10 Manfaat Pohon Pisang bagi Manusia

Hewata.com. Manfaat Pohon Pisang. Sebagai bagian dari zamrud khatulistiwa, pohon pisang menjadi satu diantara kekayaan hayati yang penting kita syukuri.

Tanaman yang tumbuh subur di cuaca tropis ini hasilkan buah yang kaya nutrisi, daun serta pelepah yang multi-fungsi. Contohnya, getah pohon pisang dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan ketika kamu teriris pisau.

manfaat pohon pisang, apa manfaat buah pisang, manfaat daun pisang kering untuk ikan cupang, manfaat tanaman pisang, apa manfaat pohon pisang, manfaat batang pohon pisang, kegunaan pohon pisang, apa manfaat daun pisang, fungsi pohon pisang, manfaat pohon pisang brainly

Tetapi, pasti masih ada banyak manfaat dari sebatang pohon pisang yang belum manusia gali dan ketahui.

Manfaat Pohon Pisang

Karenanya, sebagai dasar inovasi pendayagunaan pohon pisang di periode mendatang, kita perlu mengenali lebih dulu 10 manfaat pohon pisang yang sudah sukses dieksplorasi dalam keperluan keseharian manusia, sebagai berikut :

1. Buah Pisang Bergizi Tinggi

Bisa langsung dimakan, dapat juga diproses menjadi bermacam olahan seperti kolak, gorengan, kue, atau es pisang ijo. Lebih dari sekedar nikmat, pisang memiliki kandungan bermacam gizi yang dibutuhkan badan, diantaranya karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, mangan, potasium, dan magnesium.

Baca Juga :   Rotasi Tanaman adalah? Ketahui Tujuannya di Sini!

Yang mengandung nutrisi yang padat dan struktur yang halus, pisang cocok jadi menu MPASI pertama, dan konsumsi sehat dalam program diet. Dan, sekarang ada juga tepung pisang menjadi alternative tepung yang bebas gluten.

2. Manfaat Kulit Pisang

Pernah dengar keripik kulit pisang? Yup, kulit pisang rupanya dapat dikonsumsi, lho! Tetapi, jika kamu merasa aneh dengan bukti itu, kamu dapat mengumpulkan kulit pisang sebagai pakan sapi yang banyak mengandung nutrisi. Kamu bisa juga memakainya sebagai pupuk, karena kulit pisang memiliki kandungan nutrien yang bagus untuk kebun kamu.

3. Manfaat Batang Pisang

Konsumsi jus batang pisang, dipercayai bisa mengontrol kandungan gula darah, hingga menjadi menu prima untuk penderita diabetes. Batang pisang juga sering dibuat jadi makanan sedap yang sehat dan kaya serat. Kamu dapat mendapatkan resep yang sesuai selera kamu di beberapa situs masakan.

4. Jantung pisang yang sedap

Seperti batang pisang, olahan jantung pisang juga menjadi masakan yang sedap, sehat, dan kaya serat. Jantung pisang memiliki kandungan anti-oksidan yang bisa menantang radikal bebas dan mengurangi resiko bermacam penyakit, seperti kanker, demensia, serta penyakit jantung.

Baca Juga :   Cara Membuat Tanaman Sirih Gading Rimbun

5. Kerajinan Tangan

Batang pisang, baik kulit dan isinya, bisa kamu pakai sebagai bahan kerajinan tangan. Kamu dapat membuat bunga, miniatur, sampai lukisan 3 dimensi. Warna serat kering yang kecoklat-coklatan ini sering digunakan beberapa supplier untuk membikin dekorasi acara bertemakan rustic.

6. Garmen

Serat alam dari batang pisang, bisa dibuat jadi benang. Serat pohon pisang umumnya digabung dengan serat katun, agar ditransformasikan menjadi kain yang halus dan bagus sebagai bahan baku dalam industri garmen.

7. Piring Alami

Daun pisang cukup lebar dan panjang untuk menyokong bermacam olahan makanan. Bahkan juga, dalam beberapa adat perayaan nusantara, daun pisang diatur memanjang menjadi tempat makan untuk belasan bahkan juga beberapa puluh orang.

Rutinitas ini benar-benar memberikan keuntungan karena tak perlu membersihkan piring dan bisa menghindari pemakaian kertas atau styrofoam. Misalnya di pondok-pondok pesantren, beberapa santri biasa menggunakan daun pisang untuk amparan nasi liwet.

Baca Juga :   Cara Pengendalian Penyakit Busuk Pada Kentang

8. Buntel Bekal Makanan

Daun pisang yang sudah dipanaskan, akan gampang ditekuk dan menjadi pembungkus perbekalan makanan. Daun pisang menjadi pembungkus, alas, atau penutup perbekalan yang sempurna karena membuat nasi atau lauk berasa lebih segar dan menguarkan berbau unik yang mengunggah selera.

9. Pembungkus Kue Tradisional

Warga Indonesia pasti tidak asing dengan kudapan dan makanan yang dibuntel memakai daun pisang. Sebutlah saja, arem-arem, lontong, nasi bakar, sampai pepes. Balutan daun pisang bisa menambahkan kenikmatan dan memberikan sentuhan wewangian yang unik.

10. Akar Pisang untuk Pengobatan

Dari generasi ke generasi, akar pohon pisang sering digunakan dalam penyembuhan tradisionil, dimulai dari menurunkan infeksi sampai penawar toksin. Kamu dapat memakai tunas pisang yang dekat dengan akar untuk membiakkan pohon pisang.

Mengagumkan, ya. Dari 1 pohon pisang saja, kita sudah mendapatkan faedah berlipat-lipat. Jangan sampai di rusak ya, apalagi ikut-ikutan merusak pohon pisang dengan jargon “Salam dari Binjai!”. Dapatkah kamu pikirkan, besar nikmat Tuhan dengan bermacam flora yang berada di Indonesia? (DBS)

error: