10 Makanan Arab, Khas Timur Tengah yang Enak

Hewata.com. Makanan Arab. Bumbu rempah yang kuat, aroma menggoda, dan rasa yang memikat, menjadi ciri utama pada makanan khas Arab. Racikan yang autentik, juga membuat para pecinta kuliner tidak ingin melewatkannya. Pada tiap suapan, seolah ada magis yang menggiring kita pada suasana gurun, dekorasi Timur Tengah, dan peradaban yang melegenda.

Makanan Arab

Karena itu, bagi kamu yang mengaku petualang rasa, wajib coba makanan khas Arab. Selain mengenyangkan perut, ada kesenangan batin, dan perjalanan spiritual yang akan menyertaimu. Tidak percaya? Nih, 10 makanan khas Arab dengan kelezatan tingkat tinggi yang harus kamu cicipi:

1. Kebab

makanan arab, makan khas arab, makanan khas arab, makanan arab saudi, bahasa arab makanan enak, makanan org arab, makanan arab terdekat

Tidak harus menuju ke jazirah Arab, kita bisa mencicipi kebab di berbagai restoran Timur Tengah di Indonesia. Harmonisasi antara daging, selada, timun, bawang bombay, dan tomat, cukup universal untuk dinikmati siapa saja. Sebagai pelengkap, kebab akan semakin lezat dengan baluran kombo saus pedas, saus tomat, keju, dan mayones.

Baca Juga :   10 Makanan Khas Bali yang Jadi Favorit Para Traveler

2. Hummus

makanan arab dan namanya, makan arab, makan khas arab, makanan khas arab, masakan arab, masakan arab termasuk dalam jenis masakan, makanan orang arab, makanan arab terdekat, masakan arab terdekat

Atmosfer Arab serta merta akan menyelimuti kamu ketika menyantap hummus. Saus kacang yang terdiri dari kedelai, tahini, lentini, bawang putih, minyak zaitun, perasan lemon, dan garam ini biasa disantap bersama roti pita, sayuran, atau kentang. Agar lengkap dan menarik, hummus biasanya ditata dengan irisan tomat, chickpea, dan tortila.

3. Samboosa

masakan timur tengah terdekat, masakan khas arab, makanan dari arab, masakan arab termasuk dalam jenis makanan, nama makanan arab, makanan arab termasuk dalam jenis makanan, makanan arab ful, jajanan khas arab, nama nama makanan arab

Menjalani bulan Ramadhan di Timur Tengah, belum lengkap tanpa menyantap Samboosa. Kudapan populer ini terbuat dari kulit pastry berbentuk segitiga, dan berisi cincangan daging kambing, sapi, atau ayam, telur, keju, dan ragam sayuran, seperti wortel, buncis, dan kentang. Selain menjadi sajian pendamping ketika minum teh, samboosa juga cocok disantap bersama sup wortel atau sup kacang lentil.

4. Malabari paratha

makanan arab, makanan arab saudi, makanan arab dan namanya, nama makanan dalam bahasa arab, nama makanan arab, nama makanan khas arab, restoran makanan arab, restoran masakan arab, jenis makanan arab

Berupa roti pipih berlapis, yang nikmat tersaji bersama siraman kuah kari atau kuah kaldu lain dengan rempah khas Timur Tengah. Rasanya yang gurih tidak akan mengecewakan kamu dalam setiap gigitan. Malabari Paratha populer di kalangan kerajaan dan menjadi hidangan utama kaum ekspat di India Selatan.

Baca Juga :   Macam-Macam Bakso Unik, Indonesia Punya

5. Manakeesh

contoh makanan arab, apa makanan khas arab, apa saja makanan arab, makanan arab yang terkenal, apa bahasa arabnya makanan, nama arab untuk usaha makanan, restoran makanan arab di bekasi, nama makanan arab saudi, senarai nama makanan arab

Manakeesh – via : doordash.com

Meski berbentuk pipih seperti pizza, manakeesh terbuat dari adonan tepung terigu, madu, dan gula. Cita rasa Timur Tengah pada manakeesh begitu kental dengan adanya campuran minyak zaitun, rempah yang autentik, dan topping keju putih asin atau ackawi. Sajian ini juga semakin lezat dengan daging cincang, saus pedas, dan irisan tomat.

6. Luqaimat

masakan arab termasuk dalam jenis makanan, nama makanan arab, makanan arab termasuk dalam jenis makanan, makanan arab ful, jajanan khas arab, nama nama makanan arab

Renyah di luar, lembut di dalam, menjadi ciri khas luqaimat. Hadir sebagai makanan penutup, luqaimat memiliki rasa manis yang begitu lezat dan unik. Kudapan berbentuk bulat ini begitu dinanti ketika memasuki bulan Ramadhan..

7. Mutabbaq

makanan arab saudi, bahasa arab makanan enak, makanan org arab, makanan arab terdekat

Meski diklaim berasal dari Yaman, mutabaq biasa tersaji sebagai makanan pembuka di kerajaan Arab Saudi. Mutabaq berupa kue tipis yang berisi campuran telur, daging cincang, tomat, bawang, peterseli, dan cabai jalapeno. Ya, kira-kira persis dengan martabak, dengan sentuhan ala Timur Tengah.

8. Kushari

Makanan dari Arab

Kuliner khas Mesir dari abad ke-19 ini awalnya dibuat dari makanan sisa untuk santapan kaum buruh. Namun, rasanya yang lezat menjadikan kushari begitu populer dan kini turut terhidang di restoran seantero Mesir. Sajian berupa nasi campur makaroni dan lentil ini dipadukan dengan potongan spageti, kacang Arab, bawang goreng, dan saus tomat. Kamu juga dapat melengkapinya dengan saus pedas dan perasan bawang lemon, atau mengolahnya dengan minyak sayur jika menginginkan menu vegan.

Baca Juga :   11 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

9. Falafel

masakan khas arab, makanan dari arab, nama makanan arab, jajanan khas arab

Berkunjung ke Yordania, kamu dapat dengan mudah menemukan falafel di pinggir jalan. Falafel berwujud bola-bola goreng yang berbahan dasar kacang Faca giling berbumbu rempah. Rasanya yang pedas, sangat cocok dihidangkan bersama saus, acar, salad, atau roti pita.

10. Baleela

Pecinta makanan pedas wajib coba Baleela. Kamu bisa menemukannya di kios sekitar Qabel Street dengan penjual yang mengenakan baju tradisional Arab bernuansa emas. Makanan berbahan buncis rebus dengan campuran bawang putih dan garam ini, menjadi incaran favorit penduduk asli Arab hingga pelancong mancanegara.

Nah, kalau kamu mau coba, siap-siap ketagihan ya. Tenang saja, semua halal dan tayib, kok!

error: