15 Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Posted on

Hewata.com. Makanan yang Mengandung Karbohidrat. Di Indonesia, terkenal sebuah kelakar yang mengatakan “kalau belum nasi, belum terasa makan”. Ya, wajar saja. Sebagai makanan pokok mayoritas penduduk nusantara, nasi menjadi komponen utama yang hadir di atas piring. Apakah kamu juga salah satu yang mengamini kalimat tersebut?

Padahal, keberadaan nasi sebenarnya hanya sebagai sumber karbohidrat, lho. Apalagi, nasi putih terbukti berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Dan, kita perlu tahu, bahwa untuk mendapatkan karbohidrat yang diperlukan tubuh, kita tidak harus mengandalkan nasi. Ada sayuran, buah-buahan, hingga biji-bijian yang juga mengandung karbohidrat tinggi.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Yuk, cari tahu alternatif sumber karbohidrat lainnya! Berikut ini 15 sumber karbohidrat dengan kandungan nutrisi yang lebih sehat dari nasi putih:

1. Kentang

makanan diet, makanan untuk diet, makanan diet sehat, 10+makanan+untuk+diet, makanan diet pengganti nasi, makanan diet murah, makanan diet cepat, makanan diet pemula, makanan diet untuk remaja, makanan diet enak

Kamu dapat menyantap kentang dengan berbagai cara. Sebagai campuran sup, dipanggang, atau ditumbuk, kentang memiliki rasa yang khas dan lezat. Terlebih, jika mengonsumsi satu kentang ukuran sedang bersama kulitnya, kamu bisa memperoleh kandungan karbohidrat sebesar 23,61 gram, vitamin A, vitamin C, kalium, dan 4 gram serat. Bahkan, molekul karbohidrat dalam kentang ungu juga mengandung antioksidan dan nutrisi antitumor.

Baca Juga :   7 Makanan Detoksifikasi Pembersih Usus

2. Jagung

makanan yang mengandung karbohidrat, makanan yang mengandung karbo, jenis makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah, karbohidrat adalah, makanan karbo, makanan yang mengandung karbohidrat adalah, sumber karbo, sumber karbohidrat, contoh makanan karbohidrat, contoh karbohidrat, contoh makanan yang mengandung karbohidrat, sebutkan 3 makanan yang mengandung karbohidrat

Ada baiknya, kamu mengolah jagung dengan merebus atau membakarnya untuk mendapatkan manfat yang lebih optimal. Karena, dalam bentuk alami, selain 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein per 100 gram, jagung juga memiliki kandungan antioksidan, tinggi serat, vitamin C, zeaxanthin, dan lutein, yang dapat menurunkan kadar gula dan tekanan darah.

3. Ubi

makanan untuk ibu hamil agar anaknya putih, makanan ibu hamil agar bayi sehat normal, makanan ibu hamil agar bayi nya berkulit putih, makanan untuk ibu hamil supaya anak pintar, makanan ibu hamil agar bayi pintar dan cerdas, makanan ibu hamil agar bayi putih dan bersih, makanan ibu hamil agar rambut bayi lebat, makanan ibu hamil agar bayi rambutnya lebat, makanan ibu hamil agar otak bayi cerdas, makanan ibu hamil agar mata bayi sehat

Terdapat 18—21% karbohidrat dalam ubi yang telah masak, terdiri dari serat, gula, dan tepung. Ubi juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan kalium. Masih berasal dari keluarga umbi-umbian, kamu juga dapat menyantap bit, untuk mendapatkan kandungan folat, potasium, dan kalsium.

4. Quinoa

contoh makanan yang mengandung karbohidrat, sebutkan 3 makanan yang mengandung karbohidrat, makanan mengandung karbohidrat, jenis karbohidrat, pengganti nasi, makanan karbohidrat tinggi, pengganti nasi untuk diet

Dalam satu cangkir quinoa, terdapat 39,41 gram karbohidrat, 8,14 gram protein, bebas gluten, dan hanya mengandung 1,61 gram gula.  Karena itu, quinoa dapat menjadi alternatif sumber karbohidrat yang sangat menyehatkan, terutama bagi pengidap penyakit celiac. Quinoa juga kaya akan mineral, antara lain magnesium, potasium, dan fosfor.

5. Gandum

jenis protein nabati, protein nabati terdapat pada, protein nabati contohnya, macam-macam protein nabati, protein nabati adalah brainly, protein nabati diperoleh dari, protein nabati mpasi, protein nabati terkandung dalam, fungsi protein nabati
Gandum

Sereal gandum utuh dapat menjadi pilihan yang baik, karena dalam satu cangkir gandum saja, terdapat 4 gram serat, 27 gram karbohidrat, 5 gram protein, dengan maksimal 10 gram gula. Lebih dari itu, gandum juga dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

6. Beras merah

Masih tidak bisa lepas dari nasi? Kalau begitu, cobalah ganti beras putih dengan beras merah yang mengandung serat lebih tinggi dengan 36 gram karbohidrat. Kamu pun akan mendapat benefit tambahan, karena beras merah juga kaya akan kandungan antioksidan, lho.

Baca Juga :   Macam-Macam Kue Putu yang Enak

7. Pisang

jenis - jenis pisang, jenis jenis pisang, macam macam jenis pisang, jenis pisang terbaik, jenis pisang dan manfaatnya, jenis pisang ambon terbaik

Dalam satu pisang ukuran sedang, terkandung 26,95 karbohidrat, potasium, kalium, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan mangan. Dengan nutrisi tersebut, pisang baik bagi kesehatan jantung, karena dapat menurunkan tekanan darah.

8. Mangga

cara supaya mangga awet disimpan, cara supaya mangga tetap bagus dan segar tidak cepat busuk dalam kemasan

Bersyukurlah karena Tuhan menganugerahi mangga sebagai buah tropis yang dapat kita jumpai dengan mudah di seantero Indonesia. Selain segar, bikin nagih, dan nikmat disantap dalam segala suasana, serta berbagai cara, mangga ternyata mengandung 24,72 gram karbohidrat, vitamin A, vitamun C, potasium, dan serat. Bagus banget nih, untuk memperlancar proses detoksifikasi tubuh.

9. Apel

manfaat apel merah, manfaat apel untuk ibu hamil,manfaat apel, apa manfaat apel hijau, manfaat apel merah untuk kesehatan, apa manfaat apel bagi tubuh, manfaat apel tiap hari, manfaat tanaman apel, manfaat apel untuk kesehatan, manfaat apel untuk diet, manfaat apel untuk pencernaan

Tidak hanya menarik karena terdiri dari aneka warna, apel juga mengandung 25,13 gram karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, potasium, dan serat. Mengonsumsi apel secara rutin, juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kestabilan kadar gula darah, dan mencegah kanker, terutama pada lansia.

10. Blueberry

Buah imut yang kaya akan kandungan air ini mengandung 14% karbohidrat, vitamin C, vitamin K, mangan, dan antioksidan tinggi. Sehingga, blueberry dapat mencegah penyakit degeneratif, serta menjaga daya ingat hingga usia lanjut.

11. Kismis

Anggur kering yang telah diolah menjadi kismis, dapat menjadi tambahan rasa dalam sereal, yoghurt, salad, atau granola. Satu cangkir kismis anggur, setidaknya mengandung 129, 48 gram karbohidrat, antioksidan, dan berbagai mineral seperti potasium, magnesium, fosfor, dan kalsium.

Baca Juga :   10 Makanan Terenak di Korea Selatan, Recommended!

12. Kurma

Buah kering yang satu ini tidak pernah absen dari pasaran selama bulan Ramadhan. Dalam satu kurma besar saja, seperti jenis Medjool, terdapat 17,99 gram karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, potasium, dan vitamin A. Pas banget disajikan sebagai menu berbuka puasa.

13. Kacang merah

Biasa menjadi menu dalam program diet, terdapat 21 gram karbohidrat, 6,99 gram protein, dan 8,1 gram serat dalam satu cangkir kacang merah. Selain itu, terdapat pula kandungan potasium, zat besi, dan beragam vitamin. Tapi, ingat jangan dikonsumsi mentah, karena dapat menyebabkan keracunan.

14. Buncis

Jika terdapat satu cangkir buncis dalam semangkuk sup, setidaknya kamu akan mendapat 39,86 gram karbohidrat, 17,86 gram protein nabati, dan 15,6 gram serat. Ada pula kandungan fosfor, potasium, kalsium, dan folat yang baik untuk mengoptimalkan kondisi kesehatan kamu.

15. Kacang polong

Kamu dapat mengolah kacang polong menjadi campuran sup, salad, atau rebusan mix vegetables. Dengan mengonsumsi kacang polong, kamu akan mendapat karbohidrat yang cukup, serta benefit lain dari kandungan serat, antioksidan, antiradang, dan coumestrol yang dapat mencegah kanker perut.

Setelah mengetahui kandungan dari 15 alternatif sumber karbohidrat di atas, yakin masih mau makan pakai nasi setiap hari?

Leave a Reply

Your email address will not be published.