Macam-Macam Kue Putu yang Enak

Hewata.com. Macam-macam Kue Putu. Mendengar kata “putu” pasti tidak asing dalam telinga kita. Nama yang banyak terdapat di Bali tentu saja selain made dan ketut. Tapi ini kali hewata.com tidak mengulas nama I putu ini atau I putu itu, tetapi akan membagikan info mengenai tipe kue atau cemilan yang namanya putu.

Ada Beberapa Jenis Kue Putu?

Berikut beberapa jenis kue putu, diantaranya :

1. Kue Putu

jenis kue putu, macam macam kue putu, macam kue putu, jenis putu, jenis jenis kue putu, ada beberapa jenis kue putu, macam2 jenis kue putu, berbagai jenis kue putu, semua jenis kue putu, aneka jenis kue putu

Selama ini tidak ada literatur yang menguraikan dengan jelas makna dari nama putu untuk kue warna hijau ini. Tetapi yang jelas macam-macam kue putu sudah lama ada di kehidupan warga kita.

Langkah membuat kue putu juga cukup unik triknya ialah siapkan bahan yang terbagi dalam tepung beras, tepung sagu, garam, baking powder, panili dan pewarna makanan hijau, tapi akan lebih baik bila memakai daun pandan sebagai pewarna.

Campurkan tepung beras dengan tepung sagu, sesudah rata sisihkan sesaat. Selanjutnya campurkan garam ke air putih, tambah pewarna makanan atau air perasan daun pandan, baking powder dan panili, aduk sampai rata sampai terbentuk larutan warna hijau.

Baca Juga :   19 Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

Proses seterusnya tuangkan larutan ke kombinasi tepung dan tepung sagu barusan. Uleni dengan tangan sampai jadi gumpalan padat. Kemudian gosokan adonan di atas saringan khusus hingga jadi bulir-bulir halus. Sekarang bahan kue putu-pun siap dibawa untuk dijajakan.

Disamping adonan tepung ada pula gula jawa yang telah digerus yang dimasukan kedalamnya sebagai isian. Untuk mencetaknya, beberapa penjual kue ini umumnya memasukkan sedikit adonan pada cetakan bambu, tambahkan gula jawa atau gula merah, lalu tutupi lagi dengan tepung.

Inilah yang membuat kue putu gampang dikenali dari kue lain. Bunyi berupa siulan pada saat penjual menjajakan dagangannya serta proses membuatnya menjadi satu diantara ciri khas tersendiri. Begitu matang lalu kue putu disajikan dengan parutan kelapa yang renyah.

Kue ini semakin lebih nikmat bila dikonsumsi saat hangat. Tapi di perkotaan bahkan di desa-desa kehadiran penjualnya mulai berkurang, jadi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya sendiri di rumah.

2. Kue Putu Ayu

macam macam kue putu, macam kue putu, macam macam putu, jenis kue putu, asal kue putu, asal usul nama kue putu, asal nama kue putu, ada beberapa jenis kue putu

Baca Juga :   Makanan Penambah Darah untuk Anemia

Kue ini mempunyai penampilan yang cantik, karena berbentuk seperti bunga, serta dihiasi parutan kelapa pada bagian atasnya. Umumnya putu ayu mempunyai warna hijau, tapi Anda juga bisa mencoba varian warna lain jika suka.

Beberapa bahan kue untuk membuat putu ayu sedikit lebih banyak dari bahan untuk membuat kue putu biasa. Ada tepung terigu, baking powder, garam, mentega cair, telur, gula pasir, pengembang kue, pewarna makanan, dan kelapa parut.

Tapi tak perlu cemas karena prosedur dan prosesnya benar-benar mudah. Pertama kali masukan telur, gula dan pengembang kue di dalam mangkok mixer, hidupkan mesin dan diamkan mixer mengaduk adonan sampai mengembang.

Sekalian menunggu campurkan tepung terigu dengan baking powder pada mangkok terpisah, aduk ke-2 nya sampai rata. Bila adonan telah mengembang, matikan mesin dan tuang pada mangkok lain.

Tambahkan mentega cair dan aduk dengan tangan. Seterusnya Anda bisa mencampurkan tepung terigu pada adonan dan aduk kembali secara perlahan-lahan. Kemudian Anda dapat membagi-bagi adonan ke tiga tempat terpisah, di dalam masing-masing tempat diberi 3 pewarna makanan yang berbeda. Warnanya disesuaikan dengan selera Anda.

Baca Juga :   4 Contoh Makanan Sumber Protein Hewani Tertinggi

Saatnya mencetak adonan, siapkan cetakkan khusus putu ayu, lalu berikan kelapa parut pada bagian dasarnya, tapi ingat tidak boleh terlampau ditekan supaya kelapa parut tidak melekat pada bagian dasar cetakan.

Tuangkan masing-masing adonan pada cetakkan terpisah sampai penuh, putu ayu pun siap dimasak. Masukan ke dalam panci kukusan, lalu masak sepanjang 1/2 jam. Enaknya kue putu ayu paling cocok disantap saat santai bersama keluarga. Kue ini tidak terlalu manis, gurihnya parut kelapa, justru semakin menambah cita-rasa.

3. Kue Putu Cangkir

jenis kue putu, asal kue putu, asal usul nama kue putu, asal nama kue putu, ada beberapa jenis kue putu

Kue yang memiliki nama putu selanjutnya datang dari wilayah Sulawesi Selatan. Masyarakat setempat mengenalinya dengan panggilan putu cangkir. Tidak susah menebak mengapa kue ini disebut putu cangkir, kue ciri khas Sulawesi Selatan ini mempunyai wujud seperti alas cangkir. Dengan rasanya yang renyah dan manis, kue ini selalu disukai siapa saja.

4. Kue Putu Mayang

macam macam kue putu, macam kue putu, jenis putu, jenis jenis kue putu, ada beberapa jenis kue putu, macam2 jenis kue putu, berbagai jenis kue putu, semua jenis kue putu, aneka jenis kue putu

Umumnya memiliki warna pink, kuning, putih dan hijau. Kue manis yang nikmat ini sering dijual dengan beragam cemilan manis yang lain seperti onde-onde, lolos dan lain-lain.

error: