalir, kenapa kita harus mencuci tangan sebelum makan, kenapa harus cuci tangan pakai sabun, kenapa kita harus cuci tangan sebelum makan, kenapa harus cuci tangan, kenapa harus mencuci tangan, kenapa mencuci tangan itu penting, kenapa cuci tangan penting, kenapa kita harus cuci tangan, kenapa cuci tangan harus pakai sabun

Seperti yang kita ketahui, bakteri itu dapat mengundang berbagai penyakit. Karenanya langkah terbaik untuk menyingkirkannya yaitu dengan membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan. Sangatlah disarankan untuk melakukannya dengan memakai sabun dan air yang mengalir, hingga penyebaran bakteri atau kuman dapat dicegah secara baik.

Tidak itu saja, saat mencuci pun, tangan yang basah harus dikeringkan dengan pengering udara atau handuk yang telah dijamin kebersihannya. Kebiasaan tidak berarti membuat hidup kita ribet, tetapi sebagai usaha untuk menghargai kesehatan yang telah dianugerahi. Supaya ke sananya tidak lebih ribet lagi.

Baca Juga :   20 Daftar Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Jika bukan kita yang menghindarinya, siapa lagi? Nah, berikut 5 alasan penting kenapa harus cuci tangan. Jom!

1. Kita Tidak Dapat Melihat Kuman yang Menyebar di Mana-Mana

Karakter dari bakteri, kuman, atau virus memang microscopic. Itu maknanya, kita tidak dapat menyaksikan mereka dengan mata telanjang. Perlu alat tertentu untuk memastikannya. Meskipun begitu, tidak berarti mereka tidak ada. Justeru mereka menyebar di mana-mana. Termasuk dalam beberapa benda terdekat kita, yang kemungkinan telah tercemar. Entahlah itu handphone, meja, sikat, sepatu, dll. Juga bisa dari beragam kegiatan yang tanpa terasa telah mengundang mereka. Entahlah itu dengan bersin, batuk, terlibat kontak dengan hewan, dll.

2. Kuman Jadi Sumber Penyakit

Proses transfernya kuman ini dapat berjalan secara cepat, baik dari orang ke orang atau memang dari benda yang telah tercemar. Apabila sudah merangsek ke bagian dalam tubuh, ada peluang mereka akan mengganggu sistem imun atau ketahanan tubuh kita. Belum juga bila mereka melahirkan aneka racun, yang sudah tentu membuat kita tumbang, menanggung derita diare, atau rasakan ketidaknyamanan di lambung.

Baca Juga :   10 Makanan Indonesia yang Mendunia, Terkenal di Luar Negeri
mengapa cuci tangan menggunakan sabun, mengapa cuci tangan harus menggunakan sabun, kenapa cuci tangan penting, gambar cuci tangan 6 langkah, kenapa sabun cuci tangan lebih efektif dibandingkan hand sanitizer, kenapa cuci tangan harus pakai sabun, kenapa sabun cuci tangan lebih efektif membunuh kuman, kenapa cuci tangan itu penting, 5 cuci tangan, orang cuci tangan, kenapa cuci tangan

Gambar cuci tangan 6 langkah – via : note.com

3. Menahan Penebaran Kuman

Salah-satu langkah efisien untuk selalu sehat yakni dengan mencuci tangan secara benar dan baik. Bagaimana juga, tangan memang kerap dipakai untuk menyentuh bagian-bagian badan lain. Tanpa terasa kita akan menyentuh pipi, mulut, hidung, mata, dll. Tangan yang bersih higienis pastilah bukan menjadi ancaman. Berbeda lagi jika tangan itu kotor, hingga kuman dapat cepat menyebar.

Bila sistem mencuci tangannya telah sesuai, kita dapat membersihkan kuman dan menghalangi mereka untuk makin tersebar. Beragam tipe bakteri yang terhalangi jalannya bisa berupa MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus) yang mengakibatkan infeksi, clostridium difficile yang mengakibatkan diare, e.coli yang mengakibatkan infeksi aliran kencing, atau salmonela yang mengakibatkan sakit di perut atau mual.

Baca Juga :   Manfaat Biji Labu untuk Obat Cacing

4. Murah Meriah

Dapat kita bandingkan. Disiplin mencuci tangan dan tetap sehat, sedangkan dengan sikap ngeyel yang berbuntut pada klinik atau rumah sakit. Biayanya akan lebih mahal yang ke-2 . Mencuci tangan lebih menyedot modal berbentuk kesadaran, sabun, dan air yang mengucur. Sementara dampak dari tidak senang membersihkan tangan dapat merogoh biaya yang semakin besar.

5. Menjaga Kesehatan

Poin paling akhir ini sebagai peringatan, jika kita harus menjaga amanat Tuhan YME. Kewajiban ini termasuk dengan pastikan jika sekitar lingkungan kita bersih higienis. Dengan begitu, kondisi badan tetap stabil, sehat, dan fit. Kegiatan kita juga cenderung lancar tanpa masalah.

Meningkatkan kesadaran akan keutamaan mencuci tangan jadi upaya kecil yang sederhana yang mempunyai dampak mengagumkan. Mari biasakan mencuci tangan!

error: