Macam-Macam Bunga Anggrek Paling Cantik

Hewata.com. Macam-macam Bunga Anggrek. Gambar Bunga Anggrek Paling Cantik. Keluarga anggrek atau suku anggrek-anggrekan dikatakan sebagai Orchidaceae. Ordo Asparagales. Selama ini, spesies yang telah diketahui ada kurang lebih 21.950 dan 26.049, persisnya dalam 880 genera/genus.

Hingga keluarga monokotil ini jadi tumbuhan berbunga dengan anggota paling banyak. Banyaknya bahkan juga 2x lipat dengan jumlah spesies burung dan 4 kali lipat dengan jumlah spesies mamalia.

Genus paling besar yakni Bulbophyllum, yang banyaknya sekitaran 2.000 spesies. Diikuti oleh Epidendrum sekitar 1.500 spesies. Lantas ada Dendrobium sekitar 1.400 spesies. Selanjutnya Pleurothallis ada sekitaran 1.000 spesies. Kerabat ini meliputi Vanilla, Orchis, Cattleya, Phalaenopsis, dll.

10 Jenis Bunga Anggrek Paling Cantik

Sebagian besar anggota anggrek tumbuh di teritori tropis. Terutamanya di Asia, Amerika tengah dan Amerika Selatan. Tidak ayal, menyeleksi 10 saja anggrek paling indah dari beberapa jenisnya bisa menjadi tugas paling sulit. Tetapi berikut berikut jejeran anggrek paling cantik dan terindah di dunia versi hewata.com:

1. Brassia

jenis anggrek, jenis jenis anggrek, macam macam anggrek, macam macam bunga anggrek, jenis bunga anggrek, warna bunga anggrek, jenis jenis bunga anggrek

Nama genus ini diambil dari William Brass. Ia ialah ilustrator dan pakar botani asal Inggris. Ia sempat mengumpulkan tanaman Afrika di bawah pemantauan Sir Joseph Banks. Dalam perdagangan hortikultura, genus ini biasa dipersingkat sebagai Brs. Sebagian orang menyebutnya “spider orchid” alias anggrek laba-laba.

Macam-macam Bunga Anggrek bergenus epifit ini menyebar di Hindia Barat, Florida Selatan dan kawasan Amerika tropis. Lantas menyebar juga di hutan basah, yang pada akhirnya berpusat di Andes Peru. Spesies Brassia caudata datang di seluruh teritori geografis.

2. Bulbophyllum

bunga anggrek cantik, gambar bunga anggrek paling cantik, contoh bunga anggrek, foto bunga anggrek cantik, anggrek cantik, aneka bunga anggrek, cari bunga anggrek, bunga anggrek yang cantik, wallpaper bunga anggrek cantik, bunga anggrek paling cantik, gambar bunga anggrek cantik, bunga anggrek yang indah

Anggrek bulbophyllum – via : travaldo.blogspot.com

Dalam Orchidaceae, Bulbophyllum jadi genus paling besar. Dalam jurnal perdagangan, genus ini biasa dikatakan sebagai Bulb. Didalamnya terdapat spesies yang aneh dan mengagumkan, yang sering dicari beberapa kolektor anggrek.

Baca Juga :   20 Tanaman Gantung Unik, Bikin Rumah Makin Cantik

Tanamannya perlu area lembap, cahaya sedang, pergerakan udara yang ideal dan lingkungan tertentu yang perlu penuh kendali. Jangan sampai temperaturnya dingin atau beku. Umumnya anggrek ini akan berbunga selama setahun. Tetapi tanaman ini tidak cocok sebagai tanaman hias. Mayoritas juga tidak subur dalam tempat ternaungi, terkecuali bila perawatannya memang memperhatikan detail.

Bunga-bunganya cukup aneh dan mengeluarkan bermacam wewangian. Ada yang bau darah, urin, getah, bangkai, kotoran dan beberapa spesies dapat mempunyai buah. Beberapa spesies ini sering menjadi magnet untuk segerombolan lalat.

3. Cattleya

bunga anggrek, anggrek, jenis bunga anggrek, jenis-jenis bunga anggrek, bunga anggrek asli, bunga anggrek berasal dari, bunga anggrek cattleya, bunga anggrek adalah, bunga anggrek png, bunga anggrek karakternya

Genus yang umum disingkat C ini mempunyai 113 spesies anggrek berasal dari Amerika Selatan sampai Kosta Rika yang iklimnya tropis. Di tahun 1824, John Lindley memberikan nama genus ini dari nama Sir William Cattley.

Genus ini sendiri mempunyai bunga-bunga yang besar dan menonjol. Ukuran di antara 5-15 cm, bahkan bisa lebih. Mereka datang dengan semua warna, terkecuali hitam dan biru. Jumlah bunganya bervariatif. Ada yang satu atau dua, ada pula yang bisa 10 bunga.

4. Cymbidium

jenis anggrek masuk jenis yang indah antara lain yaitu, bunga anggrek yang indah, anggrek terindah di dunia, bunga anggrek terindah di dunia

Di tahun 1799, Olof Swartz menggambarkan genus ini untuk pertama kali. Namanya diambil dari Bahasa Yunani, kumbos, yang memiliki arti rongga atau lubang. Pemberian nama ini merujuk pada pangkal bibirnya. Dalam perdagangan hortikultura, genus ini biasa dipersingkat sebagai Cym.

Terkadang beberapa orang menamainya sebagai boat orchid atau anggrek perahu. Cymbidium menyebar di Asia tropis dan subtropis. Baik itu di Kalimantan (Indonesia), Jepang, India Utara, Filipina, Tiongkok, Malaysia serta Australia Utara.

5. Laelia

bunga bunga anggrek, bunga anggrek terindah, bunga anggrek yang indah, gambar bunga anggrek yang indah, bunga anggrek yg indah, anggrek indah, bermacam macam bunga anggrek, dp bunga anggrek cantik, wallpaper bunga anggrek yang indah, kumpulan bunga anggrek yang indah, gambar bunga anggrek indah

Baca Juga :   Cara Mengatasi Akar Anggrek Busuk dan Rusak

Laelia alias L adalah genus kecil, yang anggotanya cuma kurang lebih memiliki 25 spesies. Walau menjadi genus kecil, tetapi Laelia sangat penting dan populer. Pasalnya,  genus ini mempunyai bunga-bunga cantik. Tanamannya cukup mudah dibudidayakan. Spesies ini sendiri biasa dijumpai di iklim sedang maupun subtropis di Amerika Tengah. Tetapi sebagian besar berada di Meksiko.

Sejumlah besar Laelia adalah epifit. Tetapi ada banyak spesies, misalnya Laelia anceps, yang menjadi litofit. Perbungaannya raceme alias berupa tandan, dengan ukuran sekitar 30 cm, dan bisa mencapai 8 bunga. Warna bunganya sendiri bisa pink sampai ungu. Secara mengagetkan, genus ini ternyata tahan kekeringan.

6. Miltonia

anggrek cantik, anggrek tercantik, bunga anggrek yang cantik, anggrek tercantik di dunia, anggrek paling cantik, bunga anggrek paling cantik, wallpaper bunga anggrek cantik, bunga anggrek tercantik, bunga anggrek tercantik di dunia

Genus ini biasa disingkat sebagai Milt. pada 1837, John Lindley yang pertama kali merancangnya, pas saat ia menggambarkan spesies Miltonia spectabilis. Dalam genus ini ada 9 spesies epifit dan 8 spesies hibrida alami. Semua menyebar di rimba Atlantik Brasil, Paraguay timur dan timur laut Argentina.

Jenis Miltonia mempunyai bunga ukuran besar dan tahan lama. Tumbuhnya di cuaca dingin. Macam-macam Bunga Anggrek ini sering digunakan untuk menghasilkan hibrida buatan. Hingga banyak kolektor anggrek yang memburunya. Bunga-bunganya mempunyai wewangian eksotik yang lembut. Beberapa dari bunganya sering dibanding-bandingkan dengan mawar.

7. Oncidium

jenis anggrek, anggrek bulan, anggrek hitam, anggrek tanah, bunga anggrek bulan, jenis jenis anggrek, macam macam anggrek, macam macam bunga anggrek, jenis bunga anggrek, jenis anggrek termahal, anggrek termahal, warna bunga anggrek, jenis2 anggrek jenis anggrek dan harganya, jenis tanaman anggrek

Oncidium atau Onc. ialah genus yang terdiri dari 330 spesies anggrek. Di tahun 1800, Olof Swartz menggambarkan genus ini untuk pertama kalinya. Namanya sendiri diambil dari kata berbahasa Yunani, ‘onkos’, yang memiliki arti bengkak. Deskripsi ini merujuk pada kalus di bibir bawahnya.

Genus ini cukup rumit atau kompleks. Banyak spesiesnya yang direklasifikasi. Sebagian besar Oncidium sebagai epifit. Tapi beberapa ada yang termasuk terrestrial atau lithophytes. Genus ini ada di Karibia, Meksiko Utara, Amerika Selatan serta Florida Selatan. Bunga-bunganya warna kuning, putih, merah dan merah muda.

Baca Juga :   Ferocactus, Kaktus Cantik yang Berduri Kuat

8. Phalaenopsis

anggrek bulan, bunga anggrek bulan, cara merawat anggrek bulan, harga anggrek bulan yang sudah berbunga, jenis anggrek bulan, cara menanam anggrek bulan, anggrek bulan kuning, cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga, perawatan anggrek bulan, anggrek bulan raksasa, merawat anggrek bulan, anggrek bulan merah, nama latin anggrek bulan, anggrek bulan ungu

Dalam perdagangan tanaman hias, genus ini biasa disebut Phal. Spesies ini disebut Moth orchid atau anggrek ngengat. Anggotanya ada sekitaran 60 spesies terhitung didalamnya ialah anggrek bulan. Genus ini begitu terkenal dan sering dikembangkan dalam hibrida buatan. Baca : Cara Merawat Anggrek Bulan

Genus ini datang dari Asia Tenggara, ke pegunungan Himalaya, lalu ke beberapa pulau Polillo, Pulau Mindanao Filipina sampai ke Australia Utara. Riset di lapangan masih terhitung sedikit, hingga info terbaru berkenaan genus ini masih cukup terbatas. Bila Anda memeliharanya di dalam rumah, bunganya bertahan sepanjang dua sampai 3 bulan.

9. Stanhopea

bunga anggrek cantik, foto bunga anggrek cantik, anggrek bulan bunga besar, gambar bunga anggrek cantik, koleksi bunga anggrek, anggrek yang sering berbunga

Stanhopea – via : orchidgarden.pl

Dalam perdagangan hortikultura, Stanhopea sering dipersingkat jadi Stan. Namanya diambil dari presiden Medico-Botanical Society of London, yaitu Philip Henry Stanhope (1781-1855). Ada yang epifit, ada pula yang terrestrial. Macam-macam Bunga Anggrek ini menyebar di rimba basah yang terhampar dari Meksiko sampai ke NW, Argentina.

Bunganya kompleks dan baunya fantastis. Terkadang anggrek ini dikatakan sebagai anggrek kebalik. Sayang, anggrek ini berusia pendek. Bunganya bahkan juga cuman bertahan sepanjang | lebih kurang tiga hari saja.

10. Zygopetalum

tanaman anggrek, anggrek ungu, bunga orchid, bunga anggrek ungu, macam2 anggrek, anggrek dendrobium ungu, wallpaper bunga anggrek, tumbuhan anggrek, bunga anggrek asli

Nama genus ini diambil dari Bahasa Yunani. Kata ‘zygon’ maknanya kelopak kuk. Genus ini terdiri dari 14 spesies. Mereka diketemukan di hutan lembap yang berada di dataran rendah sampai menengah di Amerika Selatan. Sebagian besar menyebar di Brasil. Rerata memiliki sifat epifit. Perkembangannya demikian kuat.

Sejumlah lain sebagai tumbuhan terrestrial dengan daun seperti tali yang mengkilat, ada yang elips atau lonjong, dll. Mereka dikenali karena wanginya, karena susunan lilinnya, serta umur panjangnya. Warnanya ada yang ungu, hijau, raspberry, serta merah anggur – lengkap dengan berbagai macam pola.

error: