Manfaat Makan Ceker Ayam, Bikin Awet Muda!

Hewata.com. Manfaat Ceker Ayam. Meski bentuknya mirip dengan tangan manusia, serta pernah digunakan untuk menjelajahi tanah dan kotoran, ceker ayam masih jadi makanan favorit bagi sebagian orang.

Ceker kerap diolah menjadi beragam hidangan, mulai dari sup, soto, hingga seblak. Bahkan, tidak hanya di Indonesia, ceker juga menjadi makanan yang digemari di beberapa wilayah Asia, Afrika Selatan, Jamaika, hingga Amerika Selatan.

manfaat ceker ayam, manfaat makan ceker ayam, manfaat ceker ayam untuk kesehatan, kandungan pada ceker ayam, apa manfaat ceker ayam, manfaat ceker ayam bagi tubuh, manfaat ceker, manfaat ceker ayam bagi kesehatan, manfaat ceker ayam untuk kulit, kegunaan ceker ayam

Manfaat Makan Ceker Ayam

Namun, kendati populer dalam berbagai olahan tradisional hingga kekinian, ceker juga diremehkan karena kerap menjadi pilihan orang-orang yang tidak mampu menjangkau daging ayam.

Padahal, bukankah menyenangkan bisa mendapatkan makanan sehat dengan harga yang murah? Jadi, tidak perlu menyematkan persona pada makanan, ya. Yang perlu kamu ketahui, justru sederet keunggulan ceker, yaitu:

  • Terjangkau dan mudah didapatkan
  • Mudah diolah menjadi beragam hidangan atau kudapan.
  • Mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh manusia.
Baca Juga :   10 Cara Memilih Durian yang Bagus, Manis, Tebal dan Enak

Berkaitan dengan poin terakhir, rupanya ceker dapat membuat kulit lebih segar dan awet muda, karena kandungan kolagen yang tinggi. Fakta ini bahkan telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Department of Animal Science of National Chung-Hsing University di Taiwan.

Berdasarkan penelitian mereka, ceker dapat menjadi sumber kolagen yang murah, namun tetap optimal dalam menjaga kesehatan kulit kita. Terutama, jika dibandingkan dengan suplemen kolagen yang berharga fantastis.  Wah, menarik, bukan?

Manfaat Ceker Ayam

Lebih dari itu, ceker juga kaya akan kandungan asam hialuronat dan kondroitin. Apakah kamu familiar dengan dua senyawa ini? Asam hialuronat telah terbukti secara ilmiah sebagai kunci untuk kulit yang kencang dan awet muda. Sementara kondroitin dapat menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko osteoporosis. Kulit sehat dan tulang kuat, paket lengkap!

Baca Juga :   15 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi!

kandungan ceker ayam, manfaat makan ceker ayam, kandungan gizi ceker ayam, manfaat ceker ayam untuk kesehatan, manfaat cakar ayam, manfaat ceker ayam untuk kecantikan, kandungan ceker, manfaat kaki ayam, khasiat ceker ayam, efek makan ceker ayam, manfaat ceker ayam untuk diet

Wah, apakah kamu masih mau melewatkan ceker sebagai asupan sehari-hari? Nutrisi penting di dalam ceker ini, akan memberimu aneka manfaat, lho. Berikut ini benefit yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi ceker secara rutin:

  • Kulit yang sehat dan awet muda.
  • Tulang dan otot yang kuat karena kandungan kalsium dan protein, dengan karbohirat yang rendah.
  • Menguatkan jaringan pembuluh darah.
  • Mengoptimalkan metabolisme.
  • Mengurangi gejala artritis, dengan adanya kolaborasi antara kandungan protein, mineral, kalsium dan aneka vitamin yang mudah diserap tubuh.
  • Meredakan inflamasi.

Jadi, daripada kamu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli suplemen kondroitin, kolagen, atau glukosamin, tentu lebih enak menyantap ceker tulang lunak dalam semangkuk sup ayam yang lezat. Selain itu, menu olahan ceker juga dapat menjadi asupan nutrisi yang sempurna untuk para atlet bela diri. Cool!

Cara Membersihkan Ceker Ayam

Nah, pertanyaannya, apakah kamu masih belum akrab dengan ceker dan bingung melihat bentuknya yang nyentrik? Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengolah ceker menjadi hidangan lezat:

  1. Bersihkan ceker secara menyeluruh.
  2. Gosok ceker dengan garam untuk melenyapkan kotoran yang membandel.
  3. Rebus ceker dalam air mendidih sekitar 3 menit.
  4. Dinginkan, lalu kupas membran kuning yang melapisi ceker.
  5. Potong seluruh kuku ceker dengan pisau yang tajam.
  6. Cuci kembali hingga bersih, lalu ceker telah siap untuk diolah menjadi beragam masakan.
Baca Juga :   Cara Membuat Tape Singkong Anti Gagal

Yap, mengolah dan mendapatkan ceker sungguh mudah, murah, dan punya manfaat berlimpah. Maka, nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan?

error: