7 Masakan Ikan Paling Gampang Dibuat

Hewata.com. Masakan ikan. Merasa bosan makan ikan dengan olahan digoreng sampai kering atau itu-itu aja? Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia sebelumnya Bu Susi Pudjiastuti, dan saat ini Bapak Sakti Wahyu Trenggono menggerakkan warga Indonesia untuk mengonsumsi ikan. Kampanye makan ikan itu pasti bukan tanpa alasan. Disamping berlimpah, ikan memang memberikan banyak manfaat.

masak ikan mas, cara masak ikan mas, resep masak ikan mas, ikan masak, cara memasak ikan mas, cara memasak ikan mas goreng

Jika alasan tidak mau makan ikan karena ada durinya, Bu Susi bahkan juga pernah memerintahkan untuk ditenggelamkan. Tetapi sudah pasti peringatan itu hanya candaan. Beliau hanya ingin supaya warga tidak begitu konsentrasi pada daging sapi atau kambing saja, tetapi ikan juga.

Masakan Ikan

Adapun memasak ikan itu banyak caranya. Ikan memanglah tidak dihidangkan dengan digoreng saja. Masih tetap ada langkah lain. Berikut 7 langkah mengolah ikan yang gampang dan simpel sederhana :

1. Bakar ikan

Supaya tidak ribet untuk membuat ikan bakar, persiapkan oven dan panaskan sampai 450 derajat Fahrenheit, atau sekitaran 230 derajat Celcius. Oles loyang dengan mentega atau minyak supaya tidak lengket. Tempatkan ikan. Jangan ditumpuk. Beri bumbu sesuai dengan selera. Biarkan tanpa penutup selama 10 menitan.

Baca Juga :   9 Rekomendasi Kado atau Hadiah untuk Sunatan

2. Goreng atau tumis ikan

Tehnik ini memberikan hasil yang lembut. Banyak makanan yang berasal dari laut yang pas dikonsumsi dengan cara ini. Sebutlah saja udang, fillet ikan, kerang scallop, dan lain-lain. Dan ikan-ikan keras seperti halibut dan kod dapat dipotong-potong dahulu sebelum dimasak.

Caranya lumayan gampang. Persiapkan mentega atau minyak dalam wajan antilengket. Atur panas apinya supaya sedang saja, atau sampai medium-high. Ikan bisa lebih dahulu dicelupkan ke campuran telur kocok, susu, kemudian tepung roti. Masak sampai matang, sekitaran 4-5 menitan.

3. Ikan panggang/ dikukus dalam panci

Supaya ikan tidak demikian kering ketika dipanggang, potong sama ukuran cukup tebal, kurang lebih 2,5 cm. Sebelum dan selama proses memasak, janganlah lupa untuk terus menuangkan minyak yang menetes dari daging ikan (basting). Waktu memanggangnya sekitaran 8 menit. Diamkan oven sedikit terbuka. Bila ketebalan ikan kurang dari 2,5 cm, tidak perlu membolak-baliknya, karena sisi atas akan sama matangnya dengan sisi bawah.

a. Ikan dimasak dalam microwave

Sebagian besar fillet/ daging ikan tanpa tulang/ steak cocok untuk diolah di microwave. Cukup semprotkan atau oleskan minyak/ mentega pada piring yang aman untuk diletakkan di microwave. Potong ikan jadi dua sisi. Atur posisinya. Pastikan bagian yang tebal ada di pinggiran piring. Tutup dengan plastik, tetapi berikan lubang sirkulasi pada bungkusan itu. Masak selama 3 menitan. Balikkan ikan satu kali saja selama memasak. Garam sendiri dapat dipakai saat dimasak.

Baca Juga :   Manfaat Kencur untuk Kesehatan dan Menghangatkan Tubuh

b. Menggunakan pemanggang

Tehnik ini pas diaplikasikan untuk ikan yang berdaging tebal seperti salmon, tuna, dan halibut. Pastikan panggangannya bersih, telah dioleh mentega/ minyak, dan jaraknya berdekatan. Bila ikannya lebih kecil, keranjang panggangan lebih cocok digunakan.

Panaskan arang selama 30 menitan. Bila mnggunakan gas, tunggu waktu sampai 10 menitan dengan posisi tertutup. Letakkan ikan dalam satu lapisan dengan api sedang.

4. Ikan Rebus

Tidak harus ikan tebal atau tipis, nyaris semua dapat diolah dengan direbus. Entahlah itu di air, susu, atau air ikan itu sendiri. Tuang cairan sampai ikan tertutup semua. Tutup pancinya dengan rapat. Untuk rebus fillet, diamkan sepanjang 8-10 menitan. Sementara untuk ikan utuh, diamkan selama 15-20 menitan. Cairan tersisa merebus dapat digunakan untuk saus.

5. Ikan Goreng

Supaya hasilnya optimal, ikan dengan tebal kurang dari 2 cm menjadi opsi untuk metode ini. Terus pantau temperatur minyaknya. Bila terlalu dingin, ikan akan berminyak atau basah. Tetapi bila terlalu panas, ikan dapat gosong.

Panaskan minyak kanola atau minyak saur dengan temperatur 175 – 185 derajat Celcius. Bila ikannya terlampau tebal, potong dahulu sampai ukuran sesuai. Tabur fillet dengan sedikit tepung, celup ke telur kocok, dan lapisi dengan tepung telur. Masukkan ikan dan biarkan sampai mengapung. Masak sepanjang 3-5 menitan, sampai warnanya berubah jadi cokelat muda. Tiriskan, lalu ikan siap dihidangkan.

Baca Juga :   Macam-Macam Bakso Unik, Indonesia Punya

6. Ikan Pindang

Tehnik masakan ikan ini sebagai kolaborasi antara perebusan dengan penggaraman. Maka ikan itu akan digarami, dibumbui, lalu direbus atau diasapi sampai kering. Sistem ini membuat ikan menjadi lebih bertahan lama. Keawetan, cita-rasa, karakter, penampilan, dan teksturnya bergantung spesies ikan, lama perebusan, dan kandungan garamnya. Ikan-ikan yang umum dipindang yakni beberapa ikan pelagis seperti tongkol, cakalang, tuna, japur, ikan layang, dan lain-lain.

7. Ikan Acar Kuning

masakan ikan, masak ikan gurame, cara masak ikan asam manis, resep masak ikan mas, masak ikan asam manis

Untuk tehnik ini, ikan yang umum dipakai adalah ikan air tawar seperti gurame, patin, nila, dan lain-lain. Anda dapat menggoreng ikannya dahulu sampai 1/2 matang atau langsung masukkan ikan ke bumbu berair yang telah kaya akan rempah. Sesudah masak, ikan acar kuning umumnya diperlengkapi dengan topping berupa wortel, nanas, potongan cabai merah, atau mentimun. Supaya lebih afdal, Anda dapat memakai santan. Tetapi jika tidak pun, tidak masalah.

Mengaku suka makan ikan, tetapi belum coba bermacam langkah mengolahnya?

error: