7 Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Kesehatan

Hewata.com. Hibiscus rosa-sinensis, atau yang terkenal dengan panggilan bunga kembang sepatu, kelihatan demikian menarik dengan kelompak besar dan beragam warna yang cantik, dari yang kalem sampai menyala. Dengan figure pohon berdaun rimbun, kembang sepatu sangat pas jadi penghias taman dan halaman, karena bisa memunculkan kesan-kesan yang asri dan mempesona.

manfaat bunga sepatu, manfaat kembang sepatu, manfaat bunga kembang sepatu, manfaat daun bunga sepatu, khasiat bunga sepatu manfaat bunga sepatu dan cara membuatnya, manfaat bunga sepatu untuk kesehatan, manfaat bunga sepatu untuk paru, khasiat bunga kembang sepatu, apa manfaat bunga sepatu, manfaat bunga sepatu untuk wajah

Tetapi, rupanya bukan hanya bermanfaat dalam memperindah taman. Tanaman bunga kembang sepatu mempunyai manfaat yang mengagumkan untuk kesehatan manusia. Karenanya, janganlah sampai melewati hidangan alam yang satu berikut, ya.

Berikut 7 manfaat tanaman kembang sepatu yang jarang-jarang diketahui orang:

1. Mempertahankan kesehatan rambut

Dikutip dari healthbenefitstimes.com, ada kandungan Vitamin C, vitamin A, dan mineral dalam kembang sepatu yang bisa memberikan dukungan peremajaan rambut, memacu perkembangan rambut baru, dan menangani permasalahan rambut rontok, dan ketombe. Disamping itu, bagian daun pada tanaman bunga kembang sepatu ini bisa menjadi bahan baku shampo.

2. Meningkatkan ketahanan tubuh

Dengan konsumsi teh hibiscus atau bunga kembang sepatu dengan teratur, badan kamu bisa lebih kuat melawan bermacam penyakit. Karena, berdasar riset, kembang sepatu bisa menyokong kerja sel yang berperan sebagai penjaga kekebalan tubuh.

3. Mempertahankan kesehatan jantung serta mengurangi kolesterol

Senyawa bioflavonoid dalam teh hibiscus diperkirakan bisa mempertahankan kesehatan jantung. Disamping itu, konsentrat kembang sepatu terbukti bisa menangani arteri tersumbat sampai 22%. Kandungan saponin didalamnya juga berperanan menghalangi peresapan kolesterol, hingga bisa mengurangi kandungan kolestrol pada darah. Dan, rangkaian peranan itu, akan berpengaruh baik dalam proses rekondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca Juga :   10 Cara Agar Gigi Putih Secara Alami

4. Mengontrol berat badan

Untuk yang sedang menjalankan diet sehat, olahan dari kembang sepatu dapat menjadi salah satu unggulan. Sebab, kandungan mineral dan nutrisi fundamental dari tanaman hibiscus bisa menekan peresapan lemak dan karbohidrat. Disamping itu, kandungan antidioksidan yang tinggi dapat berperan dalam memaksimalkan metabolisme dan mengontrol berat badan tetap ideal.

apa manfaat bunga kembang sepatu, manfaat bunga sepatu untuk kecantikan, manfaat kembang sepatu untuk kesehatan, manfaat bunga sepatu untuk rambut, manfaat daun bunga sepatu untuk rambut, manfaat tanaman bunga sepatu, khasiat bunga sepatu untuk pengobatan

5. Menghalang kanker kulit

Dalam konsentrat hibiscus, terdapat zat yang memiliki sifat defensif pada kulit. Dengan begitu, kulit kamu akan sanggup beregenerasi secara baik, karena terlindung dari radiasi cahaya UV dan radikal bebas.

6. Menurunkan demam dan menangani sembelit

Peradaban Mesir kuno sudah lama memakai tanaman hibiscus untuk menurunkan suhu badan saat demam. Sedangkan, warga Afrika dapat mengkonsumsi kembang sepatu untuk menangani sembelit. Teh hibiscus dapat meredakan kram perut saat menstruasi dan meperlambat periode menopause.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Kado Ultah Buat Pacar

7. Menangani stres

Dengan dampak memperlancar peredaran darah dari senyawa polifenol, hibiscus bisa menjaga performa otak supaya tetap optimal. Riset terus berjalan berkaitan manfaat tanaman bunga kembang sepatu untuk menanggulangi gejala stres.

Apakah dari 7 manfaat bunga kembang sepatu di atas, ada yang sudah kamu gunakan? Rupanya sangat sayang jika sekedar hanya untuk mempercantik taman, ya!

error: