Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan?

Hewata.com. Cupang tidak mau makan. Ikan cupang menjadi ikan yang berharga belakangan ini, karena telah banyak orang yang membudidayakannya dan mengembangkan sehingga menghasilkan warna-warna yang cantik dan menarik. Sehingga terciptalah ikan cupang termahal di dunia.

Di Indonesia, para selebritis dan artis pun ikut meramaikan demam memelihara ikan cupang. Dari Kota hingga ke pelosok desa kini ada saja orang yang memelihara ikan cupang, baik untuk dipelihara sendiri ataupun untuk breeding atau budidaya hingga hasil anakannya dijual.

Bagi para pemelihara ikan cupang, banyak yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan cupang. Penanganan yang tepat tentunya akan menjadikan ikan cupang Anda bertambah indah, sehat dan berumur panjang.

ikan cupang makan, kenapa ikan cupang tidak mau makan, memberi makan ikan cupang, berapa kali ikan cupang makan, ngasih makan ikan cupang, kenapa ikan cupang tidak mau makan pelet, apakah ikan cupang bisa makan pelet, mengapa ikan cupang tidak mau makan pelet, kenapa ikan cupang susah makan, mengapa ikan cupang memuntahkan makanannya

Kenapa Ikan Cupang Tidak Mau Makan?

Mungkin, bagi mereka yang memelihara betta fish atau ikan cupang ini akan atau pernah mengalami permasalahan ikan cupang tidak makan. Meskipun, dalam banyak kasus tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tetapi dalam beberapa kasus bisa menjadi sesuatu yang lebih serius. Tetapi sebelum itu, baca juga : Makan ikan cupang agar cepat besar

Jika Anda ingin mengetahui semua alasan berbeda mengapa cupang tidak  makan, lanjutkan membaca untuk mengetahuinya! Selain mempelajari apa yang menyebabkan kurangnya nafsu makan, Anda juga akan mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

1. Ikan Cupang Anda Adalah Ikan yang Manja

Dalam kebanyakan kasus, ini akan menjadi alasan mengapa cupang Anda tidak mau makan. Jika Anda telah memberinya makanan jenis tertentu untuk sementara waktu dan kemudian menukarnya dengan makanan baru, dia mungkin tidak menyukainya. Cara untuk mengetahui hal ini yang menjadi penyebabnya adalah dengan memberi makanan yang lain. Jika dia makan tanpa masalah, kemungkinan besar dia hanya manja.

Baca Juga :   4 Hewan Unik ini Diperkirakan Populer di Tahun 2021

Tidak jarang cupang hanya menyukai satu jenis makanan atau merek. Masalahnya adalah, jika Anda tidak bisa mendapatkan makanan ini, maka Anda akan mengalami banyak masalah saat mencoba memberinya makan yang lain nanti.

Solusi yang jauh lebih baik adalah dengan mulai mendiversifikasi diet ikan cupang Anda sampai ia akan memakan berbagai macam makanan. Anda bisa mulai dengan memberinya banyak makanan baru sampai dia tidak rewel, atau jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang, puasa dia selama beberapa hari. Setelah dia berpuasa, beri dia makanan asli yang tidak dia inginkan, dan dia harus memakannya.

2. Ikan Cupang Baru

Saat Anda memiliki cupang baru, tidak jarang mereka menolak untuk makan pada awalnya. Sering kali mereka stres karena pindah dan berada di lingkungan baru. (Hal ini terutama berlaku jika Anda telah memesan online dan memerlukan perjalanan jauh).

Solusi termudah di sini adalah memberi waktu cupang Anda untuk menetap atau beristirahat. Matikan lampu selama beberapa hari dan cobalah memberinya makan di pagi dan sore hari. Jika dia tidak mau makan, keluarkan makanannya setelah 10 menit dan coba lagi.

3. Ikan Cupang Tidak Tahu Bahwa Itu Makanan

Penyebab umum lainnya saat ikan cupang Anda tidak makan (terutama jika dia baru mengenal akuarium) adalah dia tidak tahu apa yang Anda berikan kepadanya adalah makanan. Hal ini biasa terjadi pada pelet dan makanan ikan serpihan.

Saat cupang bersama peternaknya, biasanya, mereka hanya akan diberi makan campuran makanan hidup, beku, dan kering beku, seperti cacing darah, jentik nyamuk atau kutir (kutu air). Ini adalah makanan terbaik yang bisa didapat ikan cupang karena itulah yang mereka makan di alam liar.

Masalahnya adalah begitu Anda mencoba memberi mereka makanan pelet atau serpihan, makanan ini akan sangat asing bagi mereka sehingga mereka bahkan tidak akan menyadarinya.

4. Kualitas Makanan Buruk dan Tidak Memberinya Diet Seimbang

Banyak makanan untuk ikan cupang yang Anda dapatkan di toko ikan hias sangat murah. Dan seperti yang bisa Anda bayangkan, makanan murah dibuat dari bahan-bahan murah dan terkadang basi (tengik). Jika cupang Anda tidak mau makan, hal itu mungkin karena kualitas makanannya.

Baca Juga :   7 Hal Ini Membuat Anjing Peliharaan Anda Kehilangan Nafsu Makan

Dan meskipun kualitas makanannya bagus, itu mungkin karena dia tidak mendapatkan makanan yang bervariasi. Jika memberi makan cupang Anda pelet berkualitas tinggi, itu baik-baik saja, tetapi Anda juga perlu mencampurnya dengan makanan hidup, beku, dan beku-kering untuk memastikan pola makannya bervariasi.

5. Makanan Beku

Makanan beku baik untuk cupang, beberapa tidak akan memakannya sampai dicairkan dengan benar. Jika Anda hanya memasukkannya ke dalam akuarium tanpa memberinya kesempatan untuk mencair atau melembutkannya, ikan cupang Anda mungkin mengabaikannya.

Anda juga harus menyadari bahwa beberapa makanan beku dapat mengembang saat mulai menyerap air lagi. Jika ikan cupang memakannya terlalu cepat, hal tersebut akan menyebabkan sembelit dan penyakit kantung renang, sehingga menjadikannya susah berenang dan ikan cupang berenang vertikal, dan masalah lainnya.

Solusinya adalah setelah makanan sepenuhnya dicairkan, masukkan saja ke dalam akuarium dan ikan cupang Anda akan memakannya.

6. Masalah Dengan Suhu Air

Terkadang Anda mungkin memperhatikan ikan cupang tidak makan karena suhu di dalam akuarium. Ikan cupang berdarah dingin yang berarti banyak energi mereka didasarkan pada suhu di sekitar mereka.

Jika Anda memelihara ikan cupang di dalam akuarium yang tidak cukup hangat maka itu akan menyebabkan kelesuan dan metabolisme yang lebih lambat. Saat metabolisme cupang Anda melambat, ia akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan dan ia tidak akan makan banyak.

Meskipun Anda mungkin berpikir ini bukan masalah, air dingin dapat menyebabkan kejutan suhu yang seringkali berakibat fatal bagi ikan cupang, jadi sebaiknya jangan diabaikan. Dan jika Anda tidak memiliki pemanas untuk ikan cupang, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang mengapa Anda harus memiliki heater.

kenapa ikan cupang tidak mau makan pelet, apakah ikan cupang bisa makan pelet, mengapa ikan cupang tidak mau makan pelet, kenapa ikan cupang susah makan, mengapa ikan cupang memuntahkan makanannya

7. Memberi Makan Terlalu Banyak

Terkadang cupang Anda makan dan Anda tidak menyadarinya. Perut cupang kira-kira sebesar matanya, jadi jika Anda memberinya terlalu banyak makanan maka dia tidak akan bisa makan semuanya. Anda mungkin memperhatikan bahwa makanan mengapung di atas tangki dan berasumsi dia tidak memakannya. Namun nyatanya, bisa jadi Anda memberinya makan terlalu banyak.

Baca Juga :   Ferret Berkaki Hitam Sebagai Hewan Peliharaan

Sekali lagi, solusinya di sini cukup sederhana. Pastikan Anda tidak memberi makan cupang Anda terlalu banyak. Anda harus memberinya makan tidak lebih dari 1-2 pellet makanan atau setara dua kali sehari. Sebagai aturan praktis, pastikan dia tidak mengonsumsi makanan melebihi ukuran perutnya.

8. Perubahan Dalam Lingkungan Ikan Cupang

Ikan cupang sangat peka terhadap lingkungannya. Jika parameter dalam air berubah menjadi tidak sesuai dengan syarat hidupnya, hal itu dapat memengaruhi kebiasaan makan mereka. Penyebab paling umum dari perubahan tangki biasanya adalah lonjakan kotoran atau amonia. Namun, bahan kimia yang masuk ke dalam akuarium juga dapat menyebabkan ikan cupang tidak mau makan.

Tetapi, ini juga bisa terjadi setelah penggantian air. Namun, setelah cupang Anda menyesuaikan diri, ia bisa makan dengan gembira lagi.

Jika Anda melihat bahwa parameternya tidak baik maka Anda harus melakukan perubahan air atau memperbaiki masalah sebisa Anda.

9. Penyakit

Sering kali, saat ikan cupang menderita penyakit, nafsu makannya akan menjadi hal pertama yang hilang. Namun, seiring dengan kurangnya nafsu makan, akan ada gejala lain yang akan mengingatkan Anda akan sesuatu yang lebih serius. Beberapa penyakit umum yang dapat menyebabkan kurang nafsu makan antara lain sakit dropsy, sembelit atau masalah kantung renang.

Solusi

Jika Anda merasa ikan cupang Anda menderita suatu penyakit, Anda perlu memastikan bahwa Anda menangani situasinya dengan cepat. jika Anda tidak merawat ikan cupang tepat waktu, banyak penyakit dapat dengan cepat berakibat fatal. Jika Anda tidak yakin dengan penyakit apa yang diderita ikan cupang Anda, bacalah semua artikel penyakit ikan cupang ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik.

error: