20 Macam-Macam Jeruk di Indonesia Beserta Gambarnya

Posted on

Hewata.com. Macam-macam Jeruk. Manis, segar, serta asam yang datang dari kandungan asam sitrat, jadi cita-rasa yang umum dicari dari buah jeruk.

Warna kulit yang ceria dan daging buah yang memikat membuat buah ini demikian terkenal di beberapa kelompok sosial.

Secara ilmiah, jeruk termasuk citrus dari family Rutaceae. Spesies jeruk benar-benar bermacam dan ada beragam tipe hibrida hasil persilangan antar spesies sampai menciptakan varietas yang berbeda.

Keberagaman yang mencapai beberapa ratus spesies ini merepotkan pengelompokan, tetapi menggembirakan kita dengan bermacam jeruk yang demikian unik.

Macam-Macam Jeruk

Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga kerap menggunakan beragam jenis jeruk pada beragam keperluan, dimulai dari olahan makanan sampai pembikinan parfum. Tetapi, apa kamu sudah mengetahui secara baik masing-masing variasi jeruk dan bedanya? Yok, cari info.

Berikut 20 macam jenis jeruk yang tumbuh dan biasa dimakan atau diolah di Indonesia, dilengkapi gambar serta ciri-cirinya:

1. Jeruk Bali

Jeruk Bali, jenis jeruk, jenis jenis jeruk, jenis jeruk berukuran besar, jenis jeruk yang baik untuk ibu hamil, macam-macam jenis jeruk, jenis jeruk untuk minuman, jenis jenis jeruk di indonesia, jenis jeruk di indonesia, jenis jeruk indonesia, aneka jenis jeruk

Jeruk Bali dalam Bahasa Inggris disebut Pamelo, kulitnya buahnya tebal dan bijinya sedikit. Ukurannya besar, bentuknya bulat atau cedong ke oval.

Daging buahnya mempunyai warna putih atau kemerah-merahan. Rasanya manis, condong kecut dan mempunyai semburat yang rasanya pahit.

2. Jeruk Bergamot

Jeruk Bergamot, jenis jeruk nipis, jenis jenis jeruk nipis, jenis jeruk purut, jenis daun jeruk nipis, jenis jeruk nipis unggul, jenis tanaman jeruk nipis, macam jenis jeruk nipis, jenis akar jeruk nipis, jenis jeruk nipis di indonesia

Jeruk bergamot ialah buah jeruk harum dengan warna kuning atau hijau serupa dengan jeruk nipis atau jeruk purut, bergantung pada kematangannya.

Riset genetik ke asal mula kultivar jeruk yang masih ada menemukan bahwa jeruk bergamot adalah hibrida lemon serta jeruk pahit.

Baca Juga :   Cara Merawat Pohon Jeruk Sunkist Dalam Pot

3. Jeruk Cakar Harimau

jeruk cakar harimau, jeruk harimau, jeruk kuku harimau harga, jeruk kuku harimau, logo cakar harimau, cakar harimau, jeruk purut cakar harimau, manfaat jeruk cakar harimau

Buahnya berbentuk seperti jari tangan sehingga sering disebut Jeruk Jari Budha, kulitnya berwarna kuning ketika matang.

Umumnya diolah untuk manisan serta campuran masakan. Sering digunakan untuk pengharum ruangan, pereda sakit maag serta masalah pencernaan. Bunga serta bijinya cukup ampuh untuk mengobati cacingan.

4. Jeruk Clementine

jeruk manis, gambar jeruk manis, jeruk manis belinya di pasar, jeruk yang manis, buah jeruk manis, kandungan jeruk manis, jeruk kecil manis apa namanya, foto jeruk manis, tanaman jeruk manis, ciri jeruk manis
Jeruk Clementine

Serupa dengan jeruk keprok, mereka condong gampang dikupas. Mereka umumnya berair dan manis, dengan asam lebih sedikit.

Clementine ialah tangor, yaitu hibrida buah jeruk, persilangan antara jeruk keprok willowleaf dan jeruk manis, dinamakan sama sesuai nama penemu pada akhir abad ke-19.

Penampilan buahnya mempunyai warna oranye gelap dengan performa halus dan mengkilat.

5. Jeruk Kalamansi

jenis jeruk manis, jeruk yang manis, jeruk manis kecil, jeruk biasa, jeruk paling manis, jenis jeruk manis unggul, jenis jeruk yang manis, jenis jenis jeruk manis, jeruk yang paling manis, jeruk kecil yang manis, jeruk lokal manis

Jeruk kalamansi atau disebut juga Limau Kesturi adalah jenis buah jeruk yang berkembang pesat di Wilayah Bengkulu, bau buahnya harum, memiliki rasa pahit ketika masih mentah dan rasanya asam ketika sudah masak.

6. Jeruk Keprok

jenis jeruk keprok dataran rendah, jenis tanaman jeruk keprok, bentuk daun jeruk keprok, jenis tanah untuk jeruk keprok, macam macam jeruk keprok, macam jeruk keprok, jenis jeruk di indonesia, ciri jeruk keprok, gambar jeruk keprok, macam jenis jeruk keprok, varietas jeruk keprok, macam jenis jeruk manis

Ukuran buahnya relatif kecil dibandingkan dengan varietas lain, Jeruk keprok bentuknya oval membulat, kulitnya tipis, mempunyai daging tebal dan punya banyak biji. Tanaman jeruk ini bisa tumbuh di daerah tropis ataupun sub tropis. Penyerbukan dibantu oleh lebah.

Baca Juga :   10 Jenis Pisang yang Ada di Indonesia dan Malaysia

7. Jeruk Lemon

Jeruk Lemon, jenis jenis jeruk di indonesia, jenis jeruk di indonesia, jenis lemon di indonesia, jenis jeruk indonesia, jenis jenis lemon di indonesia, jeruk di indonesia, jenis buah jeruk di indonesia, petani lemon lembang, petani lemon malang

Buah jeruk kuning lonjong dengan kulit tebal dan jika di buat jus rasanya asam namun mempunyai aroma harum. Pohon jeruk cemara yang menghasilkan lemon, banyak dibudidayakan di iklim hangat.

8. Jeruk Limequat

jeruk yang bisa dimakan kulitnya, kulit jeruk yang rasanya manis

Limequat ialah hibrida citrofortunella yang merupakan hasil silangan di antara Key lime serta jeruk kumquat. Buahnya mempunyai kulit yang berasa manis dan daging buah yang manis-pahit dengan rasa yang serupa dengan jeruk nipis.

Buahnya dapat dikonsumsi utuh atau juice dan kulitnya dapat dipakai untuk membumbui masakan dan minuman. Mengandung sejumlah besar vitamin C dan benar-benar asam.

9. Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin

Warnanya orange dengan ukuran yang relatif kecil daripada varietas jeruk manis yang lain. Kulitnya tebal serta mudah dikupas menggunakan tangan. Di antara daging serta kulit tidak mempunyai pelepah. Tidak berbiji dan buahnya terasa manis.

10. Jeruk Mikam

jeruk manis, varietas jeruk, ekspor jeruk dari indonesia, jeruk di indonesia, varietas jeruk manis, jeruk terenak, jeruk terbaik di indonesia

Buah berasal dari Jepang ini mempunyai Kulit buahnya berwarna hijau. Bagian dalam kulitnya berpori, tidak berserabut. Masih satu family bersama jeruk mandarin tetapi tidak berbiji.

11. Jeruk Nagami (Kumquat)

jeruk kecil orange, jeruk kecil kuning, jeruk kecil namanya, jeruk kecil manis, nama jeruk kecil, jeruk kecil kecil, jeruk orange kecil, jeruk manis kecil, jeruk kecil oren, jeruk kecil yang bisa dimakan kulitnya, jenis jeruk kecil, jeruk kuning kecil, jeruk hijau kecil manis, jeruk kecil asam, buah jeruk kecil

Terkenal dengan nama jeruk kumquat. Buahnya berbentuk lonjong dengan ukurannya yang kecil. Pohonnya pendek tetapi rimbun sangat produktif dan sering menghasilkan buah. Buahnya dapat langsung dimakan beserta kulitnya. Biasanya diolah untuk manisan atau asinan.

12. Jeruk Navel

macam jeruk, macam macam.jeruk, macam macam jeruk, nama jeruk, macam macam buah jeruk, macam-macam jenis jeruk, jenis-jenis jeruk manis, macam jenis jeruk, jenis jenis jeruk di indonesia, macam macam nama jeruk, macam jeruk manis, macam macam jeruk manis, jenis jeruk di indonesia

Warnanya kuning condong ke-orange saat matang. Bentuknya oval. Dalamnya bersekat 3, daginya tebal dengan bulir-bulir kecil. Budidaya Jeruk ini banyak terdapat di wilayah Brazil, California serta Florida.

Baca Juga :   15 Macam Jenis Jeruk Keprok yang Ada di Indonesia

13. Jeruk Nipis

jeruk nipis, jeruk nipis adalah

Buah berbentuk lonjong atau bulat serta memiliki bagian yang meruncing pada ujung buah. Memiliki warna hijau atau hijau kekuningan. Kulitnya agak tebal serta sulit di kpuas menggunakan tangan. Dagingnya yang tebal dan biasanya tidak berserabut. Rasanya tidak manis dan asam serta memiliki biji berbentuk oval.

14. Jeruk Pahit

Jeruk Pahit
Jeruk pahit – via : wikimedia.org

Jeruk pahit adalah satu diantara tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa segar dan masam, walau banyak antara anggotanya yang mempunyai rasa manis. Buah ini umumnya dipakai untuk minyak atsiri, minyak wangi, dan minuman.

15. Jeruk Pontianak

Jeruk Pontianak

Warnanya hijau semu kekuningan serta berpori kuning. Kulitnya tebal serta kuat. Bagian dalamnya berserabut dan berkerut. Nama lainnya adalah jeruk Siam.

16. Jeruk Purut

Jeruk Purut

Mempunyai warna hijau dan kulit biasanya keriput, ukurannya kecil, daging buahnya pun tipis. Rasa dari buahnya sangat asam. Mempunyai banyak biji berukuran kecil. Daun serta buahnya dapat digunakan untuk campuran kue atau masakan lainnya.

Baca Juga :   10 Pohon Hiasan Taman yang Menghasilkan Buah

17. Jeruk Satsuma

Jeruk tanpa biji, Jeruk Satsuma, jeruk dekopon

Tanaman Jeruk yang satu ini berasal dari Jepang, kuat bertahan di suhu dingin, bentuknya menyerupai pir. Bulir mempunyai kandungan air tinggi. Rasanya manis menyegarkan.

18. Jeruk Sudachi

jeruk kecil asam, jenis jeruk asam

Sudachi ialah buah jeruk nipis hijau kecil, bulat, asal dari Jepang yang disebut spesialis Prefektur Tokushima di Jepang.

Ini adalah jeruk yang memiliki rasa asam, tidak dikonsumsi langsung sebagai buah, tapi dipakai sebagai penyedap makanan sebagai alternatif lemon maupun jeruk nipis.

19. Jeruk Sukade

Jeruk Sukade, Jenis jeruk dari Indonesia, Jeruk besar

Tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Biasanya tidak untuk buah konsumsi secara langsung, kulit buahnya sering digunakan untuk bumbu, selai, bahan campuran parfum dan minyak nabati.

Pohonnya dapat menggapai tinggi 3 meter. Ukuran buahnya besar bisa mencapai 25 centimeter, dengan berat rata-rata 4 kg. Kulitnya tebal, Bulir jeruknya relatif kecil.

Baca Juga :   7 Nama Buah-buahan Indonesia Paling Unik

20. Jeruk Yuzu

Jeruk Yuzu

Mungkin kita sering mendengar istilah Yuzu, ya seperti merk minuman. Pada kenyataannya Yuzu juga merupakan sejenis tanaman jeruk yang datang dari Asia Timur. Yuzu merupakan silangan dari Jeruk Mandarin serta citrus ichangensis.

Biasanya buahnya memiliki kulit yang agak kasar dan kecil serta warnanya bervariasi tergantung pada tingkat kematangannya, ukuran buahnya sekitar 5,5 cm sampai 7,5 cm.

Nah, berdasar daftar dan keterangan perihal macam-macam jeruk yang berada di Indonesia ini, apa kamu bisa membandingkann mereka? Nomor berapakah yang kerapkali kamu makan atau pakai?

2 thoughts on “20 Macam-Macam Jeruk di Indonesia Beserta Gambarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.