12 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

manfaat bengkoang, manfaat bengkoang untuk wajah, manfaat bengkoang untuk lambung, manfaat bengkoang untuk ibu hamil, manfaat bengkoang untuk kecantikan, manfaat bengkoang untuk kulit, manfaat bengkoang untuk ginjal, manfaat bengkoang untuk asam urat, manfaat bengkoang bagi kesehatan, manfaat bengkoang air, manfaat air bengkoang untuk wajah, apa manfaat bengkoang bagi kesehatan, manfaat bengkoang bagi manusia, manfaat bengkoang menurut para ahli, manfaat bengkoang maag, manfaat bengkoang saat hamil, manfaat bengkoang tubuh, manfaat dan khasiat bengkoang, manfaat bengkoang yang benar

Hewata.com Buah bengkoang adalah akar bertepung yang mirip dengan kentang atau lobak. Akar umbi rasanya agak manis, tetapi rendah gula, menjadikannya pilihan karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes dan orang lain yang mencoba diet rendah gula.
Selain dimakan mentah, ubi juga bisa diolah sebagai sop, rujak buah, beberapa masakan lainnya. Tidak hanya buahnya saja, akar tanaman ubi juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Beberapa Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Bengkoang tercatat memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, mulai dari mencerahkan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah osteoporosis dan berbagai manfaat lainnya yang dijelaskan di bawah ini.

1. Mencerahkan kulit

Bengkuang telah lama digunakan untuk mencerahkan kulit. Produk untuk mencerahkan kulit ada bermacam-macam, biasanya didalam komposisinya ada buah bengkoang.
Bengkuang mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah berbagai radikal bebas yang menyerang kulit dan menjaga kulit tetap cerah.

Baca Juga :   Mengendalikan Ulat Kubis Dengan Insektisida Alami

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah bengkoang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh,karena bengkoang mengandung vitamin c , Vitamin C berguna untuk mencerahkan kulit, tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dari 100 gram, terdapat kandungan vitamin C sekitar 24% dari yang dibutuhkan.
Vitamin C dapat membantu memeperlancar produksi darah putih yang berperan untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka proses resistensi terhadap virus, bakteri dan patogen yang menyerang tubuh akan menjadi lebih mudah. kita juga bisa tahan pada penyakit seperti flu, pilek dan batuk.

3. Mengatur tekanan darah

Salah satu manfaat ragi bagi kesehatan adalah mengatur tekanan darah. Kandungan kalium pada buah bengkoang berperan dalam mengatur tekanan darah agar normal. Kalium akan membuat pembuluh darah dan arteri rileks. Selain itu, kalium juga dapat menetralkan efek natrium, sehingga kadar cairan dalam tubuh tetap terjaga dan seimbang.

4. Mencegah osteoporosis

Kalsium sangat penting untuk tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Bengkoang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk kesehatan tulang. Makan ubi dapat membantu mencegah osteoporosis.

5. Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah

Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat, salah satunya bengkuang. Serat larut dalam ubi mengurangi kadar kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah.

Baca Juga :   Cara Memberi Pupuk Rambutan Agar Berbuah Lebat

6. Membantu memperlancar pencernaan

Selain mengandung serat Buah bengkoang mengandung juga mengandung banyak air. Kombinasi keduanya sangat dianjurkan dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan. Dengan mengkonsumsi bengkuang akan membuat tubuh terhindar dari masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

7. Menurunkan kadar homosistein

Homosistein berkaitan erat dengan penyakit jantung dan ginjal. Buah bengkoang memiliki khasiat anti homosistein, menjaga kesehatan jantung dan ginjal Anda. Dengan mengkonsumsi buah bengkoang dapat menurunkan kadar homosistein hingga 11%.

8. Membantu menurunkan berat badan

Mencoba menurunkan berat badan? Cobalah makan buah bengkoang. Buah bengkuang juga rendah kalori. Tubuh akan terhindar dari lemak, tapi tetap merasa kenyang untuk waktu yang lama.

9. Menangkal berbagai radikal bebas

Buah bengkoang juga bermanfaat dalam mencegah berbagai radikal bebas. Ini berkat kandungan anti oksidan dalam buah ini. Anti oksidan penting dalam menangkal berbagai serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit bahkan kanker.

10. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah, akibat dari kekurangan sel darah merah adalah berkurangnya suplai oksigen ke berbagai organ tubuh termasuk suplai oksigen ke otak. Akibatnya badan akan menjadi lemas dan mudah pusing.
Buah bengkoang mengandung zat besi yang dapat berguna dalam membantu mencegah anemia, dengan membantu memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :   Nolina recurvata, “Pony-Tail” yang Unik

11. Meningkatkan metabolisme tubuh

Bengkoang mengandung vitamin B kompleks seperti piridoksin, riboflavin, folat, asam pantotenat, dan thiamin yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh dan membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta menambah jumlah energi.

12. Baik untuk wanita hamil

Selain berbagai manfaat di atas, bengkuang juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil. Buah bengkoang juga mengandung folat yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan membantu menjaga perkembangan janin. Ini juga mencegah cacat lahir pada bayi.

Efek dari bengkoang

Tercatat banyak efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi buah bengkoang ini. Akar tanaman dan isi buah bisa dimakan, namun bagian sisanya tidak bisa dimakan atau dimanfaatkan.Mengkonsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan saraf atau bahkan kerusakan.

Itulah berbagai manfaat dan efek samping ragi bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi bengkuang jelas memberikan banyak manfaat bagi tubuh, asal tidak berlebihan.

error: