8 Cara Masak Telur Enak Sempurna

Hewata.com. Masak Telur. Tidak terpikir bagaimana jadi jika telur itu tidak pernah ada. Bagaimana jika Tuhan YME membuat ayam beranak saja?

Well, semua sudah dibuat sebegitu rupa, ya. Termasuk telur, yang paling berlimpah dan bermanfaat, terutamanya di ranah masakan. Kamu dapat mengolah, memasak dan menyantapnya langsung. Kamu bisa juga menjadikan sebagai bahan untuk makanan lain.

lamanya merebus telur, cara merebus telur setengah matang, cara membuat telur setengah matang, telur rebus setengah matang, rebus telur setengah matang, cara memasak telur setengah matang, cara membuat telur rebus setengah matang, merebus telur setengah matang, lamanya merebus telur ayam, memasak telur setengah matang

Telur menjadi satu diantara bahan makanan khusus yang selalu ada di kulkas atau lemari makanan. Jika stoknya habis, kebanyakan langsung memburunya lagi. Walau seringkali mengkonsumsinya, tetapi kamu rasanya tidak pernah begitu bosan sama telur.

Kamu berasa terbantu, karena pemrosesan telur itu tidak repot dan cepat. Banyak langkah yang dapat diaplikasikan untuk menikmatinya. Satu diantaranya yakni dengan rebusnya. Tetapi permasalahannya, terkadang kamu tidak tahu tentu berapakah lama durasi waktu rebus telur, bagaimana buat poached egg, bagaimana menggoreng telur, bagaimana kupas cangkang telur, dll.

Masak Telur

Tapi tenang saja, berikut 8 panduan trick menangani masakan telur simpel yang prima dan rapi. Jom!

1. Memasak Telur Rebus (Menetes dan Keras)

Lama waktunya kita merebus telur bergantung tingkat kematangan yang diharapkan. Kita merebusnya selama 3 sampai 6 menit untuk memperoleh telur rebus yang sisi kuningnya masih meleleh di dalam.

Tapi jika kita lebih menyenangi sisi kuning yang telah mengeras atau masak, seharusnya rebus sepanjang 7 sampai 15 menitan.Trick-nya, kamu dapat simpan telur di air dingin lebih dulu. Lantas masak air hingga masak dan mendidih. Telur yang telah diletakkan dapat dipindah ke air yang mendidih itu.Angkat, lalu tutup. Diamkan dahulu sepanjang 10 menitan.

2. Memasak Telur Mata Sapi

Sesudah telurnya siap, kamu dapat memanasi minyak di atas skillet atau kuali. Apinya medium-high atau menengah panas. Pecahkan telur, dan masukan ke kuali. Tambah garam dan merica sesuai dengan selera, lalu goreng sepanjang 2 sampai 3 menit saja.

3. Memasak Telur Urak-Arik (Scrambled Eggs)

Persiapkan 2 butir telur, pecahkan, tambah garam dan merica, lalu kocok sampai rata. Persiapkan nonstick skillet, lalu lelehkan mentega. Apinya medium-low, menengah rendah, atau api yang kecil saja. Masukan telur kocoknya, aduk sekitaran 2 menitan, dan angkat.

4. Memasak Poached Egg

Untuk mengolah telur yang ini memang susah-susah gampang. Supaya hasilnya lebih optimal, kamu dapat mendidihkan air, lalu menambah 1 sdm cuka. Kemudian, pecahkan telur dan masukan. Durasi waktu mengolahnya cuman 2 menit saja.

Baca Juga :   8 Jenis Kacang-Kacangan yang Mahal

masak telur, masak dari telur, cara merebus telur setengah matang, merebus telur, cara merebus telur agar mudah dikupas, masak telur rebus, masak telur enak

5. Kriteria Hasil Masakan Telur yang Prima

Untuk mengethui apa telur setengah matang sempurna itu prima, kamu dapat memperhatikan tempat sekitaran kuning telurnya. Bila tidak ada warna kehijauan memiliki arti bagus. Dan untuk memperoleh hasil ini, kamu dapat mengolah air sampai temperaturnya hangat dahulu. Kemudian, baru telurnya ditempatkan.

Telur goreng atau mata sapi mempunyai persyaratan tertentu. Kuning telurnya kelihatan 1/2 matang; berwarna ceria dan terlihat berair. Sementara sisi putih telurnya terlihat masak. Lantas penampilannya dibuat sedap oleh pinggirannya yang warna cokelat dan crispy.

Masakan telur orak-arik akan berasa lengkap bila teksturnya halus. Karenanya, api yang dipakai janganlah sampai terlampau panas. Api yang kecil saja. Menteganya tidak perlu kebanyakan. Diamkan dahulu sampai mencair, lalu kamu dapat masukkan telur kocoknya.

6. Cara Pisahkan Kuning Telur dengan Putih Telur

Tehnik yang ini seringkali membuat kita sebal, karena tangan jadi terserang putih telur. Untuk mengakalinya, kamu dapat mempersiapkan botol plastik yang higienis.

Triknya gampang. Kamu dapat pecahkan telurnya dahulu dan taruh di mangkok. Lantas remas botol plastik pas di muka kuning telurnya. Mau tidak mau kuning telurnya akan tertarik. Tahan dahulu, lalu bebaskan di tempat atau mangkok yang baru.

Baca Juga :   5 Jenis Makanan Tinggi Serat, Mencegah Konstipasi  

7. Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

Hati jadi ikut-ikutan kecewa karena visi kupas telur saja dapat demikian sulit. Apa lagi jika sampai lekat. Waktu kupasnya jadi lama, dan hasilnya justru hancur. Panduan gampangnya, kamu dapat memendam telur rebus di air dingin dahulu. Atau, kamu bisa juga pecahkan kulit sisi tengahnya dahulu, lalu guling-gulingkan telur sekalian didesak perlahan-lahan.

8. Cara Mengetahui Telur Masih Fresh atau Tidak

Sepintas, semua telur itu terlihat sama juga. Tidak ada perbedaannya. Baru sesudah telur itu pecah dan keluarkan berbau tidak lezat, kamu jadi tahu jika telurnya memang sudah tidak pantas makan.

Tapi ada panduan gampang yang dapat kamu aplikasikan. Kamu cuman membutuhkan baskom atau tempat berisi air. Kemudian, kamu dapat masukkan telur-telur yang hendak dilihat. Bila telurnya terbenam sampai dasar tempat, dapat ditegaskan jika keadaannya masih baru dan fresh. Makin mengambang, karena itu kesegaran telurnya makin sedikit. Jika sudah mengambang di atas air, karena itu telur itu buruk dan tidak pantas konsumsi.

Nach, selamat masak! Selainnya prima dan rapi, mudah-mudahan cita-rasanya nikmat, ya!

error: