Manfaat Kunyit untuk Penyakit Lambung

Hewata.com. Manfaat kunyit untuk lambung. Kunyit (Curcuma Domestica) adalah tanaman yang termasuk famili Zingiberaceae. Rimpangnya yang kuning kemerahan banyak dipakai sebagai penyedap masakan dan bahan ramuan obat tradisional.

Manfaat Kunyit untuk Lambung

Pusat Penelitian Obat Tradisional (PPOT-UGM), Yogyakarta, melakukan penelitian ilmiah tentang manfaat ekstrak kunyit dalam pengobatan tukak lambung (peptic-ulcer), asam lambung dan gangguan atau penyakit lambung lainnya.

kunyit untuk lambung, manfaat kunyit dan madu untuk lambung, manfaat kunyit untuk asam lambung, manfaat kunyit dan jahe untuk asam lambung, manfaat kunyit untuk maag, manfaat kunyit hitam untuk lambung, air kunyit untuk lambung, khasiat kunyit untuk lambung, manfaat kunyit buat lambung, khasiat kunyit untuk asam lambung, manfaat air kunyit untuk lambung, manfaat kunyit bagi lambung, jamu kunyit untuk maag, manfaat kunyit untuk gerd

1. Uji klinis Laboratorium

Mula-mula dilakukan penelitian efek pada ulkus lambung tikus karena salisilat. Sebagai kelinci percobaan dipakai 30 ekor tikus Ratus-ratus jantan dari betina galur Wistar dengan berat 150-200 gr dibagi dalam 3 kelompok. Tikus dipuasakan selama 48 jam/2 hari kemudian diberi suspensi aspirin secara oral 150 mg/kg berat badan dan dibiarkan tanpa makan dan minum selama 5 jam.

Baca Juga :   Cara Mengusir Kelelawar Pemakan Buah

Kelompok pertama diberi amilum 2.500 mg (dalam 4 ml akuades), kelompok kedua diberi ekstrak kunyit 63 mg (dalam 4 ml akuades), dan kelompok ketiga diberi suspensi AI(OH)3 1,6 mg (dalam 4 ml akuades). Pemberian dilakukan secara oral setiap 8 jam selama 48 jam tanpa makanan lain tetapi tetap diberi minum. Sesudah 48 jam tikus dibunuh dan diangkat lambungnya untuk diamati. Setelah diamati, disimpulkan bahwa kunyit positif menurunkan jumlah ulkus lambung yang terjadi karena aspirin.

Setelah diperoleh hasil positif bahwa kunyit bisa mengobati tukak atau luka lambung, penelitian dilanjutkan dengan uji klinis. Uji klinis dilakukan terhadap 20 pasien penderita tukak lambung. Ekstrak kunyit yang telah dikemas dalam kapsul sebanyak 0,8 gr/kapsul diberikan kepada pasien dengan dosis minum 3x sehari 2 kapsul selama 1 minggu.

Baca Juga :   10 Pohon Hiasan Taman yang Menghasilkan Buah

Hasil pengamatan menunjukkan, ekstrak kunyit mempunyai efek mengobati luka lambung pasien. Selain itu tidak terlihat adanya pengaruh obat terhadap tekanan darah, frekuensi nadi, frekuensi respirasi, berat badan, dan gejala lain yang mengarah ke efek samping. Karena itu disimpulkan, ekstrak kunyit mampu mengobati tukak lambung tanpa efek samping, pada dosis 3 kali 1,6 gr/hari selama seminggu.

2. Mengandung Minyak Asiri

Manfaat kunyit sebagai obat lambung lebih banyak dipengaruhi oleh minyak asiri yang dikandungnya. Minyak asiri yang terkandung dari zat-zat kimiawi antara lain turmeron, sineol, zingiberen, dan borneol mencegah produksi asam lambung yang berlebihan dan akan mengurangi pekerjaan usus yang terlalu berat.

Sedangkan zat kurkuminnya berkhasiat merangsang dinding kantung empedu  untuk mengeluarkan cairan empedu, sehingga pencernaan bekerja lebih sempurna. Namun diingatkan, pemakaian dalam dosis berlebihan akan mengakibatkan kekosongan di kantung empedu, sehingga  sistem pencernaan terganggu.

Baca Juga :   Rotasi Tanaman adalah? Ketahui Tujuannya di Sini!

3. Bisa Diolah Sendiri

Ternyata pemakaian kunyit untuk penyembuhan gangguan maag atau penyakit lambung lainnya tidak harus dibuat kapsul, kita bisa saja menggodoknya secara tradisional seperti pada umumnya. Sedangkan dosisnya?

Cukup dengan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, dicincang dan direbus sampai mendidih bersama 1,5 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Air rebusan itu kemudian disaring dan diminum 3x sehari hingga sembuh. Atau kunyit sebesar ibu jari diparut dan direbus sampai mendidih dengan 1 gelas air hingga tinggal setengahnya. Lalu diminum bersama ekstraknya 3x sehari selama seminggu. Bagi penderita yang tak tahan dengan rasa pahit kunyit, bisa dibantu dengan sedikit gula merah. (DBS)

error: